17 Cara Memasang Lantai Kayu (Parket) Aman & Mudah

Cara Memasang Lantai Kayu – Penggunaan lantai untuk sebuah rumah memang tergantung dengan selera masing-masing. Seperti contohnya dengan penggunaan lantai kayu parket yang saat ini menjadi salah satu lantai dengan peminat banyak di tanah air.

Sebenarnya bukan ditanah air saja, melainkan hampir di setiap negara banyak yang sudah menggunakan lantai kayu ini karena dinilai lebih artistik dan juga klasik. Hanya saja untuk soal pemasangan, lantai kayu ini bisa dikatakan cukup ribet dan harus teliti agar hasilnya maksimal.

Nah pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara memasang lantai kayu (parket) yang mudah dan aman. Disamping itu juga kami akan memberikan informasi lainnya mengenai hal-hal seputar penggunaan lantai yang kayu yang satu ini.

Sebelum melakukan pemasangan lantai kayu, kalian juga wajib memahami beberapa hal-hal seperti jenis lantai yang digunakan, kondisi lantai dasar dan beberapa hal lainnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak cara memasang lantai kayu yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Memasang Lantai Kayu (Parket) Aman & Mudah

Cara Memasang Lantai Kayu

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Perlu kalian ketahui juga bahwa setiap jenis lantai tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika dipasang dengan teliti, kalian tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan. Maka dari itu kalian dapat memahami beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jenis lantai kayu yang satu ini.

Penempatan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Di Indonesia sendiri, penggunaan lantai keramik memang sudah menjadi hal yang umum. Akan tetapi bukan untuk penggunaan lantai kayu yang satu ini, seperti kita singgung diatas bahwa semua adalah soal selera.

Bagi kalian yang mungkin memiliki rencana menempati rumah jangka pendek, alangkah baiknya urungkan niat untuk memasang lantai kayu ini. Namun jika kalian akan menempati rumah jangka panjang, kalian dapat memasang lantai kayu parket yang sesuai dengan jenis dan preferensinya.

Perhatikan Jenis Lantai Kayu yang Digunakan

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis lantai kayu parket yang akan digunakan. Parket ini memiliki 2 jenis kayu, yakni kayu solid dan juga kayu sintetis. Keduanya sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Untuk kayu solid ini memiliki keunggulan dari segi penampilan yang menarik dan kewaetan yang lebih baik untuk penggunaan jangka panjang. Akan tetapi kelemahan dari lantai kayu solid adalah rawan terhadap lembab dan dikenal memiliki harga mahal.

Sedangkan untuk kayu sintetis, selain memiliki harga yang lebih murah, tampilannya pun tidak kalah menarik dibandingkan dengan kayu solid. Hanya saja jenis ini lebih rawan dengan lembab dan serangan rayap.

Perhatikan Jenis Lantai Dasar Rumah

Kemudian kalian juga dapat memperhatikan jenis lantai dasar rumah yang akan dipasangi lantai kayu parket ini. Kalian dapat memastikan terlebih dahulu bahwa lantai dasar tersebut tidak akan membuat lantai kayu mudah lembab dan keropos.

Jika demikian, kalian dapat menggunakan lapisan plastik tipis atau foam untuk lantai dasar dan baru dipasangi lantai kayu. Foam atau plastik tipis tersebut berfungsi untuk menahan uap air yang dapat merusak parket.

Pemasangan Lantai Kayu Parket Harus Teliti

Dan yang terakhir adalah dari segi pemasangan, dimana hal ini harus benar-benar diperhatikan dengan teliti agar hasil pemasangan sesuai dengan keinginan. Alangkah baiknya jika kalian menggunakan jasa pemasangan lantai kayu parket karena lebih profesional.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Setelah itu kalian dapat mempersiapkan terlebih dahulu apa saja alat dan bahan yang diperlukan ketika akan memasang lantai kayu parket. Untuk alat dan bahan dapat kalian simak dibawah ini:

  • Bahan bisa pakai sesuai keinginan (parket, mini flooring, flooring)
  • Palu.
  • Paku.
  • Benang.
  • Lem (lem khusus untuk parket bisa ditemukan pada produsen lantai kayu itu sendiri).
  • Amplas.
  • Mesin Ampelas (Jika punya).
  • Roll Meter (lebih dikenal Meteran).
  • Kuas.

Cara Memasang Lantai Kayu (Parket)

Setelah semua bahan dan alat sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah mulai pemasangan lantai kayu. Seperti apa langkah-langkahnya langsung saja kita simak tutorialnya berikut ini:

1. Langkah pertama adalah dengan membersihkan lantai dasar terlebih dahulu. Setelah itu mulai dengan acian pertama, acian merupakan metode pemasangan lantai kayu parket. Oleskan lem atau acian dan kemudian tempelkan parket satu persatu mulai dari ujuang kiri hingga ujung kanan, usahakan tempelkan 2 baris terlebih dahulu.

2. Kemudian luruskan parket yang telah dipasang tadi. Luruskan dengan teliti agar tidak ada parket yang menyerong ke kanan maupun ke kiri. Kalian juga dapat menggunakan metode pemasangan benang yang melintang diatas parket yang berfungsi sebagai patokan untuk meluruskan. Caranya mudah, kalian hanya perlu melilitkan benang dengan paku kemudian tancapkan pada tembok dengan menggunakan palu sisi kanan dan kiri lalu luruskan parket dengan benang tersebut.

3. Setelah semua parket terpasang, langkah selanjutnya adalah pengamplasan. Usahakan menggunakan mesin amplas karena akan lebih efektif dan merata.

4. Langkah terakhir adalah finishing. Disini kalian dapat melakukan coating dengan menggunakan bahan yang sesuai dengan keinginan kalian seperti dengan menggunakan melamine atau lainnya. Ada 3 bahan yang kami rekomendasikan, yakni melamine, UPL (Ultran Parquet Lack) dari bahan PU (Poly Urethane) atau APL (Aqua Parquet Lack) dengan campuran air.

Nah itulah beberapa langkah-langkah pemasangan lantai kayu parket yang dapat kalian lakukan sendiri dirumah. Selain itu kami juga memberikan informasi lain mengenai poin penting yang wajib dipahami sebelum memasang lantai kayu yang satu ini. Jangan lupa untuk simak artikel lain mengenai cara menghitung kebutuhan keramik lantai dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua