8 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Paling Mudah

Cara Menghilangkan Karat pada Besi – Setiap orang tentu sudah pasti memiliki peralatan rumah tangga dengan bahan besi. Terkadang penggunaan alat besi yang lama memang kerap kali mengalami adanya karat. Jika sudah demikian maka mau tidak mau kita harus menggantinya dengan yang baru.

Namun perlu kalian ketahui bahwa ada cara mudah yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan karat pada besi yang membandel. Barang logam dan besi yang berkarat tentu ada beberapa penyebabnya, bisa juga karena bahan tersebut memiliki kualitas yang rendah atau juga cara penggunaan yang kurang baik.

Barang-barang yang berkarat bukan berarti harus kita buang dan ganti dengan yang baru. Karena ada beberapa cara efektif yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan karat pada besi dengan cukup mudah. Menghilangkan karat pada besi juga dapat kita lakukan dengan menggunakan barang-barang yang umum kita gunakan sehari-hari.

Seperti contohnya dengan menggunakan amplas, sabun cuci piring, kentang, solar dan masih banyak lainnya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan terlengkap mengenai cara menghilangkan karat pada besi paling mudah yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Paling Mudah

Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Menggunakan Buah Lemon

Cara pertama yang cukup efektif adalah dengan menggunakan cairan-cairan asam seperti salah satunya yakni lemon. Buah lemon terkenal sebagai bahan pembuat cairan pembersih alami yang ampuh untuk membersihkan karat membandel pada besi.

Agar hasilnya maksimal, kalian dapat mencampurkan garam pada cairan tersebut. Pertama kalian dapat melapisi peralatan yang berkarat dengan menggunakan garam, setelah itu siram dengan cairan lemon dan tunggu selama 2 jam, gosok karat sampai hilang lalu bilas dan bersihkan.

Dengan Baking Soda

Selanjutnya kalian dapat menggunakan baking soda. Baking soda memiliki zat asam yang dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan karat pada besi perabotan rumah. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu membuat adonan baking soda menjadi pasta, kemudian tempelkan pada titik yang berkarat.

Diamkan selama beberapa jam dan gosok menggunakan sikat gigi hingga karat benar-benar hilang. Setelah itu kalian dapat membilasnya dengan air hingga bersih.

Cuka Asam

Sama halnya dengan cairan lemon, cuka juga dikenal sebagai cairan pembersih alami yang efektif digunakan untuk membersihkan karat pada besi. Maka dari itu kalian dapat mencoba menghilangkannya menggunakan cuka asam ini.

Untuk barang kecil kalian dapat merendamnya selama satu malam agar mudah dibersihkan. Sedangkan barang berukuran besar, kalian harus merendam kain lap selama semalaman terlebih dahulu barulah besoknya digunakan untuk membersihkan karat dengan cara dilap hingga karat benar-benar hilang.

Asam Sitrat

Asam sitrat sendiri merupakan bahan penghilang karat paling ampuh diantara semuanya. Pertama kalian dapat mencampurkan asam sitrat dengan air hangat. Kemudian rendam barang berkarat selama satu jam. Setelah itu gosok bagian berkarat dengan menggunakan sikat gigi atau sikat lainnya hingga bersih.

Kentang dan Sabun Cuci Piring

Kentang dapat juga kita manfaatkan untuk membersihkan karat yang efektif. Kita dapat menggunakannya untuk membersihkan karat pada barang-barang dari logam polos tak bermotif. Kentang sendiri mengandung asam oksalat dan dapat dicampur dengan sabun cuci piring agar lebihb efektif untuk membersihkannya.

Solar

Bahan lain yang dapat kita gunakan untuk membersihkan karat adalah solar. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu merendam besi berkarat ke cairan solar selama semalam agar karatnya luruh. Esoknya bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan bilas hingga bersih.

Minuman Bersoda

Selain dapat menggunakan cairan baking soda, kita juga dapat menggunakan minuman bersoda. Minuman bersoda memiliki senyawa asam yang tinggi, asam yang terkandung didalamnya ini sangat berkhasiat untuk menghilangkan karat. Kalian hanya perlu menyiram minuman bersoda pada noda karat dan gosok menggunakn spons cuci piring.

Amplas

Penggunaan amplas ini bisa dikatakan bukan cara yang efektif, akan tetapi masih dapat kita gunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Amplas sendiri baiknya digunakan sebagai pelengkap baik sebelum maupun setelah menggunakan cara-cara diatas. Contohnya kita dapat menggunakan amplas sebelum merendam dengan air cuka atau setelahnya.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan karat pada perabotan besi dirumah kalian. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semogan artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara membersihkan lem pada permukaan kayu yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua