4 Penyebab dan Cara Memperbaiki Papan Gypsum Retak Paling Mudah

Cara Memperbaiki Papan Gypsum Retak – Material gypsum memang menjadi salah satu material yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat saat ini. Dimana material ini paling sering digunakan untuk plafon bagian atap-atap karena dinilai lebih memiliki tampilan modern dan elegan.

Papan gypsum juga memiliki klebihan tersendiri dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya, diantaranya yakni proses pemasangan lebih mudah, waktu pengerjaan lebih cepat, permukaan kuat dan tahan lama, aman dari sertangan rayap dan kumbang bubuk serta harganya juga lebih terjangkau.

Selain digunakan untuk plafon, gypsum juga banyak digunakan sebagai partisi atau sekat ruangan. Sekat ruangan menggunakan gypsum ini sering diterapkan di perkantoran, sekolah, rumah sakit dan lainnya. Walaupun papan gypsum ini memiliki kelebihan, kalian juga harus mengerti apa saja kekurangan yang dimilikinya.

Kekurangan dari papan gypsum ini salah satunya adalah mudah mengalami retak rambut. Hal ini tentu ada penyebabnya, dan daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai penyebab dan cara memperbaiki papan gypsum retak rambut yang telah kami siapkan berikut ini.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Papan Gypsum Retak Paling Mudah

Cara Memperbaiki Papan Gypsum Retak

Retak rambut pada papan gypsum ini tentu sangat mengganggu tampilan dinding atau plafon dirumah kita, namun hal ini dapat kita perbaiki dengan cukup mudah. Sebelum ke langkah perbaikan alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab mengapa papan tersebut mengalami retak rambut.

Retak rambut tersebut juga bisa membesar jika dibiarkan tanpa diperbaiki dengan cepat. Nah untuk penyebabnya ada beberapa yang dapat kalian simak berikut ini;

Penyebab dan Cara Memperbaiki Retak Rambut pada Papan Gypsum

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada 3 faktor utama yang dapat kalian ketahui berikut ini:

Kualitas Material

Banyak sekali produsen yang memproduksi papan gypsum saat ini. Jadi jangan heran jika kualitas dari setiap produk yang dibuat masing-masing produsen memiliki kualitas yang berbeda-beda. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa papan gypsum memiliki tingkat muai dan susut tertentu.

Papan gypsum mungkin akan memuai pada saat musim penghujan sehingga ukurannya dapat bertambah panjang. Dan sebalik pada musim kemarau ukuran papan akan memendek, memanjang dan seterusnya. Hal inilah yang kadang menjadi pemicu awal terjadinya keretakan pada papan gypsum tersebut.

Teknik Penyambungan

Papan gypsum dibuat dengan ukuran dan panjang beragam. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan atau bidang kerja yang cukup luas, kita dapat melakukan penyambungan papan gypsum. Penyambungan ini harus dilakukan dengan baik dan benar oleh ahlinya karena jika salah nantinya akan memicu terjadinya keretakan pada papan tersebut.

Kondisi tersebut terjadi akibat efek muai dan susut pada gypsum sehingga menarik sambungannya dan muncul cracking yang berukuran tipis sekali. Namun lama kelamaan retak ini dapat bertambah besar jika terjadi efek muai dan susut karena pengaruh cuaca.

Keahlian Pekerja

Upaya yang dapat kita lakukan untuk menghindari retak pada sambungan papan gypsum adalah mengaplikasikan pita kertas untuk memperkuat penyambungan yang menggunakan produk compound. Namun tak sedikit pekerja yang justru hanya menggunakan pita kain sebagai penguatnya.

Walaupun pekerjaan dapat menjadi lebih mudah, akan tetapi penggunaan pipa kain ini tidak kami sarankan karena tidak memiliki kekuatan yang cukup baik untuk mencegah keretakan pada sambungan papan gypsum. Lama kelamaan sambungan papan tersebut pasti akan retak karena menggunakan pita kain.

Penggunaan pita kertas ini kerap dihindari oleh para pekerja karena pemasangannya yang cukup rumit. Setidaknya penggunaan pita kain memang jauh lebih mudah diaplikasikan. Kami lebih menyarankan untuk menggunakan pita kertas walaupun pemasangan begitu rumit akan tetapi hasilnya dapat lebih maksimal.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai penyebab dan cara memperbaiki papan gypsum retak rambut yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara mengatasi tembok retak yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua