11 Cara Mengatasi Dak Bocor dan Rembes dari Bawah & Atas

Cara Mengatasi Dak Bocor – Rumah dengan menggunakan dak beton pada bagian atap memang lebih banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. Selain kuat dan juga kokoh, biaya yang diperlukan untuk membuat dak beton juga dinilai lebih terjangkau dibandingkan dengan menggunakan rangkaian atap kayu atau bajaringan.

Namun disini kalian perlu mengetahui ada beberapa kekurangan penggunaan dak beton, salah satunya adalah mudah mengalami kebocoran atau rembes ketika hujan. Terlebih jika dak tersebut tidak kita aplikasikan car pelapis anti bocor atau waterproofing.

Tujuan penggunaan lapisan ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang untuk menjaga agar tidak terjadi rembes dan kebocoran pada dak beton rumah mereka. Lalu jika sudah terjadi kebocoran, bagaimana cara mengatasi kebocoran pada dak beton tersebut?

Pertama kita dapat mengetahui apa saja penyebabnya terlebih dahulu. Jika sudah mengetahuinya maka barulah kita dapat memperbaikinya. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara mengatasi dak bocor dan rembes dari bawah dan atas yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Mengatasi Dak Bocor dan Rembes dari Bawah & Atas

Cara Mengatasi Dak Bocor

Penyebab Dak Menjadi Bocor

1. Perlu kalian ketahui bahwa atap dak beton ini menggunakan campuran yang terdiri dari adonan pasir, semen dan batu split. Jika komposisi tersebut tidak menyatu dengan sempurna maka akan mengakibatkan daya taha beton menjadi kurang sehingga dapat mengalami kebocoran.

2. Penyebab yang kedua adalah sering terjadi pergerakan struktur bangunan atau pondasi yang menyebabkan struktur dak beton menjadi terganggu atau bahkan dapat menyebabkan terjadinya keretakan pada dak tersebut.

3. Karena beton belum kering sempurna, akan tetapi sudah digunakan untuk meletakkan barang dengan bobot berat yang melebihi daya dukung plat beton.

4. Ketebalan dak beton yang terlalu tipis sehingga daya tahan yang dimiliki menjadi kurang maksimal.

5. Adanya genangan air sehingga air dapat rembes ke dalam dak beton

6. Tidak adanya lapisan yang melindungi dak beton. Disini kalian dapat menggunakan cara pelapis anti bocor atau waterproof.

7. Jika ada saluran air dalam struktur dak beton dan saluran tersebut bocor, maka sudah dipastikan akan merembes ke bagian bawah.

Nah setelah kita mengetahui apa saja penyebab terjadinya kebocoran pada dak beton ini, maka langkah selanjutnya adalah memperbaikinya. Dibawah ini kami telah menyiapkan 2 cara, yakni mengatasi kebocoran dak beton bagian atas dan bagian bawah. Seperti apa langkahnya mari kita simak berikut ini.

Cara Mengatasi Dak Bocor Bagian Atas

Dalam hal ini kita lebih baik untuk memperbaiki kebocoran pada bagian atas dak beton terlebih dahulu. Bagaimana langkahnya mari kita simak dibawah ini:

  • Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan memeriksa kondisi dak beton dan letak dimana terjadi kebocoran.
  • Setelah diketahui lokasi kebocoran tersebut, kalian dapat membersihkannya terlebih dahulu dengan sikat atau kape. Jika terjadi keretakan kalian dapat menambalnya dengan adukan semen yang ditambah dengan cairan penguat semen agar memiliki daya rekat tinggi. Pastikan juga semua bagian sudah tertutup oleh semen, dan biarkan hingga benar-benar mengering.
  • Setelah benar-benar kering, kalian dapat melapisi tambalan tersebut dengan waterproofing dan juga serat fiber agar benar-benar kuat.
  • Lalu lapisi kembali dengan waterproofing dengan merata.
  • Setelah mengering sempurna, lakukan pelapisan sekali lagi untuk hasil yang maksimal.

Cara Mengatasi Dak Bocor Bagian Bawah

Setelah kita selesai melakukan perbaikan pada bagian atas dak beton. Selanjutnya kita dapat memperbaiki bagian bawahnya. Seperti apa caranya mari kita simak langkahnya berikut ini:

  • Langkah pertama bersihkan terlebih dahulu bagian plafon dari kotoran dan debu dengan menggunakan alat sikat atau kape.
  • Jika menemukan jamur, kalian dapat menggunakan cairan fungisida yang dapat membunuh jamur dan lumut.
  • Lapisi plafon dengan alkali sealer atau cat dasar agar pengecetak dak beton yang bocor tidak belang-belang.
  • Tunggu sampai benar-benar mengering kurang lebih 1-2 jam.
  • Lalu lakukan cat ulang plafon yang bocor dengan rata, lakukan pelapisan cat hingga 2 kali agar maksimal.
  • Gunakan juga cat waterproffing terbaik agar hasilnya maksimal, kami menyarankan untuk menggunakan cat no drop yang sudah jelas teruji kualitasnya.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara mengatasi dak beton yang bocor pada bagian atas dan bawah. Selain itu kalian juga dapat mengetahui apa saja penyebab terjadinya dak beton bocor.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara memperbaiki tembok retak yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua