10 Tips & Cara Membuat Ruangan Tidak Panas Paling Mudah

Cara Membuat Ruangan Tidak Panas – Kenyamanan di dalam rumah merupakan hal yang membuat kita menjadi betah ketika tinggal di rumah. Terlebih dengan rumah yang berada di daerah pedesaan dengan udara sejuk dan pemandangan indah. Saat ini nuansa seperti itu memang menjadi impian bagi sebagai orang.

Banyak orang perkotaan yang membuat rumah di pedesaan walau hanya sebagai rumah singgah di waktu liburan atau ketika ingin menghilangkan stress dan penat setelah bekerja. Perkotaan memang dikenal memiliki kondisi atau cuaca yang cenderung panas, maka tak heran jika banyak yang lebih memilih untuk singgah sementara waktu di desa.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan ketika rumah terasa panas. Cara yang sudah pasti tentu dengan menggunakan AC (Air Conditioner). Namun selain itu ada beberapa cara lain yang dapat kita lakukan agar ruangan rumah terasa sejuk dan tidak panas. Nah pada pemabahasan kali ini kami akan membahas mengenai hal tersebut.

Penggunaan AC memang terkadang tidak bisa kita jadikan sebagai opsi yang penting, karena melihat harga dan juga konsep rumah yang ditinggali kemungkinan kurang cocok jika menggunakan AC. Maka dari itu ada beberapa cara lain yang dapat kalian lakukan agar ruangan tidak terasa panas. Lebih jelasnya langsung saja kita simak cara agar ruangan tidak terasa panas berikut ini.

Tips & Cara Membuat Ruangan Tidak Panas Paling Mudah

Cara Membuat Ruangan Tidak Panas

Tips & Cara Agar Ruangan Tidak Terasa Panas

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar ruangan rumah selalu terasa sejuk dan sirkulasi udara lancar. Dibawah ini kalian dapat simak pembahasan lengkapnya.

1. Menggunakan AC (Air Conditioner)

Penggunaan AC memang sudah bisa dipungkiri lagi karena dengan adanya AC di dalam ruangan, kita dapat mengatur sendiri kondisi udara yang ada di dalam ruangan rumah. Jika kita menginginkan kesejukan ruangan maka kita tinggal menggunakan remot AC untuk mengkondisikan udara di dalam ruangan.

AC juga merupakan salah satu teknologi yang sangat populer saat ini. Walaupun harganya cukup mahal, namun penggunaan AC ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

2. Meninggikan Plafond atau Atap Rumah

Selain menggunakan cara diatas, kalian juga dapat meninggikan plafon atau atap rumah. Langkah ini sebaiknya dilakukan pada saat pembangunan, ketika kalian mengetahui bahwa lokasi pembuatan rumah memang memiliki cuaca yang panas. Disini kalian dapat membuat ukuran atap lebih tinggi agar sirukulasi udara yang masuk menjadi lancar dan tidak terasa panas.

3. Memperbanyak Ventilasi

Perbanyak juga ventilasi di setiap ruangan yang ada. Ventilasi memiliki fungsi sebagai sirkulasi udara di dalam ruangan. Semakin banyak ventilasi maka kemungkinan besar ruangan rumah akan menjadi lebih sejuk karena banyak udara yang masuk ke dalam. Penggunaan ventilasi ini dapat kalian pasang di atas pintu atau jendela rumah.

4. Membuat Kolam Ikan atau Taman Air di Dalam Rumah

Biasanya suara percikan air akan memberikan nuansa kesejukan. Uap air juga dapat membuat udara di dalam ruangan tidak terasa kering. Jika kalian memiliki rumah yang cukup luas, kalian dapat memuat kolam ikan atau kolam taman di dalam rumah, selain dapat menambah kesan indah, kolam tersebut juga mampu membuat ruangan di dalam rumah lebih sejuk.

5. Menaruh Tanaman Hias

Saat ini banyak sekali jenis tanaman hias yang di pajang di dalam ruangan rumah. Selain menjadi tanaman hias, tanaman tersebut juga dapat merubah gas karbondioksida menjadi oksigen.

6. Menggunakan Jenis Material Bangunan yang Sejuk

Untuk penggunaan material bangunan kami sarankan untuk menggunakan genteng tanah liat pada bagian atap. Kemudian pada bagian dinding gunakan material marmer atau keramik. Lalu pada bagian lantai kalian dapat menggunakan lantai jenis keramik, marmer atau beton expose agar lebih sejuk.

7. Memasang Kipas Angin

Dan yang terakhir adalah dengan memasang kipas angin yang di pasang di dinding maupun kipas angin model duduk. Dengan adanya kipas tentu sirkulasi udara akan lebih tetap terjaga.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara agar ruangan tidak panas yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara memasang roster yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua