12 Cara Memperbaiki Pipa Bocor & Ketahui Penyebabnya

Cara Memperbaiki Pipa Bocor – Setiap rumah pastinya telah dipasangi pipa-pipa untuk saluran air. Saluran tersebut juga terhubung ke beberapa tempat seperti kamar mandi, kolam ikan, tempat cuci piring dan beberapa tempat lainnya yang kadang diperlukan adanya air.

Nah pada saat pemasangan saluran air ini terkadang ada beberapa kasus yang menyebabkan pipa tersebut menjadi bocor. Hal ini sudah pasti akan merepotkan, terlebih jika kebocoran terjadi pada tempat yang sulit untuk dijangkau seperti dibawah keramik atau lainnya yang mengharuskan kita untuk membongkarnya.

Berbicara mengenai pipa bocor, disini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana mengetahui penyebab pipa bocor dan bagaimana cara memperbaiki pipa bocor tersebut. Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki kebocoran atau air yang rembes pada pipa tersebut.

Sebelum melakukan perbaikan juga kita harus mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara memperbaiki pipa bocor yang dapat kalian simak berikut ini.

Cara Memperbaiki Pipa Bocor & Ketahui Penyebabnya

Cara Memperbaiki Pipa Bocor

Penyebab Pipa Bocor

Proses Korosi

Terkadang kualitas pipa tidak mungkin akan selamanya bertahan dengan baik. Salah satu yang umum terjadi adalah korosi. Korosi sendiri merupakan hal yang tidak bisa dihindari terlebih jika pipa tersebut sudah berumur puluhan tahun. Proses korosi umumnya sulit untuk dideteksi, lama kelamaan akan membentuk bukaan yang berujung terjadi kebocoran pada pipa saluran air.

Disamping dipengaruhi oleh umur, senyawa kimiawi yang ada di dalam air juga turut diperhatikan, mineral dan pH yang tidak seimbang akan mempercepat proses korosi tersebut. Jika sudah seperti ini kita mau tidak mau harus mengganti pipa tersebut dengan pipa yang baru.

Penyumbatan

Penyumbatan juga menjadi salah satu penyebab mengapa pipa mengalami kebocoran. Penyumbatan pada bagian yang memiliki tekanan air tinggi sangat berpotensi menyebabkan keretakan pada pipa dan berujung kebocoran. Inilah yang perlu kalian waspadai dan jangan lupa untuk selalu mengecek saluran air ketika terjadi penyumbatan.

Tekanan Air

Jangan terlalu terlena dengan kenyamanan akan tingginya tekana air yang ada di rumah. Hal ini mungkin akan menjadi hal yang dapat menimbulkan resiko keretakan pada pipa saluran. Apabila terjadi keretakan maka hal seperti kebocoran akan sulit untuk dihindari. Atur tekanan air di rumah agar tetap dalam batas wajar.

Kualitas Plester Tembok

Kasus yang satu ini memang cukup umum, dimana plester tembok yang digunakan memiliki kualitas yang buruk dan terlalu keras menekan permukaan pipa saluran. Pipa yang tertekan lama kelamaan akan retak dan tidak menutup kemungkinan pipa akan pecah. Nah disinilah biasanya kebocoran sudah mutlak terjadi.

Jenis Pipa

Pengunaan jenis pipa yang buruk juga dapat menjadi penyebab pipa mengalami kebocoran. Maka dari itu usahakan untuk selalu menggunakan pipa dengan kualitas yang sangat baik agar awet dan tidak mengalami kebocoran.

Bergesernya Pipa

Bergesernya pipa juga dapat disebabkan oleh banyak hal seperti pondasi rumah yang kurang kokoh, erosi, bencana alam seperti banjir atau gempa bumi. Sebelum mengalami kebocoran, biasanya kalian akan menemukan kasus seperti rendahnya tekanan air, keruhnya warna air dan terkadang terdengar bunyi air mengalir dari balik tembok rumah.

Buruknya Kualitas Pemasangan

Pemasangan pipa saluran air alangkah baiknya menggunakan jasa pemasangan yang profesional agar hasilnya juga maksimal. Jika pemasangan awal sudah kurang maksimal, sudah barang pasti pipa akan mudah mengalami kebocoran.

Alat yang Dibutuhkan

Setelah kita mengetahui penyebab kebocoran pada pipa saluran air yang ada di rumah kita, maka langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki kebocoran pada pipa. Alat-alat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pipa PVC
  • Lem PVC
  • Sealtape
  • Gergaji
  • Palu/Bor

Cara Memperbaiki Pipa Bocor Paling Mudah

Untuk perbaikan pipa bocor ini harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Jika kalian ragu untuk memperbaikinya sendiri, kalian dapat menghubungi jasa pemasangan pipa atau perbaikan pipa bocor yang profesional. Langkah-langkah perbaikannya adalah berikut ini:

Ketahui Sumber Kebocoran

Dengan kita mengetahui dimana lokasi kebocoran pipa, maka kita akan dengan mudah untuk melakukan perbaikannya. Ketahui juga mana lokasi rembesan air dari pipa yang bocor tersebut, jika berada di bawah lantai keramik kalian dapat menuangkan peluruh nat keramik untuk memastikan area kebocoran pipa yang ditanam di bawah lantai. Jika muncul air dari nat keramik ketika pompa dinyalakan, maka sudah dapat dipastikan bahwa area tersebut ada kebocoran.

Bongkar Dinding/Lantai

Jika pipa berada di dalam tembok atau dinding, maka biasanya akan lebih mudah terlihat. Kalian dapat membongkar dinding dimana titik kebocoran terlihat. Gunakan palu atau bor dengan hati-hati agar kebocoran tidak melebar ke pipa bagian lainnya.

Perhatikan Kondisi Pipa yang Bocor

Sebelum kita melakukan pembongkaran dan menambal pipa yang bocor, sebaiknya perhatikan lebih dulu kondisi pipa tersebut apakah sudah perlu diganti atau hanya cukup ditambal saja. Apabila sumber kebocoran ada pada sambungan maka kita dapat mengganti sambungan pipa dengan yang baru.

Jangan lupa juga untuk memberikan sealtape pada bagian sambungan agar tidak mudah terjadi kebocoran di kemudian hari. Dan apabila kebocoran terjadi karena pipa yang pecah maka kita harus mengganti pipa tersebut dengan yang baru.

Tambal Pipa atau Sambung Pipa yang Bocor

Jika lubang kebocoran pada pipa hanya sedikit maka kita dapat menambalnya tanpa harus memotong pipa tersebut. Kalian cukup memotong pipa baru dengan bentuk huruf U dengan ukuran yang lebih besar agar dapat menutup semua area kebocoran.

Oleskan juga lem PVC pada kedua bagian dan tempelkan pada pipa yang bocor tersebut. Tahan posisi beberapa saat agar lem menempel dengan sempurna. Nah jika kebocoran pada pipa cukup besar, kalian dapat memotong pipa tersebut dan kemudian sambung dengan pipa baru.

Untuk sambungan pipa yang memiliki drat, kalian cukup menggunakan sealtape untuk membuat sambungan kencang dan kuat. Jika sambungan tidak memiliki drat maka kalian dapat menggunakan lem di sekeliling permukaan yang akan disambung dan tahan sampai lem merekat sempurna.

Pastikan dan Cek Bahwa Pipa Sudah Aman dari Kebocoran

Dan yang terakhir adapa dengan memastikan jika sambungan dan tambalan sudah dilakukan dengan sempurna. Kalian dapat mencoba untuk menyalakan pompa untuk mengetes apakah pipa sambungan atau tambalan sudah aman dari kebocoran. Nah itulah pembahasan lengkap mengenai cara memperbaiki pipa bocor dan juga cara menambal pipa yang pecah.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara mengatasi dinding retak yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua