15 Cara Mengatasi Pondasi Rumah Amblas Paling Mudah

Cara Mengatasi Pondasi Rumah Amblas – Seperti kita ketahui bahwa pondasi merupakan aspek utama dari pendirian sebuah bangunan. Maka dari itu, hal ini perlu perhatian khusus saat membuat pondasi rumah. Walaupun demikian, nyatanya banyak juga rumah atau bangunan yang mengalami masalah pondasi amblas.

Umumnya ada beberapa penyebab yang membuat pondasi menjadi amblas, seperti kondisi tanah yang tidak stabil, goncangan kendaraan berat yang kerap melintas di sekitar rumah hingga kesalahan fatal ketika perncangan pondasi pada saat membangun rumah, selain itu juga kesalahan dalam memilih lokasi rumah.

Berbicara mengenai pondasi rumah amlas, disini kami akan membahas mengenai apa saja penyebab pondasi rumah menjadi amblas dan bagaimana cara mengatasi pondasi rumah amblas dengan baik dan benar. Pemilihan lokasi merupakan hal yang utama dalam hal pondasi agar pondasi menjadi awet dan tahan lama.

Kemudian penggunaan material serta campuran adonan untuk pondasi juga harus benar-benar diperhatikan jika tidak ingin hal-hal demikian terjadi pada rumah kalian. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara mengatasi pondasi rumah amblas yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Mengatasi Pondasi Rumah Amblas Paling Mudah

Cara Mengatasi Pondasi Rumah Amblas

Penyebab Pondasi Amblas

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat pondasi rumah amblas, selain penyebab diatas ada beberapa penyebab lain yang dapat kalian ketahui berikut ini.

  • Kondisi tanah yang labil
  • Tekstur tanah yang tidak stabil
  • Daya dukung tanah terlalu lemah
  • Beban bangunan terlalu berat
  • Pondasi tidak sesuai dengan bangunan
  • Tidak dilakukan pengerasan tanah
  • Tanah urug belum mengeras sempurna
  • Pembuatan pondasi yang asal-asalan
  • Pemilihan pondasi tidak tepat
  • Hujan yang menggurus terus-menerus

Cara Mengatasi Pondasi Rumah Amblas

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab pondasi menjadi amblas, langkah selanjutnya adalah dengan memperbaikinya. Untuk perbaikan, kalian tentu membutuhkan tukang yang sudah ahli dalam hal ini. Secara umum, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi pondasi amblas.

1. Pertama pastikan dimana lokasi pondasi yang amblas, kemudian angkat bagian lantai yang amblas termasuk adukan semen dan timbunan tanah sehingga permukaan dasar tanah terlihat.

2. Pondasi tanah yang amblas biasanya memiliki permukaan tanah yang lembek. Maka dari itu kalian perlu memadatkan tanah tersebut dengan cara di press atau dengan menambahkan batu kerikil untuk memadatkan tanah tersebut.

3. Setelah kondisi tanah dinilai sudah padat dan tidak lembek, kalian dapat menaburkan pasir hingga merata dengan ketebalan kurang lebih 10 cm. Jangan lupa juga untuk menyiram pasti dengan air agar lapisannya semakin padat dan kuat.

4. Langkah selanjutnya pasang kembali lantai lama ke pondasi yang sudah diperbaiki. Jika kalian menggunakan lantai lama, pastikan terlebih dahulu bahwa lantai telah bersih dari lapisan perekat terdahulu. Apabila kalian menggunakan lantai baru maka kalian tinggal menempelkan saja dengan menggunakan perekat.

5. Perekat lantai yang digunakan dapat dibuat dengan cara mencampurkan semen lalu pasir dengan perbandingan 1 : 2. Setelahnya letakkan perekat tadi diatas lapisan pasir yang sudah memadat. Ratakan perekat dan letakkan lantai dengan rapi diatasnya dan pastikan juga permukaan lantai rata.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki pondasi rumah yang amblas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara memperbaiki lantai beton retak yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua