12 Cara Memasang Roster (Ventilasi Udara) yang Baik dan Benar

Cara Memasang Roster – Kondisi rumah yang sehat tentu akan selalu dilengkapi dengan adanya sistem ventilasi udara yang memadai agar sirkulasi udara tetap terjaga. Sistem ventilasi udara yang lancar pasti akan membuat udara yang masuk keruangan menjadi lebih segar dan sehat.

Dengan demikian aktivitas di dalam ruangan juga akan lebih lega dan nyaman. Berbicara mengenai ventilasi, roster adalah salah satu jenis ventilasi yang banyak dipasang di setiap rumah atau ruangan yang ada di dalam rumah. Roster sendiri juga memiliki beberapa jenis yang nantinya akan kita bahas.

Roster biasanya dipasang pada bagian atas pintu atau jendel. Keberadaan roster juga seolah-olah menyempurnakan eksistensi pintu dan juga jendela. Selain mampu berfungsi sebagai ventilasi, roster juga dapat menjadikan tampilan rumah menjadi lebih apik dan elegan.

Namun perlu kalian ketahui bahwa dalam hal pemasangan roster, ada beberapa hal-hal yang perlu kalian perhatikan. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara memasang roster yang baik dan benar berikut ini.

Cara Memasang Roster (Ventilasi Udara) yang Baik dan Benar

Cara Memasang Roster

Pemasangan Roster untuk Lubang Angin

Pemasangan roster untuk membuat lubang angin memang terkadang harus kita sesuaikan dengan jenis atau konsep rumah. Roster terbagi menjadi beberapa jenis yang dapat kalian pilih sesuai dengan selera dan keinginan. Umumnya pemasangan roster ini hampir tidak berbeda jauh dengan pemasangan batu bata, dimana kalian dapat langsung memasangnya bersamaan ketika pemasangan batu bata.

Jenis & Fungsi Roster

Seperti sudah kita singgung diatas bahwa roster ini memiliki ragam jenis yang dapat kita pilih sesuai dengan selera. Roster beton, roster keramik, roster kayu dan juga roster tanah liat. Setiap jenis tersebut memiliki fungsi yang sama yakni sebagai ventilasi dan juga ada beberapa yang menggunakan roster sebagai penyekat antar ruangan.

Selain itu roster juga dapat berfungsi sebagai pencahayaan pada siang hari pada sebuah ruangan. Dalam perkembangannya, roster juga dapat berfungsi sebagai pagar rumah, tempat menaruh pot atau secondary skin untuk fasad rumah saat ini.

Cara Memasang Roster yang Baik dan Benar

1. Tentukan Perencanaan Pola

Untuk pola pemasangan roster memang cukup bermacam-macam. Bukan hanya membentuk garis lurus atau mendatar saja, namun kalian dapat memasangnya dengan pola lain. Semisal pola horizontal, vertikal, diagonal, L, L berlawanan, T, T terbalik, V, V terbalik, selang-seling dan masih banyak pola lainnya yang dapat kalian terapkan.

Keunikan pola pemasangan tentunya juga dapat menambah daya tarik atau tampilannya, Akan tetapi kalian juga harus menyesuaikan pola yang dipilih dengan model roster dan desain rumah secara keseluruhan agar hasilnya maksimal dan menarik untuk dipandang.

2. Tarik Tali Benang Khusus untuk Roster

Penggunaan benang dalam hal ini sangat diperlukan agar nantinya pemasangan roster dapat lurus, rapi dan teratur. Kalian dapat menarik  benang sendiri selain benang pemasangan batu bata. Tarik benang sesuai pola yang diinginkan. Pastikan juga benang tersebut sudah benar-benar lurus karena nantiny akan bergantung dengan benang acuan ini.

3. Pasang Roster Bersamaan dengan Pemasangan Batu Bata

Proses pemasangan roster ini dapat dilakukan bersamaan dengan pemasangan batu bata. Ketika mencapai bagian yang akan dipasangi roster, kalian dapat menghentikan sementara proses pemasangan batu bata. Lanjutkan dengan pemasangan roster ke tempat sesuai dengan pola yang telah direncakan.

Bahan perekatnya juga sama, yakni adukan semen. Pada poin ini kalian harus melakukannya dengan hati-hati agar adukan semen tidak menutupi lubang-lubang pada roster.

Tips & Trik Pemasangan Roster Agar Hasilnya Menarik

  • Pada umumnya roster memang kerap dipasang pada bagian atas pintu atau jendela. Akan tetapi kalian juga dapat memasang roster di dinding tanpa jendela.
  • Pilih juga sudut yang dinilai paling tepat untuk dipasangi roster.
  • Pastikan juga keberadaan roster juga dapat mendukung keindahan ruangan rumah kalian. Pemasangan di posisi yang kurang tepat tentu akan menjadikan ruangan menjadi terlihat aneh.
  • Ukuran roster yang digunakan harus dipilih dengan benar. Selain menentukannya berdasarkan kebutuhan ruangan, kalian juga wajib memperhatikan keamanannya.
  • Roster untuk indoor berbeda dengan outdoor. Kalian dapat memilihnya berdasarkan bahan baku untuk membuat roster itu sendiri.
  • Jangan lupa untuk mengaplikasikan coating ke permukaan roster agar lebih terlindungi dan memiliki tampilan yang berkilau.
  • Jika ingin, kalian dapat mengecat permukaan roster agar tampilannya menjadi menarik.

Perlu kalian perhatikan bahwa pada saat pemasangan roster ini harus sesuai dengan rencana awal. Jika perlu diskusikan bersama tukang yang sudah ahli dalam hal ini agar hasilnya memuaskan.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara memasanga wallpaper dinding yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua