3 Cara Membersihkan Lem Pada Permukaan Kayu Mudah & Cepat

Cara Membersihkan Lem pada Permukaan Kayu – Kita tahu bahwa kayu adalah salah satu material yang banyak digunakan atau menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah rumah. Baik untuk material bangunan dan juga barang-barang (furniture) untuk interior rumah.

Untuk furniture sendiri, kayu yang digunakan juga bermacam-macam, mulai dari kayu jati, bengkirai, mahoni, kamper dan banyak lagi jenis kayu lainnya. Selain dapat digunakan sebagai bahan furniture seperti meja, kursi, lemari, kitchen set dan partisi kayu, kayu juga kerap dijadikan sebagai penghias dinding.

Penghias dinding tersebut nantinya dapat digunakan untuk menempatkan buku-buku, bunga-bunga, dan lain sebagainya. Dalam pembuatan hiasan dinding juga biasanya selain menggunakan paku, kayu juga akan disatukan dengan menggunakan lem agar kuat.

Nah penggunaan lem kayu juga terkadang membuat tampilan menjadi kurang menarik. Maka dari itu kita harus sigap dalam hal ini, yakni untuk segera membersihkan lem tersebut dari permukaan kayu atau furniture yang kita miliki. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak cara membersihkan lem pada permukaan kayu yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Membersihkan Lem Pada Permukaan Kayu Mudah & Cepat

Cara Membersihkan Lem Pada Permukaan Kayu

Dengan membersihkan lem pada permukaan kayu ini juga nantinya dapat menjaga kualitas kayu tersebut agar tetap awet. Seringkali dijumpai lem yang menempel pada permukaan kayu dan mengendap cukup lama yang mana dapat menyebabkan noda lem akan sulit dibershikan.

Umumnya untuk membersihkan lem pada permukaan kayu ini diperlukan tenaga yang ekstra dengan menggosok menggunakan amplas. Akan tetapi cara ini dapat menyebabkan kerusakan kayu jika kurang hati-hati. Kalian dapat mengikuti cara yang kami sampaikan dibawah ini agar permukaan bersih dari lem tanpa merusak permukaan kayunya.

1. Bersihkan Menggunakan Cuka (Vinegar)

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan lem yang menempel pada permukaan kayu, nah salah satunya adalah dengan menggunakan cuka/vinegar. Langkah-langkah yang dapat kalian lakukan disini adalah dengan menuangkan cuka secukupnya pada lam atau kain.

Cuka disini adalah bahan kimia tidak beracun yang umum dimiliki di dapur. Bahan kimia ini dapat menghilangkan epoksi dan banyak jenis lem lainnya. Rendam lap atau kain dalam mangkuk yang berisi sekitar setengah cangkir cuka. Lalu peras kain tersebut dan kemudian seka permukaan kayu dengan lap tersebut secara perlahan sampai benar-benar bersih.

2. Dengan Menggunakan Mayonaise

Selain dapat menggunakan cuka, kita juga dapat menggunakan mayonaise. Mayonaise sendiri biasanya digunakan untuk pelengkap atau toping makanan, tetapi dapat juga digunakan sebagai bahan untuk membersihkan lem yang menempel pada permukaan kayu.

Cara membersihkannnya juga cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan sedikit mayonaise pada titik lem di permukaan kayu. Biarkan mayonaise selama kurang lebih 5 menit, setelah itu bersihkan dengan menggunakan lap atau kain bersih. Oleskan kembali mayonaise dan biarkan lebih lama untuk tempat-tempat lem yang dinilai sulit dibersihkan.

3. Menggunakan Heat Gun

Dan cara yang terakhir adalah dengan menggunakan heat gun. Penggunaan heat gun ini juga cukup mudah dan dapat menjadi metode penghapusan lem pada permukaan kayu dengan lebih cepat. Aplikasikan heat gun sela sekitar 2 menti sekaligus untuk membantu melelehkan lem. Setelah itu gosok perlahan dengan menggunakan kain.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai tips dan trik membersihkan lem pada permukaan kayu yang dapat kalian lakukan dirumah. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara membersihkan lantai parket yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua