Cara Menghitung Tinggi Atap Rumah Yang Benar dan Tepat

Cara Menghitung Tinggi Atap Rumah – Rumah adalah impian bagi kita semua, dimana dengan memiliki rumah kita pastinya akan sangat nyaman dan aman dari terik matahari dan juga hujan. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita hendak membangun sebuah rumah, usahakan untuk mendesain rumah impian tersebut dengan teliti, agar nantinya rumah tersebut dapat terwujud sesuai dengan keinginan kita. Berbicara soal rumah tentunya tak lepas dari soal atap rumah, dimana atap ini merupakan bagi terpenting dari sebuah rumah.

Kebutuhan atap rumah ini juga meliputi penghitungan genteng, kemudian luas atap dan kemiringan atap rumah serta juga kita harus mengetahui cara menghitung tinggi atap rumah yang benar dan baik. Pada sesi cara menghitung tinggi atap rumah, disini kami akan memberikan informasi detail mengenai hal tersebut. Untuk bagian atap biasanya juga ada beberapa pilihan penggunaan atap, yang paling cukup sering dipakai adalah atap pelana. Kalian juga dapat memahami bagaimana kelebihan dan kekurangan atap pelana.

Untuk cara menghitung tinggi atap rumah yang benar kalian dapat menggunakan cara manual atau dengan rumus. Namun sebelum itu kalian harus menghitung dahulu kebutuhan genteng untuk membangun sebuah rumah. Dan jika kita sudah mengetahui benntuk bidang atap dan ukurannya, maka kita sudah dapat menghitung luas rumus luas atap segitiga dan trapesium yakni :

  • Rumus luas Atap Segitiga : Alas x Tinggi / 2
  • Rumus luas Atap Trapesium : Jumlah sisi sejajar / 2 x tinggi

Dan setelah luasan dari atap tersebut diketahui, maka kebutuhan penutup atap jumlah genteng dapat dihitung dengan mudah. Baiklah untuk lebih lengkapnya sebaiknya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara menghitung tinggi atap rumah yang benar dan tepat berikut ini.

Baca  Mengenal Baja Ringan Dari Pembuatan, Jenis dan Kelebihan

Cara Menghitung Tinggi Atap Rumah Yang Benar dan Tepat

Cara Menghitung Tinggi Atap Rumah Yang Benar dan Tepat

Cara Menghitung Tinggi Atap Rumah Yang Benar dan Tepat

Untuk menghitungnya, kalian juga dapat menggunakan rumus phytagoras dimana  c² b² a² a adalah tinggi atap b adalah alas atap dan c adalah kemiringan atap. Pembuatan plafon yang tinggi juga dapat kalian lakukan dengan mengekspos kemiringan atap, lalu kalian coba menghitung kemiringan atap rumah terlebih dahulu. Caranya juga cukup menggunakan cara manual yang sederhana, namun harus lebih teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Penghitungan luas atap rumah bentuk limas tidaklah sulit yang seperti kita bayangkan, hanya saja terkadang kesulitan tersebut biasanya pada saat mengukur kemiringan rangka atap rumah karena posisinya yang cukup tinggi. Ada juga beberapa prosedur yang dijelaskan disini, kalian juga harus mengetahui tinggi atap rumah yang diukur dari batas plafon rumah. Dimana prosedur pertama sudut kemiringan atap rumah dapat dilihat dari kejauhan tanpa perlu memanjat atap.

Cara menghitung tinggi atap rumah juga dapat dilakukan hanya dengan melihat denah atap, dan cara ini cukup mudah dan simpel asal kita sudah mengetahui nilai-nilai sudut kemiringan atap tersebut. Nah sebelum menghitung kebutuhan atap, kita harus lebih dulu mengetahui luasan dari atap tersebut. Cara menghitung tinggi atap rumah ini alangkah baiknya kalian serahkan saja kepada yang lebih ahli dalam bidangnya agar tidak terjadi kesalahan.

Namun bukan berarti kita lepas begitu saja, kita juga harus ikut menghitungnya agar nantinya pengetahuan kita menjadi lebih luas mengenai tinggi atap rumah, kemiringan atap dan lainnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca  5 Cara Pasang Genteng Metal Pada Baja Ringan Yang Benar