√ Apa Itu Atap Sandar 2021: Karakteristik, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Atap Sandar – Tampilan sebuah rumah memang lebih jelas terlihat pada bagian eksterior. Dimana bagian eksterior tersebut meliputi warna rumah, model atau desain rumah dan juga jenis atap apa yang digunakan oleh bangunan rumah tersebut.

Nah berbicara mengenai atap, setiap model rumah modern minimalis memang kebanyakan menggunakan atap jenis limas. Dimana atap yang satu ini akan mampu menampilkan sisi elegan dan mewah si rumah tersebut.

Selain model atap limasan, ada juga model atap yang saat ini banyak dipilih oleh masyarakat, yaitu atap sandar. Atap jenis ini banyak diterapkan oleh rumah-rumah Eropa. Selain modelnya yang cukup simpel, pemasangan atap ini juga dinilai lebih mudah.

Lalu apa itu atap sandar, apa saja karakteristiknya, kemudian kelebihan dan kekurangan yang dimiliki? Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak informasi lengkap yang telah bursabajaringan.com rangkum berikut ini.

Apa Itu Atap Sandar: Karakteristik, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Atap Sandar

Apa Itu Atap Sandar

Atap sandar adalah salah satu jenis atap yang cukup mudah untuk dibangun. Atap sandar juga sering disebut dengan atap sengkuap, dimana atap ini memiliki model bagian atas yang menyandar atau menempel pada dinding. Maka dari itu atap ini dinamakan dengan atap sandar.

Karakteristik Atap Sandar

Karakteristik Atap Sandar

Dan berbicara mengenai karakteristik, atap sandar memiliki ciri satu atap tunggal yang terpasang pada dinding-dinding. Dimana satu dinding lebih tinggi dari dinding lainnya. Jika dibandingkan dengan bentuk atap jenis lainnya yang memiliki dua atau lebih atap miring, bangunan dengan atap sandar hanya dinaungi dengan satu atap miring.

Atap jenis ini dulunya juga kerap digunakan untuk bangunan tambahan sebuah rumah, namun seiring berjalannya waktu, atap ini banyak digunakan sebagai atap untuk rumah induk yang menampilkan kesan modern.

Material Pembuat Atap Sandar

Atap sandar ini dibuat dengan menggunakan beberapa material. Untuk pembuatan rangka atap, atap jenis ini dapat menggunakan rangka atap kayu dan juga beton. Sedangkan untuk bagian penutup, kalian juga dapat menggunakan genteng tanah liat, sirap dan ilalang.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Atap Sandar

Sama halnya dengan atap jenis lainnya, atap sandar juga pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib untuk kalian ketahui. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki atap ini? Lebih jelasnya langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Kelebihan Atap Sandar

  • Atap sandar memiliki kemiringan yang baik sehingga air hujan dapat langsung mengalir cepat.
  • Cocok untuk hunian di daerah sub tropis.
  • Tampilan simple dan elegan.
  • Mampu meningkatkan daya tarik arsitektural dan estetika
  • Proses pembangunan dapat berlangsung cepat.

Kekurangan Atap Sandar

  • Jika derajat kemiringan terlalu tinggi, plafon dapat menjadi terlalu rendah.
  • Kurang cocok untuk daerah dengan angin yang kencang.
  • Semakin lebar denah bangunan, maka akan semakin besar sudut atap yang akan berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai apa itu atap sandar, karakteristik, kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki atap jenis ini. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Baca juga CARA MENGHITUNG TINGGI ATAP RUMAH.

You May Also Like
About the Author: indra
Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua