10 Cara Memasang Handel Laci atau Kabinet & Tips Membeli

Cara Memasang Handel Laci – Rumah dengan ragam furniture di dalam memang sudah menjadi hal yang lumrah, maka tak heran jika sebuah rumah memiliki banyak sekali furniture, mulai dari meja, lemari, kursi, kabinet dan lain sebagainya yang memang memiliki peran yang cukup penting.

Untuk furniture seperti lemari dan kabinet juga menjadi salah satu barang wajib yang ada di dalam rumah. Banyak sekali model dan jenis lemari atau kabinet yang dapat kita pilih sesuai dengan selera. Laci pada kabinet biasanya menggunakan gagang atau handle yang disesuaikan dengan modelnya agar tampilannya lebih menawan dan minimalis.

Bukan hanya pintu saja yang memiliki handle atau gagang pembuka. Laci kabinet atau laci lemari juga disediakan handle agar mudah untuk dibuka. Ada banyak sekali jenis dan model handle laci yang dapat kalian pilih sesuai dengan selera, mulai dari bentuk memanjangk, knob, minimalis atau motif klasik.

Penggunaan tersebut juga tentu akan disesuaikan dengan model furniturenya. Harga handle laci juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau tergantung juga dengan modelnya. Kemudian untuk soal pemasangan juga sebenarnya tidak terlalu rumit.

Cara Memasang Handel Laci atau Kabinet & Tips Membeli

Cara Memasang Handle Laci

Ada beberapa langkah yang perlu kalian pahami dalam pemasangan handle laci tersebut. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara memasang handle laci atau kabinet serta tips membeli handle laci yang telah kami siapkan berikut ini.

Tips Memilih dan Membeli Handle Laci

  1. Pertama kalian dapat memastikan terlebih dahulu bahwa handle laci sesuai dengan dengan desain atau konsep furniture dan interior. Desain klasik tentu akan lebih cocok dengan handle model klasik.
  2. Pastikan juga jenis pintu kabinet yang akan menggunakan handle. Pintu geser dan pintu swing memiliki bentuk yang berbedad karena proses penggeseran biasanya terjadi overlap sehingga handle tanam akan lebih cocok untuk digunakan.
  3. Bentuk handle memiliki jenis yang beragam, ada model bundar atau knob dan juga model memanjang. Sesuaikan dulu dengan konsep dan desain yang kita inginkan.
  4. Material handle laci memiliki banyak ragam, ada yang terbuat dari stainless, plastik, aluminium, besi, bahkan material kombinasi seperti stainless dan kayu, stainless dan marmer. Pastikan keawetan dan daya tahannya, jangan sampai memilih handle yang mudah berkarat atau mudah rapuh. Kalian dapat bertanya dengan detail kepada penjual mengenai kualitas dan mutu barangnya.
  5. Dan yang terakhir perhatikan ukuran. Pastikan jika ukurannya proporsional, jika terlalu besar tentu tidak seimbang dan kurang menarik.

Cara Memasang Handle Laci atau Kabinet

Pemasangan handle laci sebenarnya tidak perlu ketrampilan teknis yang rumit. Disini yang harus diperhatikan adalah menentukan letak posisi handle agar proporsional. Berikut ini cara pemasangan handle laci yang baik dan benar:

  • Ukur jarak antara lubang handle laci, apabila menggunakan handle knob satu lubang maka akan lebih mudah. Namun jika handle bentuk panjang kalian harus mengukurnya dengan benar antara lubang skrupnya.Perhatikan juga kemasan handle biasanya ada petunjuk teknis atau jarak lubang skrupnya.
  • Buat titik pusat tepat dibagina tengah laci agar kita lebih mudah menemukan titik keseimbangan dan kemudian buat lubang skrup sesuai ukuran handle.
  • Lakukan pengeboran lubang skrup dengan hati-hati, usahakan jangan sampai membuaty lubang terlalu longgar agar tidak mudah bergeser.
  • Jangan memberi lem ketika memasang handle karena akan menyulitkan ketika kita akan menggantinya di kemudian hari.
  • Apabila skrup handle terlalu panjang, kalian dapat menggunakan ring pada bagian belakang atau dapat juga memotongnya sesuai ukuran.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai tips memilih dan membeli handle laci serta cara pemasangan handle laci atau kabinet yang baik dan benar. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara membedakan furniture jati asli dan palsu yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua