9 Cara Mengatasi Dinding Rembes Saat Musim Hujan Datang

Cara Mengatasi Dinding Rembes – Kalian pasti sering menemui dinding rumah kita yang lembab dan rembes bukan? Jika demikian tentu akan sangat menjengkelkan, terlebih dinding tersebut terletak diruangan yang mudah sekali dilihat oleh kita, seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

Jika kalian menemui hal seperti ini, kalian tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi dinding rumah yang rembes. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan, dan disini akan kami bahas secara mendetail dan lengkap tentunya.

Dinding rembes biasanya terjadi ketika musim penghujan. Dimana jika dibiarkan tentu akan menjadi lembab dan menyebabkan dinding mudah terserang jamur. Disamping itu juga dinding akan terlihat kurang indah dipandang, mengeluarkan aroma tidak sedap yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebelum kalian mengetahui cara mengatasinyal, kalian juga dapat terlebih dulu untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab dinding rembes. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara mengatasi dinding rembes dan penyebabnya berikut ini.

Cara Mengatasi Dinding Rembes Saat Musim Hujan Datang

Cara Mengatasi Dinding Rembes

Penyebab Dinding Rumah Rembes

Sebelum kepembahasan utama, mengetahui penyebab dinding rembes adalah jalan pertama kita untuk memperbaiki dinding yang rembes tersebut. Apa saja penyebabnya, langsung saja kita simak dibawah ini:

Dikelilingi Area yang Basah

Kelembaban tinggi yang ada di sekitar dinding rumah inilah yang biasanya menjadi faktor mengapa dinding rumah menjadi mudah rembes oleh air ketika musim penghujan tiba. Kelembaban ini juga terjadi karena ada ruang yang dikelilingi oleh area basah dan berair, seperti kamar mandi salah satunya.

Jika hal ini dibiarkan tentu akan menjadikan dinding atau tembok retak yang menyerupai helaian rambut atau biasa disebut dengan retak rambut.

Proses Pengacian Dinding Kurang Maksimal

Kedua adalah proses pengacian yang kurang maksimal atau belum sempurna (tidak sepenuhnya kering). Pengeringan acian biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 7 hari. Untuk itu, sebelum melakukan pengecatan pada dinding, pastikan terlebih dahulu jika dinding tersebut benar-benar sudah kering.

Talang Air Bocor

Dan penyebab yang terakhir biasanya karena dak beton atau talang air mengalami kebocoran. Hal ini mengakibatkan dinding mudah rembes karena curah hujan yang tinggi dalam durasi yang lama sehingga air masuk melalui celah-celah dinding rumah.

Cara Mengatasi Dinding Rembes Paling Mudah

Setelah kita mengetahui penyebabnya, langkah selanjutnya adalah mengatasi atau memperbaiki dinding yang rembes tadi. Caranya dapat kalian simak berikut ini.

Lakukan Pengecatan Kembali

Cara yang pertama adalah dengan melakukan pengecatan kembali pada dinding yang rembes. Biasanya dinding tersebut retak seperti helaian rambut. Sebelum kalian melakukan pengecatan juga pastikan terlebih dahulu untuk mengelupas sisa cat yang menempel dan membersihkannya dari permukaan.

Jangan lupa juga beri komponen waterproffing pada dinding yang dapat berperan sebagai penghalang air yang rembes pada dinding. Jika sudah kalian dapat langsung melakukan pengecatan.

Perhatikan Sirkulasi Udara di Rumah

Kalian juga dapat memastikan jika rumah kalian memilikki ventilasi udara yang cukup. Dengan udara yang cukup dan baik dirumah tentu akan membuat dinding tidak mudah lembab karena sering terkena sinar matahari dan angin.

Beri Lapisan Waterproofing Pada Dinding yang Rembes

Biasanya tembok kamar mandi yang sering mengalami rembes. Nah disini kalian dapat menggunakan waterproofing pada permukaan dinding yang dicampur dengan komponen lain serta acian. Setelah teksturnya menyerupai acian, kalian dapat oleskan dengan alat bantu kape pada dinding yang rembes.

Tunggu beberapa hari hingga tembok kering, setelah itu kalian dapat melakukan acian pada dinding dan kemudian lakukan pengecatan ulang.

Memperbaiki Talang Air

Penyebab dinding rembes adalah karena talang air yang mengalami kebocoran. Nah disini kalian dapat langsung memperbaiki talang air yang bocor dengan cara menambalnya dengan lem khusus talang air atau sejenisnya yang dapat digunakan untuk menambal.

Pastikan Pengacian Dinding Benar-benar Kering

Kalian dapat melakukan plester dan pengacian ulang pada dinding bagian luar yang rembes. Kemudian tambahkan waterproofing agar lebih aman. Setelah selesai, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi dinding bagian dalam.

Tingkatkan Kualitas Plester dan Acian

Dan cara mengatasi dinding rembes yang terakhir adalah dengan  meningkatkan kualitas plester dan acian serta pengecatan ulang. Jangan lupa juga untuk melakukan pengelupasan cat yang lama baru kemudian menggantinya dengan metode transram.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki dinding rembes. Selain itu kami juga memberikan pembahasan mengenai apa penyebab dinding rembes yang perlu kalian ketahui. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara memperbaiki genteng bocor dipsotingan sebelumnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua