10 Cara Membuat Plitur Sirlak Kayu Sendiri Paling Mudah

Cara Membuat Plitur Sirlak – Kalian mungkin sering melihat perabotan rumah atau furniture yang memiliki warna cokelat mengkilap dan terlihat lebih natural dan alami. Biasanya warna-warna tersebut kita kenal dengan sirlak atau plitur. Sebenarnya plitur sirlak merupakan finishing untuk furniture kayu agar terlihat menarik dan alami dengan memperlihatkan serat kayu itu sendiri.

Lalu untuk harga plitur kayu ini juga dibanderol dengan nominal yang berbeda-beda tergantung merk dan ukuran satuannya. Lalu apakah kalian pernah mencoba untuk membuat plitur sirlak sendiri? Nah disini kami akan memberikan beberapa tutorial langkah cara membuat plitur sirlak sendiri dengan cukup mudah.

Penggunaan bahan finishing kayu ini diantaranya adalah bahan finishing dengan pelarut mineral seperti melami dan juga nitroselulosa. Walaupun bahan ini dapat memberikan kualitas finishing yang baik dan awet, akan tetapi mampu melepas banyak polutan sehingga dapat merusak lingkungan atau dengan kata lain kurang baik untuk kesehatan karena aromanya yang terlalu menyengat.

Sebelum kita membuat plitur sirlak kayu ini, tentu kalian harus menyiapkan bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membuat plitur sirlak paling mudah yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Membuat Plitur Sirlak Kayu Sendiri Paling Mudah

Cara Membuat Plitur Sirlak Kayu

Apa Itu Sirlak

Sirlak atau selak ini merupakan bahan membuat politur yang terbuat dari Lak. Dimana Lak adalah sejenis damar atau getah yang dihasilkan oleh hewan atau sejenis serangga yang disebut dengan Kutu Lak. Hewan ini hidup dan dibudidayakan secara parasit oleh pohon kesambi, akasia, ploso dan pohon widara.

Sirlak juga memiliki banyak warna yang hangat, mulai dari warna pirang platina, cokelat gelap serta banyak variasi warna seperti cokelat, kuning, oranye dan merah. Warna tersebut dipengaruhi oleh getah pohon yang hidup pada saat panen.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Nah untuk bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan plitur sirlak ini ada beberapa macam, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • 1/4 kg oker putih
  • 3 ons oker merah
  • 3 ons oker kuning
  • 1/2 kg lem putih (fox)
  • 1/2 kg serlak luar (naga/singa)
  • 1 ons serlak dalam (opsional)
  • 2 bungkus bahan pewarna
  • 3 liter pengencer spiritus
  • Air secukupnya

Alat yang Digunakan

  • Wadah
  • Pengaduk
  • Kuas

Cara Membuat Plitur Sirlak

Pembuatan Bahan Dasar

Proses pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan memasukan oker putih, oker merah dan oker kuning ke dalam sebuah wadah yang telah disiapkan. Kemudian tambahkan lem putih dan aduk sampai terbentuk adonan yang benar-benar tercampur rata. Tambahkan air secukupnya ke dalam campuran bahan-bahan diatas.

Tuangkan air sedikit demi sedikit agar adonan encer sembari terus diaduk. Buatlah adonan yang memiliki tingkat kekentalan yang pas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Air hanya dapat diambahkan jika campuran oker dan lem putih sudah benar-benar rata. Apabila terlalu cepat ketika menambahkan air, biasanya lem dan oker tidak dapat tercampur dengan baik.

Pembuatan Plitur Kayu

Plitur kayu baiknya dibuat sebelum proses merangkai potongan-potongan hingga membentuk furniture yang mentah dilakukan. Hal ini bertujuan agar waktu jeda yang cukup lama ketika plitur kayu disimpan. Penyimpanan juga akan membuat kualitas plitur kayu menjadi lebih bagus.

Sebenarnya menggunakan plitur yang masih baru juga diperbolehkan, hanya saja hasilnya tidak terlalu bagus ketika diaplikasikan ke furniture kayu. Lain halnya ketika kita menggunakan plitur kayu yang telah disimpan cukup lama.

Plitur kayu dapat kita buat pada wadah yang dilengkapi dengan penutup yang rapat. Masukkan sirlak luar/sirlak dalam, bahan pewarna dan cairan pengencer spirtus ke dalam wadah tersebut. Selanjutnya aduk bahan-bahan tersebut agar membentuk campuran yang rata/homogen.

Jika sudah jadi, tutup wadah tersebut rapat-rapat dan simpan minimal 24 jam agar terjadi reaksi di dalamnya. Keesokan harinya plitur dapat kalian gunakan.

Proses Penggunaan Plitur pada Furniture Kayu

  1. Produk yang akan di plitur harus benar-benar halus dan bersih dari kotoran dan debut, minyak, bekas lem, paku dan lainnya.
  2. Lakukan pendempulan terlebih dahulu pada pori-pori dengan wood filler.
  3. Kemudian ampelas hingga bersih sampai wood filler hanya tertinggal pada pori-pori kayunya saja.
  4. Plitur yang telah kalian siapkan di mangkuk dapat kalian kuaskan pada benda kerja secara tipis dan merata.
  5. Lakukan penguasan sekali lagi agar plitur lebih merata, biarkan kering terlebih dahulu namun jangan dipanaskan diterik matahari. Keringkan di tempat yang panas namun tidak langsung terkena sinar matahari karena dapat membuat bahan menjadi melengkung/memuai.
  6. Lakukan pengampelasan kembali dengan menggunakan ampelas halus dan lakukan secara ambang, pelan dan searah serat kayunya. Dan kemudian bersihkan dengan lap agar serbuk dan debu yang menempel hilang.
  7. Lakukan kembali penguasan plitur secara tipis dan merata, dengan melapisi ujung kuas yang dibalut dengan kain spon. Hal ini bertujan agar bekas kuasan tidak kasar serta bulu kuas tidak menempel di benda kerja.
  8. Disamping itu dengan menggunakan kain spon untuk pembalut kuas juga akan menjadikan penekanan ketika penguasan lebih padat dan halus. Proses ini dapat dilakukan berulang kali agar merata.

Nah itulah beberapa langkah cara membuat plitur sirlak yang dapat kalian lakukan sendiri dirumah. Sebenarnya cara pembuataanya mudah, hanya saja kalian perlu mempersiapkan atau membeli beberapa bahan-bahannya terlebih dahulu. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya mengenai partisi ruangan.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua