7 Cara Mengatasi Pipa Mampet Paling Ampuh dan Cepat Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Pipa Mampet – Kalau anda sekarang sedang mengalami masalah soal saluran pipa mampet di WC, Wastafel ataupun saluran pembuangan. Maka anda tidak salah untuk membaca informasi yang kami bagikan kali ini. Dimana kami disini akan memberitahukan cara paling ampuh untuk mengatasi pipa mampet untuk WC, Wastafel atau saluran pembuangan cucian piring.

Memang hal yang menjengkelkan jika pipa pembuangan di rumah mengalami mampet ataupun tersumbat. Karena itu akan membuat aliran air pembuangan tidak lancar dan bisa menjadi penyakit serta bau busuk di rumah. Sehingga anda harus cepat untuk mengatasi pipa mampet tersebut.

Cara mengatasi pipa mampet ini terbilang cukup banyak dan bisa anda lakukan dengan mudah. Ada yang menggunakan bahan-bahan kimia ada juga yang menggunakan cara non bahan kimia. Kalaupun anda tidak ada waktu membeli bahan kimia untuk mengatasi pipa mampet, maka anda bisa melakukan cara mengatasi pipa mampet dengan bahan yang ada dirumah.

Perlu diperhatikan juga sebelum melakukan cara mengatasi pipa mampet ini. Anda harus tahu pipa pembuangan air yang mampet tersebut menggunakan bahan atau jenis pipa aja. Agar nantinya ketika membersihkan ataupun mengatasi pipa tersebut tidak membuat pipa pembuangan anda rusak.

Cara Mengatasi Pipa Mampet Paling Ampuh dan Cepat

Cara Mengatasi Pipa Mampet Paling Ampuh dan Cepat

Cara Mengatasi Pipa Mampet Paling Ampuh dan Cepat

1. Kabel Auger

Kabel Auger

Anda bisa mengatasi pipa mampet dengan menggunakan kabel auger yang panjangnya menyesuaikan dengan panjang saluran pipa pembuangan yang mampet. Pertama masukkan ujuang kabel ke pipa yang mampet. Lalu dorong memutar setelah itu tarik kembali kabel auger tersebut. Ulangi secara berkali-kali sampai sumbatan yang membuat pipa mampet sudah terdorong keluar ataupun sudah tidak ada lagi.

Baca  3 Cara Pasang Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

2. Cuka dan Soda Kue

Cuka dan Soda Kue

Jika di rumah anda memiliki cuka dan soda kue, maka anda bisa menggunakan bahan tersebut untuk mengatasi pipa mampet. Pertama anda siapkan cuka putih dan juga baking soda. Lalu kuras pipa yang mampet sampai tidak ada genangan di mulut pipa. Kemudian anda tuangkan baking soda beberapa sendok, baru setelah itu tuangkan cuka secara perlahan-lahan. Cuka dan Soda Kue ini bisa menghancurkan gumpang penyumbat yang ada di pipa pembuangan.

3. Karet Penyedot

Karet Penyedot

Biasanya alat penyedot yang berbahan karet ini tersedia di toko-toko bangunan. Untuk caranya, anda harus kuras dulu saluran mampet lalu taruh karet penyedot ini di lubang saluran yang mampet dan pastikan rapat agar nantinya daya sedotnya maksimal. Kalau masih ada rongga udara, maka anda bisa menutupinya dengan kain. Jika sudah maka anda tinggal memompa pipa yang tersumbat itu berkali-kali sampai pipa tidak mampet lagi.

4. Garam

Garam

Garam bisa mengatasi saluran pipa pembuangan yang mampet, caranya adalah siapkan 1/2 kg garam dapur dan 5 liter air panas. Jika sudah larus maka anda tuangkan larutan garam tersebut ke saluran yang tersebut secara perlahan-lahan. Kemudian tunggu 3 jam setelah itu anda coba masukkan air ke pipa yang mampet tersebut apakah sudah lancar atau belum.

5. Air Mendidih

Air Mendidih

Perlu diketahui bahwa cara mengatasi pipa mampet ini dikhususkan untuk pipa yang berbahan besi ataupun logam. Jangan gunakan cara ini untuk pipa PVC yang berbahan plastik. Caranya anda bisa menyiapkan 1 panci air yang mendidih. Lalu masukkan air mendidih tersebut secara perlahan-lahan ke pipa yang mampet tersebut. Cara ini sangat mudah dan cepat untuk mengatasi pipa mampet karena sumbatan sabun, rambut ataupun timbunan bahan-bahan lainnya yang ada di pipa pembuangan.

Baca  Cara Menghitung Tinggi Atap Rumah Yang Benar dan Tepat

6. Pembersih Bahan Kimia

Pembersih Bahan Kimia

Pembersih bahan kimia yang dapat mengatasi pipa mampet sekarang sudah tersedia di banyak tok0-toko bangunan ataupun minimarket. Anda cukup tuangkan pembersih bahan kimia tersebut ke pipa yang mampet dan tunggu beberapa menit lalu anda baru siramkan air ke pipa yang tersumbat.

7. Jus Lemon

Jus Lemon

Bisa dikatakan cara mengatasi pipa mampet ini masuk ke kategori alami dan aman. Pertama anda siapkan campuran jus lemon dengan baking soda. Tuangkan campuran tersebut ke pipa pembuangan, lalu diamkan selama 30 menit setelah itu taburkan baking soda tinggal tinggalkan 1 malam. Baru besoknya anda bisa bilas pipa tersebut dengan air panas.

Cara mengatasi pipa mampet yang kami sampaikan diatas sudah terbukti sangat ampuh dan cepat mengatasi saluran pipa pembuangan yang mancet atau mampet. Silahkan anda praktekkan sendiri di rumah dan lihat hasilnya. Semoga informasi ini bisa membantu anda mengatasi saluran pipa yang mampet.