3 Cara Membuat Kanopi Baja Ringan Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Kanopi Baja Ringan – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kanopi dan atap kanopi. Dimana saat ini banyak sekali rumah-rumah yang memiliki kanopi, walaupun tidak semua rumah memilikinya. Padahal kanopi memiliki peran yang cukup serupa dengan atap rumah. Banyak sekali jenis-jenis kanopi yang dapat disesuaikan dengan beragam konsep bangunan modern saat ini, entah untuk rumah minimalis atau rumah modern saat ini.

Dalam dunia arsitektur, kanopi biasa diartikan sebagai jenis atap yang dibuat untuk melindungi bagian terasa atau luar rumah dari terik sinar matahari dan juga hujan. Penggunaan atap baja ringan jenis kanopi saat ini memang sudah banyak kita temui di depan bagian depan rumah, samping rumah bahkan belakang rumah ada yang memasang kanopi ini. Dan bukan hanya rumah saja yang kerap menggunakan kanopi, toko, kantor, pusat belanja, hotel dan lain sebagainya.

Cara Membuat Kanopi Baja Ringan Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Kanopi Baja Ringan yang Baikdan Benar

Cara Membuat Kanopi Baja Ringan yang Baik dan Benar

Seperti yang sudah kita sampaikan diatas, fungsi utama dari kanopi adalah untuk melindungi bagian tertentu dari sinar matahari dan hujan. Sebelum kita membahas informasi utama mengenai cara membuat kanopi baja ringan sendiri, kita akan membahas mengenai fungsi lain dari kanopi, bahwa ada beberapa fungsi kanopi lain yang perlu kalian ketahui, yaitu:

  • Mampu menciptakan suhu udara lebih teduh. Kanopi memiliki kemampuan untuk menyaring dan menyerap udara panas yang langsung dari sinar matahari, Karena itu pancaran silau dan panas yang masuk akan sedikit tersaring karena adanya pemasangan kanopi ini.
  • Sebagai pelengkap desain eksteriror. Jika kalian mungkin merasa jika tampilan desain eksterior rumah kalian sedikit kurang, kalian dapat memasang kanopi untuk mempercantik halaman rumah kalian.
  • Mempercantik tampilan luar rumah. Hampir sama dengan fungsi yang sebelumnya bahwa penggunaan kanopi memang sangat berpengaruh pada bagian luar rumah, dimana dengan adanya kanopi di depan rumah pastinya kita lebih aman dan nyaman.
  • Menghemat material atap. Penghematan material atap ini cukup penting kita lakukan untuk meminimalisir biaya pembangunan rumah. Maka dari itu biasanya bagian depan rumah atau teras lebih baik menggunakan kanopi.
Baca  3 Cara Pasang Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

Saat ini banyak sekali jasa-jasa yang dapat kita panggil untuk membuat atau memasang kanopi baja ringan. Akan tetapi jika kita dapat membuat kanopi sendiri pastinya akan sangat memangkas pengeluaran yang kita keluarkan untuk membuat kanopi bukan? Cara membuat kanopi baja ringan sendiri dapat kalian lakukan dengan memperhatikan beberapa langkah-langkahnya. Nah seperti apa langkahnya langsung saja kita simak dibawah ini.

Sebelum melakukan cara membuat kanopi baja ringan sendiri, kita terlebih dahulu mempersiapkan alat-alat dan juga bahan seperti berikut:

  • Kaso (sesuaikan dengan ukuran kanopi)
  • Reng (sesuaikan dengan ukuran kanopi)
  • Baut seng dan baut baja ringan (sesuaikan dengan ukuran kanopi)
  • Mata bor listrik
  • Mata bor khusus untuk baut baja ringan (nomor 8)
  • Baut khusus baja ringan
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Gunting khusus baja ringan

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah memproses pembuatan kanopi baja ringan. Seperti apa langkahnya mari kita simak dibawah ini:

Kanopi Rumah Modern

Kanopi Rumah Modern

1. Proses pembuatan tiang-tiang penyangga

Langkah pertama cara membuat kanopi baja ringan yang baik dan benar adalah dengan membuat tiang-tiang penyangga terlebih dahulu. Material yang akan kita gunakan adalah baja ringan kaso. Sesuaikan jumlah tiang dengan kebutuhan serta dimensi kanopi tersebut. Dan hal yang perlu diperhatikan adalah ketinggian tiang penyangga karena harus bisa menciptakan kemiringan agar air dapat mengalir dari atap kanopi.

2. Proses pemasangan kaso

Langkah yang kedua adalah pemasangan kaso. Pemasangan kaso dengan jarak 120 cm diantara kaso satu dengan lainnya. Semakin rapat pemasangan kaso maka akan semakin kokoh pula konstruksi kanopi tersebut.

3. Proses pemasangan atap dan reng

Cara membuat kanopi baja ringan sendiri yang terakhir adalah pemasangan atap dan juga reng. Disini jarak antara reng satu dengan reng lainnya harus kita sesuaikan dengan panjang atap yang akan kita pasang. Jika kalia menggunakan atap seng galvalum sebagai penutup, maka reng yang dipasang sebaiknya 3 buah, yakni untuk bagian ujung, bagian tengah dan satu ujung lainnya.

Baca  Harga Kanopi Baja Ringan Per Meter Terbaru Desember 2019

Nah itulah beberapa langkah atau cara membuat kanopi baja ringan sendiri yang baik dan benar. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat kanopi baja ringan sendiri yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, sekian dari kami dan terima kasih.