√ Apa itu Cork Sheet 2021 : Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Apa itu Cork Sheet – Memilih material untuk interior memang akan menentukan suasana. Salah satu bahan yang mulai sering digunakan adalah cork sheet atau gabus lebaran dimana mampu meredam panas secara baik.

Mengenal apa itu cork sheet termasuk cukup penting karena dapat diaplikasikan pada berbagai tempat. Mayoritas materialnnya dipasang untuk pelindung dinding sehingga membuat ruangan lebih dingin dan tampil elegan.

Cork sheet juga banyak dijumpai pada perkantorkan untuk papan menempelkan catatan atau proyek pekerjaan. Namun ada pula yang dimanfaatkan sebagai material penutup lantai bahkan lebih murah dibandingkan HARGA HOMOGENOUS TILE.

Konsumen juga bisa memilih berbagai ukuran cok sheet untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan dengan alat sederhana seperti cutter, gunting ataupun pisau anda dapat memotong materialnya kedalam ukuran yang diinginkan.

Apa itu Cork Sheet

Cork sheet juga dijual dalam berbagai bentuk menarik sehingga bisa dijadikan bahan dekorasi. Anda bisa memilih motif seperti misalnya kayu, bebatuan, bahkan keramik dengan sisi harga yang jauh lebih terjangkau.

Apa itu Cork Sheet?

Cork sheet adalah lembaran yang terbuat dari gabus dimana digunakan untuk material alternatif. Memiliki harga terjangkau serta dapat diaplikasikan ke berbagai bagian sebuah bangunan dengan mudah dan cepat.

Pengertian Apa itu Cork Sheet

Di luar negeri gabus lembaran diaplikasikan untuk material interior maupun eksterior bangunan. Daya tahannya memang kurang optimal karena gampang patah, hal ini karena cork lembaranterbuat dari material gabus.

Fungsi & Kegunaan

Kegunaan utama cork lembaran adalah untuk bahan pelapis dinding lantai dan atap pada sebuah bangunan. Selain itu ada yang menerapkannya sebagai elemen dekorasi sehingga bangunan akan terlihat lebih cantik.

Baca  Panel Gypsum Fiberglass 2021 : Kelebihan & Kekurangan
Fungsi Kegunaan 1

Di Indonesia penggunaan gabus lembaran memang masih jarang, sedangkan rumah luar negeri sudah banyak menggunakannya. Setelah mengenal apa itu gabus lembaran anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan kebutuhan kerajinan tangan dan dekorasi (flower board, exhibition, parade, wedding dll).

Kebanyakan orang Indonesia menggunakan styrofoam padahal soal ketahanannya sangat lemah. Namun demikian styrofoam tergolong bahan yang paling murah diantara lainnya dan dapat ditemukan secara mudah.

Kelebihan Cork Sheet

Anda juga bisa mengkombinasikan cork lembaran dengan berbagai JENIS SAMBUNGAN KAYU untuk menciptakan tampilan klasik. Terdapat beberapa kelebihan yang jadi alasan banyak orang beralih ke bahan cork seperti berikut ini.

  • Memiliki kemampuan kedap suara.
  • Mampu membuat suhu ruangan lebih stabil.
  • Harga terjangkau setiap lembarnya.
  • Mampu mengurangi biaya perhitungan kebutuhan material.
  • Pemasangan sangat mudah dan cepat karena memakai lem.
  • Awet karena tidak akan mengalami karatan atau korosi.
  • Cocok digunakan untuk bangunan ramah lingkungan.
  • Bisa dipotong serta dibentuk dengan mudah.
  • Dapat distamp ataupun sablon dengan berbagai desain menarik.
  • Bobotnya ringan sehingga mudah dipindahkan.
Kelebihan Cork Sheet

Kekurangan Cork Sheet

Mayoritas penggunaan material ini pada bagian dalam ruangan dan jarang kita jumpai di eksterior. Memang cukup banyak kelebihan dari gabus lembaran namun tetap ada kelemahannya yang wajib anda tahu seperti berikut.

  • Mudah mengalami kerusakan atau patah.
  • Kekuatannya kurang sehingga tidak bisa menahan beban berat.
  • Bahan tidak sepenuhnya padat sehingga jika terkena air akan mengembang.

Dapat dikatakan gabus lembaran merupakan salah satu bahan bangunan yang ramah terhadap lingkungan. Demikian informasi dari Bursabajaringan.com, jadi apakah anda tertarik untuk menggunakannya?

You May Also Like
About the Author: Amelia Zaimah
Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek