√ Apa Itu Pasir Hitam 2020: Jenis, Spesifikasi, Fungsi & Harga

Apa Itu Pasir Hitam – Kebutuhan pasir dalam pembangunan sebuah rumah, gedung, ruko, toko dan lain sebagainya tentunya sangat dibutuhkan. Dimana pasir sendiri merupakan bahan utama dan bahan campuran semen untuk membuat adukan.

Membahas mengenai pasir, pada pertemuan kali ini bursabajaringan.com akan membahas mengenai pasir hitam. Pasir hitam ini adalah pasir yang umum digunakan untuk bahan campuran semen yang dapat digunakan sebagai bahan perekat batu bata, batako, plester serta adukan ketika proses pemasangan keramik.

Pasir hitam juga memiliki beberapa jenis, mulai dari pasir hitam Sabang, Lumajang, Cimangkok, dan masih ada beberapa jenis lainnya. Nah untuk setiap jenis tentunya memiliki spesifikasi yang hampir sama, dan ketersediaan pasir hitam juga saat ini sangat mudah ditemukan di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Untuk soal kualitas, pasir hitam merupakan pasir dengan kualitas yang sangat baik, baik ketika digunakan sebagai adonan plester, bahan cor beton dan lainnya. Dan untuk segi harga, pasir hitam dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Baiklah, dibawah ini dapat kalian simak informasi lengkap mengenai pasir hitam.

Apa Itu Pasir Hitam: Jenis, Spesifikasi, Fungsi & Harga

Apa Itu Pasir Hitam

Apa Itu Pasir Hitam

Pasir hitam adalah jenis pasir yang berwarna hitam khas. Pasir ini dibentuk dari fragmen bebatuan dan memiliki kandungan mineral tungga berwarna hitam yang melapuk dan mengendap sehing teksturnya cukup tajam dan kasar.

Sumber bahan material ini dapat mudah ditemukan di berbagai wilayah kondisi daerah. Seperti area gunung merapi, sungai-sungai ataupun lautan dan area pertambangan pasir yang umumnya menghasilkan jenis pasir yang satu ini.

Jenis Pasir Hitam

Jenis Pasir Hitam

Seperti sudah kita singgung diatas bahwa jenis pasir hitam ini banyak ditemukan di beberapa daerah-daerah yang ada di Indonesia. Untuk jenis-jenisnya, kalian dapat simak daftarnya berikut ini.

  • Pasir Merapi Jogjakarta
  • Pasir Cimangkok
  • Pasir Lumajang
  • Pasir Subang
  • Dan lain-lain

Spesifikasi Pasir Hitam Cor

Untuk spesifikasinya, pasir ini dihasilkan dari area wilayah pertambangan alam. Kualitas pasir ini hasil filteralisasi yang sudah diayak dengan kadar lumpur nol koma. Sehingga sudah teruji secara mutu serta kualitas yang baik untuk BAHAN BANGUNAN.

Fungsi dan Kegunaan untuk Konstruksi

Fungsi Pasir Hitam

Berbicara mengenai fungsi, dalam pekerjaan infrastruktur bangunan, pasir hitam memiliki banyak sekali fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk pengecoran pondasi.
  • Pemasangan dak keramik.
  • Plester tembok.
  • Perekat batu bata ketika proses pemasangan.
  • Dan lain-lain.

Harga Pasir Hitam

Harga Pasir Hitam

Sedangkan untuk soal harga, rata-rata pihak penjual pasir akan mematoknya dengan harga per kubik. Dimana-mana di setiap daerah akan mematok harga per kubik yang berbeda-beda. Namun untuk harga umumnya yakni hanya sekitar Rp 240.000 per kubik.

Jasa angkutan atau armada yang digunakan untuk pengiriman pasir sendiri ada 3, yakni dengan menggunakan engkel, truk colt diesel dan juga tronton. Nah untuk daftar harga lengkapnya, kalian dapat simak berikut ini.

Jenis Armada/AngkutanMuatanHarga
Engkel3,5 sampai 4 kubikRp 1.200.000
Truk Colt Diesel6,5 sampai 7 kubikRp 1.800.000
Tronton22 sampai 24 kubikRp 5.500.000

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai apa itu pasir hitam, jenis, speisifikasi, fungsi dan harga per kubiknya. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua