√ Biaya Bangun Kamar 4×4 2021 : Kebutuhan Material & Ongkos Tukang

Biaya Bangun Kamar 4×4 – Sebagaimana diketahui, ruangan kamar merupakan salah satu bagian terpenting yang harus ada pada sebuah hunian. Tentunya ruangan tersebut dimanfaatkan oleh penghuninya sebagai tempat untuk beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas.

Maka dari itu, pembangunan kamar pada sebuah rumah penting untuk diperhitungkan dengan matang sejak awal. Pasalnya, jika kamar tersebut dibangun secara asal-asalan serta penataan ruangannya sembarangan, maka dapat dipastikan akan membuat bosan pemilik rumah.

Salah satu ukuran kamar yang kerap dibangun pada rumah dengan konsep sederhana hingga minimalis yaitu kamar 4×4. Sebab, kamar berukuran 4×4 tersebut merupakan ukuran standar sebuah kamar, tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu kecil jadi berada di tengah-tengah.

Jika kalian berencana untuk membangun kamar 4×4, penting untuk membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan matang sejak awal. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya bangun kamar 4×4 mulai dari total kebutuhan material hingga ongkos jasa pekerjanya.

Biaya Bangun Kamar 4x4 1

Tata Ruang Kamar 4×4

Menata kamar berukuran 4×4 sebenarnya gampang-gampang susah karena membutuhkan ketelitian. Meskipun tidak terlalu besar, namun kalian bisa mendekorasi kamar minimalis 4×4 agar terasa lebih nyaman untuk ditempati.

Di dalam kamar 4×4 tersebut kalian bisa meletakkan cukup banyak perabot mulai dari kasur single, lemari baju, serta meja belajar. Selain itu, perencanaan dekorasi dengan matang juga bisa menghasilkan keseimbangan serta keindahan pada kamar tersebut.

Biaya Bangun Kamar 4×4

Ketika hendak menghitung biaya pembangunan kamar berukuran 4×4, terdapat beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen terpenting tersebut yaitu pemilihan material bahan bangunannya.

Selain itu, kalian juga harus menentukan apakah akan menggunakan tukang bangunan dengan sistem harian ataupun sistem borongan. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian biaya bangun kamar 4×4 mulai dari kebutuhan material hingga upah pekerjanya.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, hitung terlebih dahulu volume pekerjaan pembangunan kamar tersebut. Karena disini kalian akan membuat ruangan kamar berukuran 4 x 4 meter, maka total volume pekerjaannya yaitu 16 meter persegi.

Kebutuhan Material

Kebutuhan Material

Selanjutnya yaitu mencari tahu harga terbaru dari material bahan bangunan seperti pintu, kusen, jendela, plafon, keramik hingga pengecatan. Saran kami sebaiknya konsultasikan dengan toko bangunan atau distributor untuk menemukan harga yang kompetitif.

Sedangkan perhitungan kebutuhan material untuk satu kamar sesuai ukuran ruangan sendiri kalian harus mencari tahu harga bangunan standar per meter perseginya. Sebagai contoh saat ini harga bangunan per meter perseginya yaitu Rp 1.200.000, maka perhitungan biaya bangun kamar 4×4 untuk kebutuhan materialnya yaitu sebagai berikut.

  • Biaya membuat kamar 4×4 : Volume pekerjaan x Harga bangunan per meter persegi
  • Biaya membuat kamar 4×4 : 16 m2 x Rp 1.200.000 = 19.200.000

Jadi total biaya yang dibutuhkan untuk membeli kebutuhan material bangunan pada saat membuat kamar berukuran 4×4 meter yaitu sekitar Rp 19.200.000.

Ongkos Tukang Bangunan

Ongkos Tukang Bangunan

Tahap selanjutnya yaitu menghitung ongkos atau upah tukang bangunannya. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis tukang bangunan, yaitu pekerja dengan sistem harian serta pekerja sistem borongan.

Biasanya pekerja dengan sistem harian mematok tarif mulai dari Rp 95.000 hingga Rp 155.000 per harinya. Sedangkan jika pekerja borongan, mereka mematok HARGA BORONGAN BANGUNAN sesuai dengan volume pekerjaannya.

Saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja dengan sistem borongan. Pasalnya, pekerja sistem borongan ini dinilai lebih cepat serta lebih murah dibandingkan pekerja harian sehingga bisa menghemat anggaran biaya.

Biaya Lainnya

Biaya Lainnya

Kalian juga harus mempersiapkan biaya lainnya guna mengantisipasi ketika terjadi hal-hal di luar dugaan. Biasanya biaya ini akan diperlukan ketika terjadi kekurangan material pada saat proses pembangunan sedang berlangsung. Besaran biaya lainnya ini bisanya 10% dari total biaya bangun kamar 4×4.

Tips Bangun Kamar 4×4

Tips Bangun Kamar 4x4 1

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai biaya bangun kamar 4×4 mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja pembangunannya. Di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips terbaik ketika hendak membangun kamar berukuran 4×4.

  • Tentukan desain kamar 4×4 sejak awal, sebaiknya jangan terlalu rumit.
  • Gunakan tukang bangunan dari rekomendasi kerabat.
  • Pilihlah material bahan bangunan yang efisien.
  • Manfaatkan bahan bangunan bekas namun masih berkualitas.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa membuat ataupun merenovasi kamar berukuran 4×4 ini biayanya tidak akan melebihi Rp 25.000.000. Bahkan kalian juga bisa memperkecil anggaran dana pembangunannya dengan cara menggunakan bahan material bekas namun tetap memperhatikan kualitasnya.

Demikian penjelasan dari Bursabajaringan.com seputar biaya bangun kamar 4×4 mulai dari total kebutuhan material serta ongkos pekerja pembangunannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum membangun kamar berukuran 4×4.

You May Also Like
About the Author: Amelia Zaimah
Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek