12 Cara Membersihkan Mebel Kayu Berukir Paling Mudah

Cara Membersihkan Mebel Kayu Berukir – Bagi kalian yang hobi koleksi barang-barang antik, seperti mebel atau furniture tentu sudah tidak asing lagi dengan mebel ukir dari Jepara bukan? Yap Jepara memang dikenal sebagai kota yang menghasilkan banyak sekali furniture ukir dengan bahan kayu jati.

Dimana furniture atau mebel ukir yang dihasilkan juga sudah banyak di jual ke luar negeri. Hal inilah yang menjadi keistimewaan bagi kota tersebut. Berbicara mengenai ukiran mebel, ada banyak sekali jenis atau model ukiran yang dapat kita tentukan sesuai dengan keinginan kita.

Namun kalian harus lebih dulu memesan kepada pengrajin untuk dibuatkan ukiran seperti apa. Saat ini banyak sekali jenis mebel ukir yang dijual dengan harga yang fantastis, terlebih jika penggunaan bahannya menggunakan kayu yang kuat dan awet seperti jati, sudah barang pasti harganya dapat mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta.

Melihat harga mebel ukir tersebut tentu kita tidak ingin jika nantinya mebel yang sudah kita beli dengan harga mahal malah rusak atau kusam karena jarang kita rawat dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat mebel ukir agar awet.

Cara Membersihkan Mebel Kayu Berukir Paling Mudah

Cara Membersihkan Mebel Kayu Berukir Paling MudahCara Membersihkan Mebel Kayu Berukir Paling Mudah

Perawatan sebuah furniture atau mebel berukir sebenarnya sama saja dengan perawatan mebel lainnya. Hanya saja disini kita juga harus memperhatikan kebersihan lekukan-lekukan ukiran yang kerap banyak debu menempel, jika tidak segera dibersihkan kemungkinan akan menjadi kerak yang susah dibershkan.

Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membersihkan mebel kayu berukir paling mudah yang telah kami siapkan berikut ini.

Alat dan Bahan yang Dipersiapkan

Sebelum melakukan pembersihan, kalian tentu harus menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan untuk membersihkan mebel berukir yang kalian miliki. Apa saja alatnya, simak berikut ini:

  • Kain halus
  • Sikat
  • Air
  • Minyak goreng
  • Semir sepatu
  • Kemiri

Langkah Membersihkan Mebel Berukir

Setelah semua peralatan dan bahan sudah kita siapkan, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan mebel berukir tersebut. Ada beberapa langkah yang perlu kalian pahami dalam hal ini, mari kita simak berikut ini:

1. Cara yang pertama adalah dengan membersihkan seluruh permukaan furniture dengan menggunakan sikat sampai seluruh noda dan kotoran yang menempel benar-benar bersih dan hilang.

2. Disini kalian dapat memberikan perhatian lebih pada bagian-bagian lekukan ukiran yang biasanya banyak debu yang menempel. Untuk noda yang sulit dijangkau kalian dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkannya.

3. Kemudian campurkan segelas air dengan dua sendok minyak goreng dan aduk hingga merata. Lalu celupkan kain lap ke dalam larutan tersebut dan usapkan ke permukaan mebel secara merata.

4. Lakukan langkah tersebut hingga seluruh permukaan mebel tertutup oleh lapisan air dan minyak.

5. Untuk membersihkan bagian ukiran, jika ukiran berwarna cokelat dan hitam, kalian dapat menggunakan semir sepatu dengan warna yang serupa. Sementara jika ukiran berwarna putih atau krem kalian dapat membersihkannya dengan bantuan kemiri.

6. Langkah terakhir yang dapat kalian lakukan adalah dengan menghilangkan lapisan semir dan kemiri pada mebel dengan menggunakan kain katun yang halus. Gosok ukiran mebel tersebut sampai lapisan semir atau kemiri terkikis.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membersihkan mebel berukir. Lakukan pembersihan mebel berukir dengan ruitn setiap seminggu sekali atau 2 minggu sekali agar mebel dapat awet dan kinclong.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lainnya mengenai cara merawat furniture kayu yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua