23 Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Baik dan Benar

Cara Memasang Wallpaper Dinding – Mempercantik dinding ruangan di sebuah hunian memang menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, terlebih bagi mereka yang hobi dengan desain interior, hal ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan.

Untuk pemasangan wallpaper dinding sebenarnya dapat kita lakukan sendiri dengan sangat mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami sampaikan pada pertemuan kali ini. Jadi kalian tidak perlu lagi memesan jasa pemasangan wallpaper dinding yang bisa dikatakan tidaklah murah.

Penggunaan wallpaper dinding juga dapat kita aplikasikan jika sudah bosan dengan warna cat yang itu itu saja. Terlebih cat akan memudar jika sudah lama dan tentu akan terlihat kusam. Nah wallpaper dinding ini dapat kalian jadikan opsi utama untuk mengubah tampilan dinding agar lebih menarik.

Saat ini banyak jenis wallpaper dinding yang dijual dipasaran dengan motif dan harga yang bervariasi mulai dari yang murah dan mahal. Baiklah untuk cara pemasangannya lebih baik langsung saja kita simak ulasan yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Baik dan Benar

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Sebelum ke pembahasan utama tentu kalian harus terlebih dahulu menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Kalian dapat membeli wallpaper dinding yang sesuai dengan selera kalian. Biasanya dijual per rol atau per meter. Untuk alat yang dibutuhkan kalian dapat simak berikut ini.

Alat-alat yang Dibutuhkan

  • Wallpaper pilihan
  • Lem wallpaper (bisa dibeli di toko material)
  • Kuas aplikasi wallpaper
  • Plumb bob
  • Pisau cutter
  • Gunting
  • Meteran
  • Pensil
  • Kain perca

Persiapan

  • Pastikan kamu sudah menghitung tinggi dan lebar dari dinding yang akan ditutup. Ini akan memudahkanmu dalam memotong dan memasang wallpaper kelak.
  • Hitung berapa gulung wallpaper yang kamu butuhkan untuk menutup dinding.
  • Lem wallpaper bisa kamu temukan di toko material, sementara jika kamu tidak bisa menemukan plumb bob, kamu bisa mendownload aplikasinya pada smartphonemu.
  • Pilih kuas aplikasi dengan pegangan di tengah untuk pengaplikasian yang lebih mudah.

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Setelah persiapan alat-alat telah siap semua, langkah selanjutnya kalian dapat langsung melakukan pemasangan wallpaper dinding. Untuk langkah-langkahnya simak dibawah ini.

Bersihkan Dinding dari Noda dan Paku

Pertama pastikan terlebih dahulu bahwa dinding sudah bersih dari noda dan paku yang menempel. Perlu kalian ketahui bahwa kertas wallpaper dinding ini sangat sulit untuk menempel pada dinding yang kotor dan basah.

Jika beberapa sudut pada dinding terasa lembab dan susah dibersihkan kalian dapat kelupas lapisan cat dan tambal dengan dempul tembok. Setelah itu cabut semua paku yang menempel dan dempul bolongan bekas paku tersebut.

Mulai Secara Perlahan

Setelah itu kalian dapat melihat dinding mana yang terlihat lebih mudah ditutup dan tidak akan menjadi pusat utama ruangan tersebut. Atau tidak, mulailah dengan dinding yang biasanya akan ditutup dengan furniture ruangan.

Dengan memulai pada dinding ini, kalian dapat mencoba berlatih untuk menutup dinding dengan baik dan benar. Anggap saja cara ini sebagai latihan sebelum kalian menutup dinding dengan sudut yang sulit atau colokan listrik.

Ukur Ketinggian dan Lebar Dinding

Gunakan meteran untuk mengukur panjang dan lebar dinding yang akan ditutup dengan menggunakan wallpaper dinding, dan aplikasikan ukuran tersebut pada kertas wallpaper nantinya. Hamparkan wallpaper dinding diatas meja dan tandai panjangn serta lebar yang sudah diukur.

Tambahkan cm pada perhitungan ukuran dinding sekitar 15 hingga 20 cm sebagai tindakan jika wallpaper tidak sengaja robek atau tidak pas. Tandai juga menggunakan pencil, dan usahakan tidak menandainya terlalu tebal.

Gambar Garis Lurus Pada Dinding

Menggunakan Plub bob, gambar garis lurus dari atas dinding sampai bawah untuk memudahkan kita menyeimbangkan wallpaper ketika pemasangan. Gunakan garis lurus sebagai panduan dan garis awal mula memasangan wallpaper. Jangan mengandalkan garis pintu atau langit-langit sebagai pengukur kelurusan garis utama.

Oleskan Lem Khusus Wallpaper Dinding

Berlanjut ke tahap pengolesan lem. Kalian dapat mengoleskan lem dengan menggunakan kuas. Oleskan lem satu kali saja agar hasilkan lebih maksimal. Karena jika terlalu banyak lem yang dioles nantinya dapat membuat kertas wallpaper basah dan keriput.

Tempelkan Wallpaper Dinding

Lalu tempelkan wallpaper dinding ke bagian yang sudah diolesi lem tersebut. Tempelkan secara perlahan dan pastikan setiap ujung dinding sudah terutup dan ujung kertas wallpaper kalian tidak melewati batas garis awal yang kalian gambar.

Ratakan Wallpaper Dinding

Ratakan wallpaper dinding yang tadi sudah dipasang, ratakan dengan pelan-pelan dan pastikan bahwa wallpaper menempel dengan sempurna dan tidak ada gelembung. Jika masih ada gelembung, kalian dapat melepasnya dan kemudian tempelkan lagi.

Potong Sisa Panjang Wallpaper DInding

Setelah tertempel sempurna, kalian dapat memotong sisa wallpaper panjang dan lebar dengan menggunakan cutter atau gunting.

Mencocokan Pattern

Mencocokan pattern inilah yang bisa dikatakan sebagai tantangan sebenarnya dalam pemasangan wallpaper dinding. Setelah gulungan pertama selesai dipasang, maka kalian harus memasang gulungan selanjutny. Langkahnya masih sama, hanya saja disini kalian harus lebih hati-hati agar wallpaper tersambung dengan sempurna.

Penyesuaian Bentuk Wallpaper pada Dinding

Terakhir saatnya kita bergerak ketempat atau sudut yang rumit seperti dinding yang memiliki colokan listrik. Ketika gulungan wallpaper bertemu dengan sudut tajam, gunting sisa wallpaper bagian atas sampai batas antara dinding dan langit-langit.

Hal ini akan memudahkan kita untuk menyudutkan kertas wallpaper sehingga sudut tertutup dengan rapih. Sedangkan untuk menangani colokan listrik, kalian dapat melubangi bagian tengah colokan listrik dengan gunting hingga ujung colokan secara perlahan.

Sisakan 1 cm sebelum ujung colokan, dan lipat sisa kertas ke dalam hingga akan menempel pada dinding yang sudah di lem. Setelah itu kalian dapat meratakan lagi dengan menggunakan kain atau baju bekas.

Nah itulah beberapa langkah-langkah yang dapat kalian lakukan ketika memasang wallapaper dinding sendiri dirumah. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai cara memasang keramik dinding yang baik dan benar. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua