8 Cara Membuat Kusen Cor Beton Sendiri Paling Mudah

Cara Membuat Kusen Cor Beton – Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai kusen cor beton mulai dari harga hingga kelebihan dan kekurangannya. Nah kali ini kami juga masih akan membahas mengenai kusen cor, yakni cara membuat kusen cor beton paling mudah.

Kusen sendiri merupakan salah satu bahan yang sangat penting dalam hal konstruksi bangunan. Dimana kusen ini memiliki fungsi sebagai penyambung antara daun pintu serta daun jendela. Umumnya kusen memang menggunakan bahan baku kayu.

Akan tetapi saat ini kusen sudah banyak dibuat dengan menggunakan bahan baku cor beton yang dinilai memiliki ketahanan yang kuat dan keawetan yang lebih baik dibandingkan dengan kusen yang memiliki bahan dasar kayu. Dari segi harga juga cukup terjangkau dan murah dibandingkan dengan kusen kayu jati atau kayu kalimantan.

Untuk cara pembuatannya pun sebenarnya cukup mudah. Bahan baku yang digunakan antara lain semen, cetakan, pasir dan bahan baku lain yang dikira penting. Nah untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membuat kusen cor beton yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Membuat Kusen Cor Beton Sendiri Paling Mudah

Cara Membuat Kusen Cor Beton Sendiri Paling Mudah

Penjelasan Singkat Cara Pembuatan Kusen Cor Beton Berkualitas

  • Membuat cetakan beton menggunakan bahan material yang mudah dibentuk.
  • Memasang besi tulangan agar struktur kusen beton menjadi kokoh.
  • Membuat adukan beton dengan komposisi yang sesuai agar mencapai kekerasan beton yang didinginkan.
  • Menyempurnakan tampilan dengan memberikan pewarnaan pada kusen beton.

Keempat poin diatas merupakan tahapan singkat dari pembuatan kusen cor beton yang satu ini. Untuk pembahasan lengkapnya dapat kalian simak berikut ini:

Membuat Cetakan Kusen Beton

Langkah pertama pembuatan kusen beton adalah dengan membuat cetakan kusen terlebih dahulu. Cetakan ini berfungsi untuk membuat bentuk kusen beton yang sesuai dengan ukuran dan juga konsep yang akan digunakan. Untuk membuat cetakan kusen ini, kalian dapat menggunakan bekisting dengan bahan papan kayu ataupun tripleks.

Kemudian papan kayu tersebut dibentuk sesuai dengan desain dan rencana yang telah dipersiapkan sebelumnya. Untuk pengikat cetakan kusen ini kalian dapat menggunakan bantuan kawat bendrat serta paku. Pada tahap ini juga membutuhkan perhitungan dan ketelitian agar hasilnya maksimal.

Pemasangan Besi Tulangan

Langkah selanjutnya adalah dengan memasang besi tulangan pada kusen cor beton tersebut. Besi tulangan ini berfungsi sebagai penahan daya tarik kusen ke dinding. Sifat besi tulangan yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kekuatan yang dimiliki oleh kusen beton tersebut.

Hal ini bertujuan agar kusen nantinya tidak mengalami banyak perubahan ketika proses pencetakan. Besi tulangan ini dipasanga pada bagian yang dikira memerlukan tambahan penguat. Lalu pada bagian yang akan dipasangi engsel juga perlu diberikan tambahan serbuk kayu.

Penambahan serbuk kayu ini juga bertujuan untuk memudahkan dalam pemasangan kusen nantinya. Pada tahap ini pemasangan besi tulangan juga harus benar-benar sesuai dan tepat agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Pembuatan Adonan Beton

Tahap ketiga adalah pembuatan adonan atau adukan beton. Komposisi dalam pembuatan adonan ini adalah kerikil, pasir dan semen dengan perbandingan komposisi antara lain sekitar 3:2:1. Dalam mencampur bahan adukan tersebut, usahakan adukan dilakukan secara terus menerus hingga semua bahan tercampur rata.

Setelah itu masukan adukan tersebut ke dalam cetaka yang telah kita buat sebelumnya. Diamkan adukan sekitar 8 jam, hal ini agar adaonan dapat mengering dengan sempurna. Nah pada hari berikutnya buka cetakan tersebut dan amati permukaan cetakan, jika terdapat bagian berlubang kalian dapat segera menambalnya.

Sempurnakan Penampilan

Untuk tahap yang terakhir adalah penyempurnaan. Penyempurnaan disini dapat dilakukan dengan memberikan cat warna. Kalian hanya perlu menggunakan kuas cat biasa untuk mewarnainya. Jangan lupa juga untuk menggunakan car dengan warna yang mirip dengan besi atau kayu.

Pastikan juga penyempurnaan pengecatan dilakukan secara merata agar hasilnya maksimal. Setelah selesai melakukan pengecatan, kalian dapat mendiamkan kusen cor beton tersebut selama kurang lebih 2 hari. Akan tetapi untuk hasil yang maksimal, alangkah baiknya didiamkan selama 1 bulan.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat kusen cor beton yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga kusen cor beton yang telah bursabajaringan.com sampaikan dipostingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua