√ Apa Itu Pasir Bangka: Keunggulan, Spesifikasi & Harga Terbaru 2020

Apa Itu Pasir Bangka – berbicara mengenai pasir, ada banyak sekali jenis pasir yang banyak digunakan untuk pembangunan sebuah rumah, gedung, rumah sakit, tempat ibadah, ruko dan lain sebagainya. Dan yang akan kami bahas pada pertemuan kali ini adalah pasir bangka.

Pasir bangka merupakan pasir yang berasal dari kepulauan Bangka Belitung, terletak di bagian timur Pulau Sumatera, Indonesia. Perlu kalian ketahui juga bahwa struktur tanah yang ada di sana serta sumber daya alamnya mengandung banyak biji mineral, salah satunya pasir.

Melihat banyaknya mineral yang ada di kepulauan Bangka Belitung, menjadikan pulau tersebut memiliki banyak tambang yang beroperasi sebagai penunjang sektor ekonomi di daerah tersebut. Hasil tambang akan diangkut menggunakan kapal tongkang dan kemudian dikirim ke pelabuhan daerah Jakarta seperti Ancol dan Marunda.

Dan untuk soal harga, HARGA PASIR 1 TRUK disana juga tentu berbeda dengan harga pasir yang dijual di daerah-daerah lain di Pulau Jawa. Baiklah untuk informasi lebih jelasnya mengenai pasir bangka, langsung saja simak berikut ini.

Apa Itu Pasir Bangka: Keunggulan, Spesifikasi & Harga Terbaru

Apa Itu Pasir Bangka

Spesifikasi dan Warna Pasir

Pasir bangka ini memiliki 2 jenis pasir dengan kualitas standar dan juga super. Berikut pembahasannya:

Pasir Bangka Super

Pasir super memiliki kualitas tinggi dan berciri-ciri khas warna putih bersih seperti garam. Hal ini karena pasir ini telah melewati beberapa penyaringan dan pencucian sehingga mendapatkan butiran pasir mineral yang halus ataupun kasar dengan kandungan silica kurang lebih 95% dengan kadar lumpur di bawah 5%. Butiran pasir juga rata-rata berukuran 1-3 mm.

Pasir Bangka Standar

Pasir ini memiliki kualitas yang normal sesuai dengan standarisasi hasil tambang. Ada perbedaan pada warna dan kandungan silicanya saja, warna jenis pasit ini juga lebih coklat atau krem. Kandungan silica yang dimiliki kurang lebih 80 sampai 90% dan kadar lumpurnya sekitar 10%.

Untuk jenis warna pasir ini umumnya terdapat 4 warna yakni, putih, coklat, kuning kecoklatan dan coklat keputihan. Kenapa memiliki warna yang berbeda-beda, hal ini dikarenakan kondisi galian di aera tambang.

Fungsi Pasir Bangka untuk Kontruksi

Fungsi Pasir Bangka

Lalu untuk soal fungsi, pasir bangka ini banyak digunakan sebagai bahan material konstruksi bangunan. Mulai dari untuk material beton, cor, plester dan lain sebagainya.

Selain itu, pasir bangkan juga dapat digunakan sebagai material campuran dalam industri gelas dan kaca serta sebagai bahan pengisi industri pertambangan ketika proses pengeboran berlangsung.

Sedangkan unutk industri kerajinan, pasir bangka kerap digunakan sebagai bahan dasar ataupun hiasan aquascape dan aquarium.

Harga Pasir Bangka

Harga Pasir Bangka

Untuk soal harga, harga pasir bangka ini dijual dengan harga per kubik, truk dan juga tronton.

  • Harga Pasir Bangka Muatan Engkel = Rp 1.400.000 (muatan 3,5 sampai 4 kubik)
  • Harga Pasir Bangka Muatan Truk Colt Diesel = Rp 2.200.000 (muatan 6,5 sampai 7 kubik)
  • Harga Pasir Bangka Muatan Tronton = Rp 7.000.000 (muatan 22 sampai 24 kubik)

Namun perlu kalian ketahui juga bahwa untuk harga per engkel saat ini belum dapat menyediakan kebutuhan kecuali jarak dan lokasi dekat dengan pangkalan.

Keunggulan dan Kekurangan Pasir Bangka

Keunggulan dan Kekurangan Pasir Bangka

Berbicara mengenai keunggulan dan kekurangan, keunggulan dari pasir bangka adalah pada segi kualitas dan efektifitasnya. Dimana bahan material pasir bangka dapat mempercepat proses pekerjaan konstruksi serta menghemat waktu pembangunan.

Sedangkan untuk kekurangannya, pasir bangka ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Maka dari itu, kalian perlu membuat RAB, akan tetapi jika dirasa budget kalian cukup.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai apa itu pasir bangka, fungsi, spesifikasi, keunggulan dan juga kekurangannya yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua