√ Biaya Membuat Kamar Mandi WC Jongkok 2021 : Material & Ongkos

Biaya Membuat Kamar Mandi WC Jongkok – Sebagai salah satu ruangan terpenting pada sebuah hunian, kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan tubuh saja. Apabila suasananya mendukung, kamar mandi juga dapat dijadikan sebagai tempat relaksasi diri ataupun tempat keluarnya inovasi-inovasi baru.

Oleh sebab itu, penting untuk memaksimalkan tampilan dan konsep kamar mandi, karena mengingat fungsinya sangat esensial pada suatu rumah. Namun, sebelum membuat kamar mandi, tentukan terlebih dahulu terkait penggunaan klosetnya, apakah menggunakan kloset duduk atau kloset jongkok.

Berbicara mengenai kloset atau WC jongkok, mungkin jenis ini paling banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya WC jongkok dinilai lebih sehat dibandingkan WC duduk. Namun, sayangnya WC jongkok memerlukan perawatan lebih ekstra.

Bagi kalian yang hendak membuat kamar mandi kloset jongkok, alangkah baiknya buatlah Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya terlebih dahulu. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya membuat kamar mandi WC jongkok mulai dari pembelian kebutuhan material hingga ongkos pekerjanya.

Biaya Membuat Kamar Mandi WC Jongkok

Kelebihan dan Kekurangan WC Jongkok

Setiap bahan material bangunan tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk WC atau kloset jongkok. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan dari WC jongkok.

Kelebihan

  • WC jongkok menjadi jenis kloset yang mudah untuk didapatkan,
  • Bentuknya lebih simpel.
  • Harganya lebih terjangkau dibandingkan kloset duduk.
  • Mampu melancarkan buang air besar.

Kekurangan

  • Kurang cocok untuk sebagian orang.
  • Tampilan cenderung lebih kuno.
  • Kurang nyaman bagi pengguna lama.
  • Membutuhkan adanya bak mandi.

Ukuran Kamar Mandi WC Jongkok

Ukuran Kamar Mandi WC Jongkok

Sebelum membahas perhitungan biaya membuat kamar mandi WC jongkok lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu ukuran standar ruangan tersebut. Secara garis besar, ukuran kamar mandi WC jongkok ini dapat disesuaikan dengan selera atau keinginan pemilik rumah.

Namun, umumnya ruangan tersebut dibangun dengan ukuran cukup bervariasi, mulai dari 2 m x 2 m, 3 m x 3 m atau bahkan 4 m x 4 m. Selain itu, ukuran ruangan kamar mandi juga biasanya mengikuti luas bangunan dari hunian itu sendiri.

Biaya Membuat Kamar Mandi WC Jongkok

Setelah mengetahui ukuran kamar mandi WC jongkok, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar kisaran biaya pembuatannya. Biasanya biaya pembuatan kamar mandi kloset jongkok terdiri dari beberapa faktor.

Faktor-faktor tersebut diantaranya yaitu seperti biaya pembelian bahan material bangunan, ongkos para pekerja hingga biaya perlengkapan kamar mandi lainnya. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian biaya membuat kamar mandi WC jongkok untuk semua ukuran.

Biaya Bahan Material

Biaya Bahan Material

Pastinya dalam membuat kamar mandi, bahan material bangunan menjadi elemen penting pertama yang harus ada, seperti WC jongkok serta keramik kamar kamar mandi. Seperti dijelaskan di atas, harga kloset jongkok jauh lebih murah dibandingkan dengan HARGA KLOSET DUDUK.

Hanya dengan modal Rp 300.000, kalian sudah bisa mendapatkan WC jongkok berstandar SNI. Kemudian untuk keramik kamar mandinya sendiri kalian bisa menggunakan keramik putih polos ukuran 40 x 40 cm. Siapkan anggaran dana pembelian keramik kamar mandi sekitar Rp 1.000.000.

Biaya Ongkos Pekerja

Biaya Ongkos Pekerja

Elemen selanjutnya yang tidak kalah pentingnya dalam pembangunan sebuah kamar mandi WC jongkok yaitu ongkos pekerja atau tukang bangunan. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis tukang bangunan, yaitu pekerja sistem harian serta pekerja sistem borongan.

Sebagai contoh kalian hendak membuat kamar mandi berukuran 3 m x 3 m, maka siapkan biaya untuk ongkos para pekerja sekitar Rp 1.200.000. Saran kami sebaiknya pilihlah pekerja sistem pemborong atau kontraktor karena HARGA PEKERJA BORONGAN dinilai lebih murah dibandingkan pekerja harian.

Biaya Peralatan Tambahan

Biaya Peralatan Tambahan

Kemudian kalian juga harus mempersiapkan bujet untuk membeli peralatan atau perlengkapan tambahan di dalam kamar mandi. Peralatan tambahan tersebut biasanya terdiri dari shower tiang, shower screen, rak minimalis, cermin, wastafel dan perlengkapan lainnya. Berikut adalah rincian biaya pembelian material perlengkapan tambahannya.

KeteranganBiaya
Shower tiangRp 700.000
Shower screenRp 2.500.000
Rak minimalisRp 250.000
CerminRp 130.000
WestafelRp 300.000

Biaya Lainnya

Biaya Lainnya

Di dalam biaya membuat kamar mandi WC jongkok, kalian juga harus mempersiapkan anggaran dana yang sifatnya tidak terduga. Biaya ini nantinya berguna untuk mengantisipasi adanya hal-hal diluar perkiraan sebesar 10% dari total biaya pembangunan.

Jadi, dari perhitungan di atas, biaya membuat kamar mandi WC jongkok mulai dari pembelian bahan material hingga ongkos tukang yaitu kurang lebih sekitar Rp 6.380.000. Lalu untuk biaya lainnya yaitu 10% x Rp 6.380.000 = Rp 638.000. Total anggaran biaya yang perlu dipersiapkan yaitu sebesar Rp 7.018.000.

Perlu diingat, biaya tersebut belum termasuk biaya pembuatan septic tank. Maka dari itu, kalian harus menentukan JENIS SEPTIC TANK terlebih dahulu kemudian tanyakan berapa ongkosnya kepada tukang galinya.

Tips Membuat Kamar Mandi WC Jongkok

Tips Membuat Kamar Mandi WC Jongkok

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai perhitungan baya pembuatan kamar mandi kloset jongkok. Selanjutnya agar proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya ikuti beberapa tips membuat kamar mandi WC jongkok di bawah ini.

  • Manfaatkan semua sudut ruangan kamar mandi.
  • Maksimalkan penggunaan cermin besar agar ruangan terasa lebih luas.
  • Hindari menggunakan terlalu banyak campuran warna.
  • Gunakan motif keramik dinding sederhana.
  • Atur sistem pencahayaan dengan sebaik mungkin.
  • Gunakan rak tertutup dan simpan peralatan kamar mandi di dalamnya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Bursabajaringan.com seputar perhitungan biaya membuat kamar mandi WC jongkok untuk semua ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat kamar mandi sederhana menggunakan kloset jongkok.

You May Also Like
About the Author: Amelia Zaimah
Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek