10 Cara Mencerahkan Ruangan Gelap Agar Terang & Nyaman Ditempati

Cara Mencerahkan Ruangan Gelap – Memiliki ruangan atau interior rumah yang terang memang menambah rasa betah. Namun perlu kalian ketahui juga bahwa tidak setiap ruangan memiliki pencahayaan yang baik. Posisi ruangan yang terhalang oleh tembok, sekat partisi atau ruangan yang tidak dilengkapi jendela tentu akan menjadikan ruangan tersebut kurang pencahayaan alami.

Jika sudah demikian, biasanya ruangan menjadi gelap dan kurang nyaman untuk ditempati. Desain interior yang gelap dan minim cahaya juga kurang menarik untuk dipandang karena memiliki kesan seram dan lembab. Ruangan lembab juga nantinya dapat memjadi penyebab tembok lembab atau bahkan mampu membuat TEMBOK RETAK.

Berbicara mengenai interior yang gelap akibat kurangnya pencahayaan, disini kami akan memberikan tips untuk mencerahkan ruangan gelap agar nyaman ditempati. Penggunaan jendela di setiap ruangan terkadang penting, selain dapat menjaga sirkulasi udara yang masuk ke ruangan, pencahayaan alami pada siang hari juga dapat lebih maksimal.

Selain itu, pada malam hari kalian dapat memasang lampu dengan pencahayaan yang lebih terang. Masih banyak lagi tips dan cara mencerahkan ruangan gelap agar terang dan nyaman ditempati. Lebih jelasnya langsung saja simak informasi yang telah bursabajaringan rangkum berikut ini.

Cara Mencerahkan Ruangan Gelap Agar Terang & Nyaman Ditempati

Cara Mencerahkan Ruangan Gelap

Pilih Warna Dinding yang Tepat

Pilihan Warna Dinding

Pertama kalian dapat memadu padankan warna yang tepat untuk ruangan tersebut. Pilihan warna cat atau wallpaper yang terang dengan warna putih dan beige dapat menjadi opsi pertama kalian agar ruangan terlihat lebih terang dan cerah. Dominasi warna cerah juga mampu membantu memberikan kesan cerah di ruangan tersebut. Hindari juga desain interior dengan tembok unfinished atau dibiarkan tanpa cat dan penggunaan cat berwarna gelap seperti abu-abu dan biru tua.

Warna Gorden

Warna Gorden

Selain pemilihan warna cat yang tepat, penggunaan gorden dengan warna cerah juga mampu menjadikan ruangan terlihat lebih cerah. Kami menyarankan untuk menggunakan gorden dengan warna terang seperti beige, putih, krem dan sebagainya. Jika cahaya terlalu minim, kalian juga dapat membiarkan jendela hanya ditutup dengan gorden tembus pandang atau bitrase agar cahaya dapat masuk dengan maksimal.

Letakkan Cermin

Letakkan Cermin

Disamping mampu memberikan kesan luas, cermin juga dapat membantu memberikan kesan terang pada interior ruangan di rumah kalian. Letakkan cermin di area yang mendapat berkas sinar matahari terpantul dan menerangi seluruh ruangan. Kalian dapat memilih cermin tanpa bingkai untuk memaksimalkan fungsinya memantulkan cahaya.

Pilihan Furnitur

Hindari Penggunaan Furnitur Besar

Hindari juga penggunaan furnitur besar atau bulky sebagai pengisi ruangan tersebut. Furnitur ramping lebih terkesan simpel sehingga ruangan tidak terasa sesak. Pilih juga furnitur denganw arna yang terang agar ruangan dapat terlihat lebih cerah.

Gunakan Karpet dengan Warna Cerah

Gunakan Karpet Warna Cerah

Cara mencerahkan ruangan gelap yang selanjutnya adalah dengan pemilihan karpet dengan warna yang terang. Jika material lantai ruangan tersebut berwarna gelap, kalian dapat menggunakan karpet tersebut. Namun jika kalian memiliki budget lebih, kalian dapat mengganti lantai ruangan dengan warna yang lebih cerah, contohnya LANTAI GRANIT tile yang berwarna putih.

Penggunaan Lampu Dekoratif

Lampu Dekoratif

Penggunaan lampu dekoratif saat ini juga banyak digunakan oleh orang-orang. Dimana pemasangan lampu dekoratif juga dapat menjadikan ruangan lebih cerah. Standing lamp, spotlight ataupun lampu gantung dapat menjadi opsi kalian dalam pemilihan lampu untuk menerangi ruangan tersebut. Pantulkan juga pencahayaan lampu ke dinding dan plafon, dengan begitu ruangan akan terasal lebih terang.

Kurangi Pajangan Dinding

Kurangi Pajangan Dinding

Kurangi juga pajangan atau aksesoris dinding pada ruangan tersebut. Sering kali pemilik rumah tidak menyadari jika banyaknya pajangan dinding ini mampu membuat ruangan terasa lebih gelap.

Hindari Sekat Ruangan

Hindari Sekat Ruangan

Dan yang terakhir kalian dapat mengurangi sekat masif antar ruang untuk mengurangi kesan gelap. Kalian dapat mengubah dinding dengan rak pembatas atau menggantinya dengan pintu kaca. Dengan begitu cahaya dari ruangan lain dapat masuk dan membantu pencahayaan di ruangan tersebut.

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara mencerahkan ruangan gelap. Hanya ini saja yang dapat bursabajaringan.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua