9 Cara Memotong Baja Ringan yang Baik dan Benar

Cara Memotong Baja Ringan – Penggunaan atap dengan menggunakan baja ringan memang saat ini telah banyak digunakan. Selain memiliki ketahanan yang kuat, kelebihan baja ringan lainnya yakni anti karat dan mampu bertahan dengan kurun waktu yang cukup lama. Lain halnya dengan penggunaan rangka atap yang menggunakan material kayu dan juga bambu, dimana penggunaan bahan bangunan untuk bagian atap tersebut memiliki umur yang cukup pendek dibandingkan dengan baja ringan.

Baja ringan memiliki struktur yang sangat kokoh, akan tetapi bobot baja ringan ini cukuplah ringan, maka dari itu hal tersebut tentunya berdampak positif terhadap beban yang nantinya akan ditopang oleh konstruksi bangunan, khususnya bagian atap. Berbicara mengenai baja ringan, baja ringan memiliki bentuk berupa lonjoran seperti kayu usuk dan panjangnya berkisar 4-6 meter. Walaupun memiliki nama baja, akan tetapi baja ringan ini memiliki bobot yang cukup ringan dibandingkan dengan baja biasa.

Lalu untuk soal fungsi, baja ringan memiliki fungsi utama dalam pembentukan rangka atap bangunan. Kalian akan membutuhkan beberapa batang baja ringan untuk membuat sebuah rangka atap baja ringan. Maka kita juga pastinya akan memerlukan baja ringan dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan desain dari rangka atap yang akan kita buat. Nah, lantas bagaimana cara memotong baja ringan? Untuk cara memotong baja ringan, kita harus mempersiapkan alatnya terlebih dahulu, mulai dari mesin gerinda dan juga mata gerinda atau pisau gerinda.

Cara Memotong Baja Ringan Yang Baik Dan Benar

Cara Memotong Baja Ringan Yang Baik Dan Benar

Cara Memotong Baja Ringan Yang Baik Dan Benar

Cara yang dapat kita praktikan juga cukuplah mudah, namun harus tetap hati-hati dalam pengerjaannya agar hasil pemotongan menjadi maksimal. Nah daripada penasaran mengenai cara memotong baja ringan yang baik dan benar lebih baik langsung saja kita simak ulasan mengenai cara memotong baja ringan yang baik dan benar yang dapat kalian simak berikut ini.

Baca  Harga Rangka Plafon Baja Ringan Per M2 Batang Termurah Agustus 2019

1. Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah dengan mencari tempat kerja yang luas karena untuk memudahkan proses pemotongan dan meletakkan material baja ringan dengan mudah.

2. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan yang memadai dan utamakanlah keselamatan kerja seperti penggunaan sarung tangan, masker dan juga kacamata pelindung wajah.

3. Selanjutnya pasanglah mata gerinda tepat pada posisi di mesin gerinda yang akan digunakan. Periksa kembali jika mata pisau telah terpasang dengan benar.

4. Kemudian ukur baja ringan yang akan kita potong. Buatlah garis pembatas yang jelas dengan menggunakan spidol hitam tepat pada titik yang akan kita potong.

5. Pasanglah kabel power mesin gerinda ke stop kontak. Lalu tekan tombol power mesin untuk memastikan dan memulai cara memotong baja ringan yang benar.

6. Selanjutnya arahkan mata gerinda ke garis pada baja ringan yang hendak kita potong. Doronglah pelan-pelan agar mata gerinda mampu memotong baja ringan tersebut.

7. Jangan kaget jika nantinya baja ringan akan mengeluarkan percikan bunga api akibat pemotongan menggunakan gerinda.

8. Arahkan mata dengan seksama ke garis yang ada pada baja ringan tersebut sehingga baja ringan terpotong dengan sempurna.

9. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk melepaskan kabel power mesin gerinda dari stop kontak.

Cara memotong baja ringan yang baik dan benar diatas dapat kita lakukan dirumah. Akan tetapi harus tetap hati-hati dalam menggunakan mesin gerinda, selain itu gunakanlah alat keselamatan kerja yang standar. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai cara memotong baja ringan yang baik dan benar dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca  3 Cara Menghitung Kemiringan Atap yang Mudah Dilakukan