Apa Itu Corten Steel 2020 : Kegunaan, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Corten Steel – Corten Steel juga dikenal dengan nama lain yakni Weathering Steel yang mana merupakan sebuah baja yang dibuat dengan tujuan untuk menghilangkan kebutuhan pengecatan pada material baja. Tidak adanya finishing cat pada baja membentuk tampilan karat yang terlihat layaknya baja yang sudah berkarat termakan cuaca bertahun-tahun.

Corten steel juga kerap dikenal sebagai baja yang tahan korosi serta memiliki kekuatan tarik yang sangat baik. Weathering atau pelapukan mengacu pada komposisi kimia yang ada pada baja tersebut, yang tentu memungkinkan ketahanan corten steel terhadap korosi akan terus meningkat dibandingkan dengan baja jenis lainnya.

Hal ini dikarenakan corten steel membentuk lapisan pelindung pada permukaannya akibat pengaruh cuaca. Perpaduan elemen yang dimiliki oleh Corten Steel ini membuat proses korosi pada lapisan pelindungnya menjadi lebih lambat. Dimana lapisan pelindung pada permukaannya akan terus berkembang dan meregenerasi terus menerus ketika terkena pengaruh cuaca.

Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa baja memang dibiarkan untuk berkarat agar terbentuk lapisan pelindung. Baiklah untuk lebih lengkapnya mari kita simak ulasan mendalam mengenai apa itu Corten Steel, manfaat, jenis dan juga kelebihan serta kekurangan yang telah kami siapkan berikut ini.

Apa Itu Corten Steel : Kegunaan, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu Corten Steel

Jenis Corten Steel

Umunya Corten Steel ini memiliki 2 jenis, yakni Corten Steel ASTM A 242 (A) dan Corten Steel ASTM A 588 (B). Plat ini biasanya digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti bahan dasar transportasi laut, struktur bangunan gedung bertingkat dan juga sebagai bahan pembangunan sebuah jembatan.

1. Perbedaan Komposisi Kimia Plat Corten A dan B

GradeCSiMnPSAIVCuCrNi
Corten A0.120.25-
0.75
0.20-
0.50
0.07-
0.15
0.0300.015-
0.06
0.25-
0.55
0.50-
1.25
0.65
Corten B0.190.30-
0.65
0.80-
1.25
0.0350.0300.020-
0.06
0.02-
0.10
0.25-
0.40
0.40-
0.65
0.40

2. Perbedaan Sifat Mekanik Corten A dan B

GradeThick.(mm)

Strip Products

Plate
Products
Yield
Strength
Rel N/mm²
Minimum
Tensile
Strength
Rm N/mm²
Minimum
Elongation
A50 %
Minimum
Corten A2-126-1234548520
Corten B2-136-4034548519

Manfaat/Kegunaan Corten Steel

Melihat tabel diatas, disini dapat kalian ketahui bahwa untuk kegunaan, Corten A lebih cocok digunakan untuk aplikasi estetika dan tidak direkomendasikan untuk apliaksi bantalan beban yang berat. Sedangkan untuk Corten B ini banyak digunakan sebagai kontainer, cerobong asap, konstruksi kereta api dan baja outdoor lainnya.

Kelebihan & Kekurangan Corten Steel

Dan berbicara mengenai kelebihan serta kekurangannya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib kalian ketahui dari plat Corten Steel yang satu ini. Mari kita simak ulasannya berikut ini:

Kelebihan

  • Hemat biaya finishing. Corten Steel tidak menggunakan lapisan pelindung atau cat yang umumnya membutuhkan biaya tambahan.
  • Perawatan mudah. Corten Steel sangat cocok digunakan pada jembatan dan struktur sejenis lainnya dengan akses yang sulit dan berbahaya, yang mana gangguan masa depan perlu diminimalisir. Pengecekan serta pembersihan merupakan satu-satunya perawatan yang diperlukan.
  • Hemat biaya perawatan. Kebutuhan perawatan dari material yang satu ini juga cukup minimal serta berpengaruh pada biaya pemeliharaan operasional.
  • Mempercepat waktu kontruksi
  • Tampilan menarik
  • Ramah lingkungan

Kekurangan

  • Material ini sangat sensitif pada iklim subtropis yang lembab
  • Apabila terjadi penumpukan air, area-area yang terkena air akan mengalami laju korosi yang lebih tinggi
  • Lapisan karat yang terjadi pada permukaan corten steel dapat menimbulkan noda karat pada permukaan lain yang dekat dengan corten steel tersebut.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai apa itu Corten Steel lengkap dengan kelebihan dan kekurangan yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai ukuran plat besi yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua