4 Cara Mengkilapkan Lantai Semen Paling Mudah 2020

Cara Mengkilapkan Lantai Semen – Lantai semen adalah salah satu jenis lantai yang cukup dikenal dikalangan masyarakat. Dinamakan lantai semen karena lantai ini terbuat dari acian semen yang diusapkan secara merata pada bagian dasar rumah.

Hingga saat ini penggunaan lantai semen juga masih banyak digunakan oleh beberapa orang karena dinilai lebih irit dan juga tidak memerlukan perawatan yang cukup ekstra. Padahal saat ini lantai keramik, marmer, granit dapat kita dapatkan dengan mudah, namun semua memang tergantung dengan selera.

Jadi tidak heran jika banyak yang menggunakan lantai semen untuk bagian dasar rumah. Nah kalian mungkin pernah melihat rumah dengan lantai semen yang terlihat begitu mengkilap. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan lantai semen menjadi mengkilap.

Untuk jenis rumah yang mengusung konsep klasik, penerapan lantai semen mungkin akan lebih selaras. Namun lain halnya jika rumah dengan konsep modern minimalis yang bisa dikatakan kurang cocok. Baiklah langsung saja kita simak cara mengkilapkan lantai semen yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Mengkilapkan Lantai Semen Paling Mudah

Cara Mengkilapkan Lantai Semen

1. Menggunakan Ampas Kelapa

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan ampas kelapa. Ampas kelapa dapat kita jadikan bahan untuk mengkilapkan lantai dengan cara mengoleskannya ke setiap permukaan lantai secara menyeluruh. Tekan dengan kuat pada saat pemolesan. Setelah selesai, kalian dapat membersihkan ampas tersebut dan biarkan minyak yang menempel diatas permukaan lantai karena minyak tersebutlah yang mampu menjadikan lantai tersebut menjadi mengkilap.

2. Serbuk Gergaji

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan serbuk gergaji. Bahan yang satu ini memang sudah banyak digunakan pada jaman dulu, dimana selain dapat mengepel menggunakan air, kita juga dapat menggunakan serbuk gergaji ini untuk membuat lantai semen menjadi mengkilap.

Caranya cukup mudah, kalian dapat menempatkan serbuk gergaji pada sebuah ember dan campurkan minyak tanah kurang lebih 5 sendok. Kemudian aduk hingga merata barulah pel lantai tersebut menggunakan serbuk gergaji tersebut. Pemakaian minyak tanah ini akan membuat permukaan lantai semen menghitam dan mengkilap.

3. Cairan Lilin

Opsi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan lilin. Pertama kalian dapat memanaskan beberapa lilin batang agar mencair. Setelah itu tambahkan beberapa tetes minyak tanah ke dalamnya. Siramkan cairan lilin ke seluruh permukaan lantai secara merata lalu gosok. Lakukan pengaplikasian cairan lilin ini setiap setahun sekali agar lantai semen tetap hitam dan mengkilap.

4. Bahan Epoxy

Dan cara yang terakhir adalah dengan menggunakan bahan epoxy. Dengan menggunakan bahan ini lantai akan lebih terlihat bersih dan mengkilap dengan hasil yang maksimal. Cara ini memang cukup repot, namun untuk hasilnya sudah dapat dipastikan sangat memuaskan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara mengkilapkan lantai semen yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara merawat wallpaper dinding yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua