5 Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Rumah

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai – Keramik lantai menjadi pilihan banyak orang saat ini untuk melengkapi kebutuhan dekorasi rumah. Ada banyak sekali jenis keramik lantai yang bisa di pesan sekarang ini. Bahkan dengan terus berkembangnya teknologi yang semakin meningkat tidak bisa dipungkiri bahwa kini anda juga bisa menemukan sebuah lantai keramik dengan motif dan model yang keren-keren yang biasanya digunakan pada pembangunan kantor ataupun pusat pembelanjaan.

Penggunaan keramik lantai super keren dan mewah tersebut memang tidak salah jika digunakan pada lantai rumah, hanya saja tentu saja budget yang harus di keluarkan jauh lebih banyak dari anggaran yang memang sudah disediakan. Maka dari itu banyak orang yang mungkin lebih memilih menggunakan jenis keramik standar hanya dengan motif dan model yang umum ketika mereka ingin membuat suasana lantai rumah lebih hidup.

Tentunya selain budget yang dikeluarkan jauh lebih bisa di hemat, anda pun juga bisa menghitung sendiri berapa kebutuhan keramik lantai rumah yang sedang anda bangun. Menghitung kebutuhan keramik sendiri bisa dikatakan cukup mudah, asalkan anda mengetahui rumusnya dengan benar. Maka dari itu mengetahui cara menghitung kebutuhan keramik lantai menjadi hal yang cukup penting dalam perencanaan awal pembangunan rumah bagi sebagian besar orang.

Bermodal pengetahuan tentang cara menghitung kebutuhan keramik lantai tentunya anda akan dapat menggambar kiranya berapa banyak keramik yang dibutuhkan baik dalam keseluruhan rumah atau tiap-tiap ruangan yang ada. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan kita bagikan beberapa tips cara menghitung kebutuhan keramik serta contohnya. Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahui cara menghitungnya silahkan simak ulasan terbaru kami berikut ini.

Baca  Tips Mudah Menghitung Biaya Pasang Baja Ringan

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

Apa Sih Pentingnya Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai?

Dengan mengetahui kebutuhan keramik untuk menutupi lantai dengan luas bangunan atau ruangan tertentu sangatlah bermanfaat. Karena dengan kita mengetahui kebutuhannya dari awal tentu saja kita akan dapat menganggar budget atau biaya yang harus kita keluarkan. Dengan begitu kita akan bisa mengalokasikan budget atau biaya lain untuk membeli material lain seperti pasir atau semen.

Adapun kesalahan dalam menghitung jumlah keramik tentu saja akan dapat menyebabkan jumlah keramik lantai yang kita beli bisa kurang yang berakibat akan membuat terhambatnya pekerjaan atau mencari motif dan model yang sama susah. Sedangkan jika lebih, tentu saja hal ini akan membuat pengeluaran menjadi bengkak dan menjadikan jumlah keramik terlalu banyak. Oleh karena itu berikut tips cara menghitung kebutuhan keramik lantai yang patut anda pelajari.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengukur panjang dan lebar lantai yang akan diaplikasi dengan keramik lantai dalam satuan meter
  2. Hitungah luas lantai dalam satuan meter persegi dengan menggunakan rumus luas segiempat yakni panjang dikali lebar (P x L)
  3. Kemudian setelah mengetahui hasilnya, silahkan anda hitung kebutuhan keramik dalam satuan meter persegi luas lantai yang ada didalam bangunan rumah anda
  4. Untuk mengnatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pecah atau ada motif yang berbeda, kami sarankan untuk menambahkan 5% dari jumlah total sebagai cadangan

Itulah tips dan cara menghitung kebutuhan keramik lantai rumah atau bangunan lain yang bisa anda gunakan, tentunya dengan mengetahui cara menghtiungnya anda akan bisa menganggar biayanya dari awal. Dan berikut adalah contoh kecil cara menghitung kebutuhan keramik yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Baca  7 Cara Mengatasi Pipa Mampet Paling Ampuh dan Cepat Tanpa Ribet

Contoh Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

Jika digambarkan ada sebuah rumah yang akan di bangun dengan dua kamar berukuran 4m x 3.5m dan sebuah teras dengan ukuran 5m x 3.5m maka berapa kira-kira jumlah keramik yang di perlukan? untuk mengetahuinya kita harus menghitung luas total lantai yang akan diaplikasikan dengan keramik. Maka dengan gambaran diatas kita hitung :

Luas Lantai = (4m x 3.5m) + (4m x 3.5m) + (5m x 3.5m) = 14m + 14m + 17.5m = 45.5 meter persegi

Hasil diatas merupakan hasil dimana anda harus membeli keramik dengan luas 45.5 meter persegi. Namun karena umumnya keramik dijual dalam kemasan untuk satu meter persegi maka jumlah keramik lantai yang anda butuhkan adalah sekitar 45 – 46 dus.

Dan seperti rumus cara menghitung kebutuhan keramik lantai yang sudah kami sampaikan diatas, maka anda tambahkan saja 5% dari total keseluruhan yakni 5% x 45.5 dus = 2.2 dus, bila dibulatkan maka anda perlu menambah sekitar 3 dus lagi jadi total keseluruhan keramik yang harus di beli adalah 48 atau 49 dus.

Mengetahui jumlah kebutuhan keramik lantai rumah tentu saja akan ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan, salah satunya yakni menghemat budget. Oleh karena itu bagi anda yang dalam waktu dekat ini akan membangun rumah ada baiknya pelajari cara menghitung kebutuhan keramik lantai yang sudah kami sampaikan diatas dengan baik dan benar.