9 Cara Membersihkan Lantai Parket Agar Bersih dan Kinclong

Cara Membersihkan Lantai Parket – Lantai rumah memang harus selalu kita bersihkan secara rutin setiap hari. Hal ini selain agar terlihat bersih dan kinclong, kebersihan sebagian ruangan juga sudah pasti memiliki efek pada kesehatan penghuni rumah.

Maka dari itu kita harus rajin membersihkan rumah, baik lantai, dinding, furniture dan lain sebagainya. Nah berbicara mengenai lantai, ada banyak sekali jenis lantai yang kerap dipilih oleh masyarakat, seperti penggunaan lantai keramik, lantai granit, marmer dan juga lantai parket yang cukup populer saat ini.

Kita ketahui bahwa lantai parket ini adalah salah satu material yang mampu menciptakan kesan alami, natural dan juga mewah pada sebuah rumah. Selain itu lantai parket juga semakin menambah kesan elegan untuk interior rumah. Akan tetapi untuk menjadikan itu semua, kita harus menjaga kebersihan lantai tersebut.

Untuk membersihkan lantai parket ini sebenarnya juga tidak berbeda dengan membersihkan lantai-lantai lainnya, seperti dengan menggunakan sapu, pel, vacuum cleaner dan lainnya. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membersihkan lantai parket yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Membersihkan Lantai Parkat Agar Bersih dan Kinclong

Cara Membersihkan Lantai Parket

Alat-alat yang Diperlukan

Sebelum melakukan pembersihan pada lantai parket kayu yang ada di rumah kita, terlebih dahulu kita mempersiapkan apa saja alat-alat yang dibutuhkan berikut ini.

  • Vaccum Cleaner
  • Kuas/Sapu Kecil
  • Kain Lap dengan Tekstur Lembut
  • Minyak Kayu Putih

1. Sedot Debu Menggunakan Vacuum Cleaner

Lantai parket biasanya terbuat dari bahan kayu, maka dari itu lantai ini sudah pasti memiliki pori-pori yang cukup besar di bagian permukaannya. Pori-pori inilah yang biasanya menjadi lokasi debu berkumpu dan kemudian berubah menjadi noda yang membandel.

Disini kalian harus rajin membersihkan dengan menggunakan vaccum cleaner agar semua debu tersedot. Penggunaan vacuum cleaner ini sangat kami sarankan, usahakan juga jangan menggunakan kain pel atau sikat karena akan merusak permukaan lantai parket kayu ini.

2. Bersihkan Sudut Lantai Menggunakan Sapu

Penggunaan vacuum cleaner memang tidak bisa menjangkau semua lokasi pada lantai parket seperti celah-celah lubang parket dan urat lantai parket. Sering kali ada partikel debu yang terselip pada bagian ini sehingga sangat susah untuk disedot dengan vacuum cleaner.

Nah pada bagian ini kalian dapat menggunakan sapu kecil atau kuas cat yang lembut. Lakukan pembersihan sela-sela tersebut secara manual karena hasilnya akan lebih maksimal dibandingkan menggunakan vacuum clenaer. Gunakan juga sapu berbulu halus atau kain lap yang bertekstur lembut.

3. Pel Lantai dan Segera Keringkan

Seperti yang kita ketrahui bahwa material kayu memang rentan sekali mengalami kerusakan jika terkena air, karena air sendiri dapat membuat struktur kayu menjadi cepat lapuk. Untuk membersihkan lantai dengan cara di pel memang boleh saja, namun ada beberapa hal yang perlu kalian ketahu, yakni seperti penggunaan air yang seminimal mungkin.

Cukup basahi kain pel sampai sedikit lembab dan tak ada air yang menetes lagi. Gunakan juga kain tersebut untuk mengepel dengan pelan, setelah itu usahakan untuk segera mengeringkan dengan menggunakan kain lembut kering agar air tidak sampai meresap ke bagian lantai parket sehingga lantai bersih dan tetap awet.

4. Lap Menggunakan Air Hangat

Terkadang kita kerap melakukan kesalahan tanpa sengaja ketika merawat lantai parket yang mengakibatkan timbulnya noda membandel di beberapa titik ruangan. Noda ini juga dapat timbul karena tumpahan makanan dan juga minuman serta tumpukan kotoran yang dibiarkan dalam waktu lama sehingga berubah menjadi kerak.

Kalian tidak perlu khawatir karena kalian masih dapat membersihkan noda tersebut dengan mudah. Yakni dengan menggunbakan air hangat dan minyak kayu putih. Pastikan kalian mengusap permukaan lantai dengan menggunakan kain lap halus ketika membersihkannya.

5. Jangan Membersihkan Menggunakan Bahan Kimia

Jangan sampai menggunakan sikat atau bahan kimia apapun karena hal ini dapat merusak lantai parket secara permanen. Lebih baik menggunakan vacuum clenaer, kain pel yang tidak terlalu lembab dan yang paling penting menggunakan kain yang memiliki tekstur lembut dan halus agar permukaan lantai tidak tergores.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara membersihkan lantai parket yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara merawat lantai granit yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua