10 Cara Menghitung Kebutuhan Bondek Semua Jenis & Ukuran

Cara Menghitung Kebutuhan Bondek – Bondek merupakan salah satu jenis material bahan bangunan yang terbuat dari plat baja berlapis galvalum atau galvanis. Plat tersebut berbentuk lengkungan seperti seng tetapi lengkungan gelombangnya berbentuk persegi sehingga sangat mirip dengan spandek.

Sebagaimana diketahui, plat bondek ini dikenal kuat serta mampu menahan beban cor dak beton bertulang pada rumah bertingkat, entah itu 2 lantai atau bahkan lebih. Salah satu keunggulan dari material ini yaitu sudah tersedia dalam berbagai macam ukuran, baik itu panjang ataupun lebar sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, ketika hendak menggunakan material bondek sebagai bahan cor dak rumah, sebaiknya hitung terlebih dahulu berapa banyak kebutuhannya. Perhitungan ini sangat diperlukan agar nantinya kalian tidak mengalami kelebihan ataupun kekurangan material pada saat proses pembangunan sedang berlangsung.

Namun, bagi sebagian orang yang awam di dunia konstruksi tentunya tidak tahu bagaimana tata cara menghitung kebutuhannya. Jangan khawatir, karena disini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kebutuhan bondek untuk semua jenis serta ukurannya.

Cara Menghitung Kebutuhan Bondek

Keunggulan dan Kelemahan Bondek

Seperti diketahui, hampir semua material bahan bangunan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, salah satunya yaitu bondek. Sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan serta kelemahan bondek.

Keunggulan

  • Mampu mengurangi limbah.
  • Dapat mengurangi jumlah pemakaian besi.
  • Bisa mengurangi jumlah tiang penyangga.
  • Pekerjaan konstruksi bangunan menjadi lebih cepat.
  • Memiliki lekukan dan motif cukup bagus.
  • Hasil akhir bisa lebih rapi.
  • Tahan terhadap api.
  • Memiliki sifat anti karat.

Kelemahan

  • Biaya pemasangannya lebih mahal dibandingkan material cor dak sejenisnya.
  • Memerlukan tahap persiapan lebih lama.
  • Sulit untuk mengidentifikasi kebocoran.
  • Proses pemasangannya memerlukan alat bantu tambahan.
  • Proses pemasangan bondek harus dilakukan oleh tukang berpengalaman.

Ukuran Standar Bondek

Ukuran Standar Bondek

Sebelum membahas cara menghitung kebutuhan bondek lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu berapa ukuran standarnya. Untuk panjang bondek sendiri sebenarnya dapat disesuaikan dengan pesanan konsumennya, seperti 3 meter, 4 meter, 5 meter, 6 meter serta maksimal 8 meter.

Sementara untuk lebar bondek juga cukup bervariasi, mulai dari 60 cm, 70 cm, 80 cm hingga 1 meter. Namun, lebar bondek yang kerap digunakan pada konstruksi bangunan bertingkat yaitu ukuran 1 meter karena dinilai menjadi ukuran paling ideal.

Selain itu, material bondek juga memiliki ketebalan cukup beragam, seperti 0,65 mm, 0,70 mm serta 0,75 mm. Sebenarnya ketebalan bondek tidak akan mempengaruhi volume luas satuan per lembar, hanya saja bisa disesuaikan dengan aplikasi cor beton bertulang.

Rumus Menghitung Kebutuhan Bondek

Rumus Menghitung Kebutuhan Bondek

Secara umum, tata cara menghitung kebutuhan bondek sebagai material utama dalam cor dak rumah bertingkat ini cukup mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, agar mendapatkan hasil lebih akurat, tentunya dibutuhkan adanya rumus perhitungan sesuai SNI. Daripada penasaran, berikut adalah rumus perhitungannya.

Kebutuhan Bondek : Panjang Area x Lebar Area ÷ 8

Catatan : Angka 8 merupakan ukuran luas paling maksimal untuk bondek per lembar.

Cara Menghitung Kebutuhan Bondek

Cara Menghitung Kebutuhan Bondek Semua Jenis

Setelah mengetahui rumus perhitungannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagai mana tata cara menghitungnya. Sebagai contoh kalian akan melakukan cor dak bondek pada rumah dengan panjang 20 meter serta lebar 10 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang cor dak bondek : 20 meter.
  • Lebar cor dak bondek : 10 meter.

Perhitungan :

  • Kebutuhan bondek : Panjang area x Lebar area ÷ 8.
  • Kebutuhan bondek : 20 m x 10 m ÷ 8 = 25 lembar.

Dari data perhitungan di atas, total kebutuhan bondek untuk bahan pengecoran dak rumah dengan panjang 20 meter dan lebar 10 meter yaitu sekitar 25 lembar. Namun, saran kami sebaiknya belilah material bondek melebihi estimasi tersebut untuk berjaga-jaga ketika terjadi hal-hal diluar dugaan seperti kekurangan material pada saat proses pembangunan sedang berlangsung.

Selain itu, belilah bahan material yang sudah terbukti kualitasnya meskipun HARGA BONDEK akan sedikit lebih mahal. Hal ini bertujuan agar nantinya bondek memiliki daya tahan tinggi serta mampu bertahan lama sampai puluhan tahun sehingga menghemat biaya perawatannya.

Cara Memasang Bondek

Cara Memasang Bondek

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan bondek untuk semua jenis serta ukurannya. Selain itu, kurang lengkap rasanya apabila kalian tidak mengetahui bagaimana CARA MEMASANG BONDEK yang baik dan benar.

Pada intinya, proses pemasangan bondek ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, material tersebut menjadi komponen utama dalam menopang sebuah cor dak beton. Akan lebih baik jika kalian mengonsultasikan terlebih dahulu pemasangan bondek dengan kontraktor berpengalaman.

Demikian penjelasan dari Bursabajaringan.com seputar cara menghitung kebutuhan bondek untuk semua jenis maupun ukuran. Semoga tutorial di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menghitung keperluan material bondek dalam pengerjaan cor dak rumah bertingkat.

You May Also Like
About the Author: Amelia Zaimah
Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek