Biaya Jasa Arsitek 2020 : Tips & Cara Menghitungnya

Biaya Jasa Arsitek – Kalian mungkin sempat bertanya-tanya mengenai berapa sih biaya jasa arsitek untuk desain rumah? Ini merupakan pertanyaan yang sering terlontar oleh orang-orang. Selain itu juga bagaimana sih cara memilih konsultan arsitek yang tepat serta bagaimana cara menghitung biayanya.

Hal ini akan kita bahas pada pertemuan kali ini. Membangun sebuah hunian bisa juga dikatakan layaknya membangun sebuah investasi. Sebab kenaikan harga properti saat ini hampi melampau inflasi. Disamping itu juga membangun rumah juga harus sesuai dengan karakter dan kenyamanan penghuni.

Bagi kalian yang ingin membuat hunian rumah impian, kalian dapat memilih konsultan arsitek yang profesional. Hal ini tentu nantinya akan sangat berpengaruh. Untuk itu maka kalian harus benar-benar jeli dan teliti memilih tukang arsitek yang handal dan profesional.

Kemudian ketahui juga tugas-tugas yang biasa dilakukan oleh arsitek. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai biaya jasaarsitek, tips memilih arstirek dan bagaimana cara menghitung biaya jasa arsitek yang telah kami siapkan berikut ini.

Biaya Jasa Arsitek : Tips Memilih & Cara Menghitungnya

Biaya Jasa Arsitek

Tugas Arsitek

Kalian dapat mengetahui beberapa tugas-tugas arsitek sebelum berniat untuk menggunakan jasanya. Apa saja tugasnya simak berikut ini.

  • Menata letak bangunan-bangunan yang memiliki keterikatan fungsi dalam sebuah site dan mendesain site tersebut.
  • Mengolah tata ruang sebuah bangunan.
  • Menentukan konsep desain interior sebuah bangunan.
  • Mengolah bentuk luar dan tampak sebuah bangunan.
  • Menentukan jenis dan letak sistem struktur pada bangunan.
  • Menentukan jenis dan letak instalasi listrik pada bangunan.
  • Menentukan jenis dan letak instalasi pipa air dan jalur sirkulasi udara.
  • Menentukan jenis dan letak alat-alat transportasi dalam bangunan.
  • Menghitung biaya konstruksi sebuah bangunan.
  • Menentukan jenis dan material bangunan yang dibutuhkan.

Tips Memilih Konsultan Arsitek

  • Jika kita sudah mengetahui desain dan juga model rumah yang akan kita buat. Kalian dapat mencari arsitek yang memiliki portofolio serupa dengan apa yang kalian inginkan. Jika ingin membangun rumah klasik, kalian dapat mencari konsultan yang ahli.
  • Pahami juga harga atau paket yang ditawarkan dan yang kita butuhkan. Apakah hanya desain dan membangun, jasa desan dan membangun interior atau lainnya.
  • Jika sudah, pastikan kita ikut memantau proses pembangunan hingga finishing.
  • Tidak ada salahnya kenali setiap anggotan tim yang ada didalamnya agar komunikasi kita sebagai klien lebih mudah,

Biaya Jasa Arsitek

Mungkin bukan hanya kita yang sedikit merasa takut untuk menggunakan jasa arsitek karena khawatir akan biaya yang tinggi. Padahal dengan adanya desain arsitek, kita dapat mengontrol buget kita dengan lebih akurat. Nah dibawah ini adalah perkiraan harga biaya arsitek untuk pembangunan sebuah rumah tinggal.

1. Paket Desain Hemat

Biaya Paket Desain Hemat dihitung berdasarkan total Luas Lantai Bangunan (bukan luas tanah) yakni pada kisaran harga Rp. 50.000/ M² sampai Rp. 70.000/m2 (semakin luas bangunan biaya desain semakin murah)

2. Paket Desain Standar

Biaya Paket Desain Standar dihitung berdasarkan total Luas Lantai Bangunan (bukan luas tanah) yakni pada kisaran harga Rp. 75.000/ M² sampai Rp. 150.000/m2 (semakin luas bangunan biaya desain semakin murah)

3. Paket Desain Lengkap

iaya Paket Desain Lengkap dihitung berdasarkan total Luas Lantai Bangunan (bukan luas tanah) yakni pada kisaran harga Rp. 150.000,- / M² sampai Rp. 250.000/m2 (semakin luas bangunan biaya desain semakin murah)

Biaya Jasa Desain Interior

Tidak berbeda jauh dengan desain arsitektur, interior sendiri juga merupakan jantung sebuah rumah. Mengetahui detail sebuah ruang sebelum dibangunn tentu akan sangat membantu kita. Nah berikut ini adalah perkiraan biaya jasa desain interior.

1. Paket Hemat

Biaya Paket Hemat dihitung berdasarkan total luas ruangan yakni kisaran harga Rp. 30.000/m2 sampai Rp. 50.000/m2 (semakin luas ruangan, biaya desain semakin murah.

2. Paket Lengkap

Biaya Paket Lengkap dihitung berdasarkan total luas ruangan yakni kisaran Rp. 75.000/m2 sampai Rp. 100.000/m2 (semakin luas ruangan, biaya desain semakin murah.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai biaya jasa arsitek yang lengkap dengan tips memilih dan juga cara menghitung biayanya. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai jenis bahan bangunan untuk rumah dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua