√ Apa Itu Overstek 2021: Pengertian, Ukuran & Fungsi Pada Bangunan

Apa Itu Overstek – Perlu kalian ketahui bahwasannya di dalam ilmu pembangunan atau konstruksi sipil ada banyak istilah yang kerap ada di dalamnya. Terkadang banyak dari kita yang tidak mengetahui istilah-istilah yang ada.

Beragam istilah banyak digunakan oleh para pengembang atau tukang-tukang bangunan, salah satu istilah yang paling kerap disebutkan adalah overstek. Nah pada pembahasan kali ini bursabajaringan.com akan membahas mengenai apa itu overstek, ukuran dan fungsi pada bangunan.

Dalam pembuatan sebuah bangunan ada banyak sekali jenis istilah yang cukup erat kaitannya, seperti kuda-kuda, lisplang, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk istilah overstek ini adalah bentuk konstruksi yang menggantung tanpa kolom, tiang atau dinding yang menyangga struktur tersebut.

Nah daripada penasaran mengenai apa itu overstek, pengertian, ukuran dan juga fungsinya, di bawah ini bursabajaringan.com telah mempersiapkan rangkuman lengkap yang dapat kalian simak berikut ini.

Apa Itu Overstek 2020: Pengertian, Ukuran & Fungsi Pada Bangunan

Apa Itu Overstek

Pengertian Overstek

Overstek adalah bagian dari struktur atap yang menjadi ciri-ciri dari sebuah bangunan tropis. Sedangkan overstek pada sebuah atap bangunan adalah bagian atau konstruksi yang menggantung tanpa adanya topangan kolom, tiang ataupun dinding penyangga dari struktur tersebut. Akan tetapi, istilah overstek bukan hanya terbatas pada sebuah atap, namun dapat juga berupa tirisan, lantai bangunan, topi-topi dan lain sebagainya. Nah struktur ini biasanya dibentuk dari bahan beton ataupun cor-coran.

Fungsi Overstek pada Bangunan

Berbicara mengenai fungsi, Dimana overstek sendiri berguna untuk melindungi dinding atau kusen dari turunnya air hujang langsung ke struktur bangunan serta mengurangi sinar matahari yang langsung mengenai kaca jendela dan juga dinding. Overstek juga terbentuk karena ada balkon lantai dua yang menjurus melebihi satu lantai.

Ukuran Overstek

Sedangkan untuk soal ukuran atau jaraknya, overstek biasanya memiliki jarak kurang lebih 1 sampai 1,5 meter dari rangka atap. Banyak orang yang menyebut istilah ini sebagai lebihan atap karena posisinya yang menjurus keluar dari atap. Ukuran tinggi overstek sendiri biasanya tergantung dari kemiringan atap atau ketinggian dari lantai atas.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai apa itu overstek, fungsi dan juga ukurannya. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai ATAP ONDULINE di postingan sebelumnya.

You May Also Like
About the Author: indra
Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua