Apa Itu Steel Floor Deck? Karakteristik, Kelebihan & Kekurangannya

Apa Itu Steel Floor Deck – Ragam kontruksi bangunan dengan konsep modern saat ini memang banyak dipilih oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Selain dilihat dari sisi tampilan rumah yang lebih modern, rumah dengan konsep modern juga memiliki tata ruang yang lebih baik.

Di era sekarang, penggunaan material serta bahan-bahan pembuatan sebuah rumah juga sudah banyak beralih. Mulai dari penggunaan material kayu yang biasanya dijadikan sebagai RANGKA ATAP, sekarang banyak yang lebih memilih untuk menggunakan rangka atap bajaringan.

Lalu kemudian penggunaan papan sebagai penutup juga saat ini banyak yang beralih ke bahan metal atau steel, yang biasa dikenal dengan nama steel floor deck. Pemasangan floor deck ini juga biasanya dipakai untuk alas dalam proses pembuatan lantai dan atap dari dak beton.

Bahan pembuatan steel floor deck ini adalah plat baja jenis galvanized yang dilengkapi dengan tulangan. Bentuk dari steel floor deck ini bergelombang dan memiliki ukuran yang sama, yakni 5 cm. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak apa itu steel floor deck yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Apa Itu Steel Floor Deck? Karakteristik, Kelebihan & Kekurangannya

Apa Itu Steel Floor Deck

Apa Itu Floor Deck

Steel Floor Deck merupakan material yang dapat difungsikan sebagai salah satu media pengganti material konvensional berbentuk papan lembar, contohnya triplek. Pengaplikasian steel floor deck ini tentu sangat penting, khususnya ketika melakukan pengecoran dak beton.

Sedangkan untuk pengertian umumnya, steel floor deck adalah sebuah bagian dari bangunan yang dibuat secara menggantung keluar dan mampu menopang beban dari rumah sesuai dengan jumlah yang telah diperhitungkan sebelumnya. Floor deck sendiri dapat terbuat dari berbagai macam bahan, seperti baja atau kerap dikenal dengan nama steel.

Papan kayu memang sangat sering digunakan untuk floor deck, namun penggunaan yang terlalu banyak tentu tidak baik bagi alam. Akhirnya banyak yang beralih menggunakan plat baja untuk membuat floor deck, dan ternyata dari sisi kekuatan dan keawetan malah lebih baik dibandingkan dengan menggunakan material kayu.

Fungsi Floor Deck

Floor Deck digunakan untuk membuat sebuah permukaan yang rata dan juga seimbang. Hal ini juga bertujuan agar rumah dapat dibangun secara merata pada daerah yang miring. Dengan menggunakan deck juga dapat menciptakan insulasi yang baik pada rumah agar lantai bisa tetap hangat walaupun tinggal di daerah yang bersuhu dingin.

Bukan hanya itu saja, floor deck juga dapat digunakan dan dibangun pada tempat yang lebih tinggi, seperti rumah tingkat atau membuat sebuah ruang hijau yang terpisah dari bangunan rumah utama.

Karakteristik Steel Floor Deck

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan, kami akan memberikan informasi yang tak kalah penting, yakni mengenai karakteristik steel floor deck. Karakterstik dari steel floor deck antara lain:

  • Lembaran dari besi baja untuk membuat floor deck ini memiliki bobot yang cukup berat. Selain itu lembaran floor deck juga lebih tebal sehingga membuatnya menjadi salah satu bahan terkuat yang dapat digunakan untuk floor deck.
  • Steel floor deck ini memiliki kemampuan yang tahan dibangun pada berbagai permukaan tanah yang memiliki sifat beragam. Baja sendiri memang material yang sangat kuat dan tahan terhadap tingkat keasaman yang tinggi sehingga akan aman dan dapat bertahan dalam kurun waktu yang sangat lama.
  • Lain halnya dengan kayu, baja bukanlah insulator suara yang baik. Jika permukaan steel floor deck tidak kalian lapisi dengan sesuatu maka dapat dipastikan akan menimbulkan suara yang berisik ketika terena hujan ataupun terbentur benda-benda lainnya.

Kelebihan Steel Floor Deck

Berbicara mengenai kelebihan dari steel floor deck, banyak sekali kelebihan yang dimiliki, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memiliki Daya Tahan yang Tinggi

Seperti kita ketahui bahwa material baja memang memiliki daya tahan yang sangat baik. Selain itu juga cocok digunakan dalam iklim dan kondisi cuaca yang berbeda-beda. Baja dengan spesifikasi yang tinggi tentunya telah diberi lapisan ketahanan terhadap korosi dan asam yang menjadikannya sulit keropos.

Kuat Menopang Beban yang Berat

Untuk menopang benda-benda yang lebih berat, baja menjadi material yang cocok untuk digunakan. Kombinasi antara baja dan juga beton dapat menghasilkan perpaduan yang sangat kuat. Fleksibilitasnya juga menjadikan bahan ini menjadi bahan favorit yang banyak digunakan untuk floor deck.

Mudah Disimpan atau Dipindahkan

Baja untuk pembuatan floor deck ini tersedia dalam bentuk lembaran, sehingga menjadikannya mudah untuk disimpan dan dipindahkan. Ukuran yang sudah dicetak sedemikian rupa juga membuatnya mudah unutk dipasang langsung.

Proses Pemasangan Lebih Cepat

Kelebihan yang selanjutnya adalah dari segi pemasangan yang dinilai lebih cepat. Proses pemasangannya ini dapat dilakukan dengan cara penyolderan dan kemudian diperkuat dengan cor-coran beton.

Memiliki Desain yang Beragam

Steel floor deck juga memiliki banyak ragam model dan ukuran yang dapat kalian pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Kekurangan Steel Floor Deck

Sedangkan untuk kekurangannya, steel floor deck juga sama halnya dengan material lain yang memiliki sejumlah kekurangan, antara lain adalah:

Butuh Biaya Perawatan yang Besar

Agar dapat digunakan dalam waktu yang lama, maka kalian membutuhkan metode khusus dalam hal perawatan. Walaupun untuk perawatan bisa dikatakan dapat memakan biaya yang cukup besar.

Jika Keropos Ketahanannya akan Berkurang

Ketahanan baja memang sangat tinggi, akan tetapi hal ini tidak beralku jika sudah terdapat tanda-tanda keropos dan kalian biarkan. Maka seiring berjalannya waktu, ketahanan baja akan berkurang drastis.

Lembaran Sulit untuk Dibentuk

Steel floor deck memanfaatkan baja yang sudah dicetak dalam bentuk lembaran. Biasanya lembaran tersebut memiliki ukuran tersendiri, jadi kalian akan sangat kesulitan untuk memotong lembaran tersebut. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk membeli, alangkah baiknya lakukan perhitungan pada ruangan yang akan menggunakan floor deck tersebut.

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai apa itu steel floor deck yang dapat bursabajaringan.com sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua