6 Cara Memperbaiki Genteng Bocor Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Genteng Bocor – Seperti kita ketahui bahwa genteng pada rumah ini berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari yang menyengat serta hujan. Biasanya pada musim hujan rumah kalian pasti sering mengalami kebocoran bukan? Hal ini terjadi karena adanya genteng yang bocor atau posisi genteng yang bergeser sehingga air hujan merembes dan masih kedalam rumah. Kejadian seperti ini tentu akan sangat merepotkan kita bukan?

Selain itu juga kebocoran akan berimbas kepada beberapa kayu-kayu pada rangka atap rumah sehingga mudah lapuk. Dan tentunya jika didiamkan terlalu lama akan sangat berbahaya. Mau tidak mau kita harus cepat menggantinya dengan yang baru. Penggunaan rangka atap bajaringan saat ini memang direkomendasikan bagi kalian yang ingin membangun sebuah rumah, dan untuk menghindari kejadian seperti itu.

Ketika terjadi kebocoran pada genteng, kalian sebaiknya mengecek dahulu apa yang menjadi penyebab genteng bocor, apakah genteng bergeser atau genteng pecah. Pahami terlebih dahulu penyebab kebocoran genteng yang antara lain yakni usia genteng yang sudah tua, adanya pergesera genteng, kerusakan pada bubungan genteng, karena gempa dan juga karena kualitas genteng yang kurang baik sehingga terjadi kebocoran. Penyebab tersebut benar-benar harus kalian pahami.

Cara memperbaiki genteng bocor ini ada beberapa langkah dan poin penting yang wajib kalian ketahui. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara memperbaiki genten bocor yang mudah dan cepat berikut ini.

Cara Memperbaiki Genteng Bocor yang Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Genteng Bocor yang Mudah dan Cepat

1. Cek Genteng Bocor dengan Memeriksanya Secara Langsung

Apabila terlihat adanya kebocoran pada beberapa titik atau sudut dirumah, kalian dapat memeriksanya secara langsung dengan naik ke atas bagian genteng yang bocor. Gunakan senter jika keadaan gelap karena akan memudahkan kita mencari dimana titik yang bocor.

2. Mengganti Genteng Bocor dengan Genteng Baru

Setelah kalian cek secara langsung dan menemukan bahwa genteng tersebut telah rusak. Kalian dapat segera menggantinya dengan genteng yang baru. Usahakan ketika pemasangan genteng yang baru tersebut jangan sampai ada celah yang nantinya akan membuat air hujan dapat masuk.

3.  Menambal Genteng dengan Menggunakan Adonan Semen dan Waterproof

Jika genteng mengalami keretakan, kalian dapat langsung mengatasinya dengan mudah, yakni dengan melapisi genteng tersebut dengan adonan semen dan waterproof. Biasanya cara ini cukup manjur dalam mencegah genteng tidak bocor lagi.

4. Melapisi Genteng dengan Cat Khusus Genteng

Cara memperbaiki genteng bocor yang satu ini biasanya dilakukan ketika pertama kali pemasangan genteng pada rumah. Dimana kita perlu melapisi genteng tersebut dengan cat khusus genteng waterproof. Cat ini mengandung bahan ultraviolet yang berguna untuk melindungi genteng dari paparan sinar matahari serta remebesan hujan.

5. Menambah Bahan Tahan Air kedalam Bagian Bubungan

Bubungan merupakan jenis genteng yang letaknya paling atas danb biasanya berbentuk huruf V terbalik. Cara ini juga cukup efektif, dimana kalian hanya perlu menambahkan material yang kedap air seperti karpet talang atau keramik lapping kedalam bagian bubung dan tambahkan lapisan waterproof agar ketahanannya lebih kuat.

6.  Gunakan Jasa Tukang Berengalaman

Dan cara memperbaiki genteng bocor yang terakhir adalah dengan cara memanggil tukang yang berpengalaman dalam hal ini. Cara ini dapat kalian gunakan jika kalian masih tetap tidak bisa mengatasi masalah kebocoran genteng rumah kalian.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki genteng bocor serta penyebab genteng bocor yang dapat kalian pahami. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua