20 Cara Merawat Dinding Batu Bata Expose Paling Mudah

Cara Merawat Dinding Batu Bata Expose – Penggunaan batu bata expose memang saat ini cukup banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan batu bata expose, dinding rumah akan lebih terlihat natural dan klasik. Bagi mereka yang mungkin suka dengan nuansa alam, penggunaan dinding ini sangatlah tepat.

Melihat tampilan batu bata expose, ada beberapa perbedaan yang yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan batu bata merah biasa. Dimana kalian dapat melihat dari segi warna serta ukurannya. Warna bata expose ini cenderung lebih beragam, ada yang merah dan ada pula yang berwaran merah kehitaman.

Selain itu untuk ukuran bata expose juga lebih presisi di setiap sisinya. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari bata expose. Memiliki ukuran yang presisi ini tentu akan memudahkan tukang dalam hal pemasangan, walaupun pemasangan bata expose harus benar-benar dilakukan dengan teliti agar hasilnya sempurna.

Ada beberapa pertanyaan terkait jenis bata expose ini, yakni bagaimana tips merawat batu bata expose? Kalian tidak perlu bingung akan hal ini karena kami akan membahas mengenai cara merawat batu bata expose. Lebih jelasnya mari kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Merawat Dinding Batu Bata Expose Paling Mudah

Cara Merawat Dinding Batu Bata Expose

Kelebihan Batu Bata Expose

Sebelum kita membahas mengenai cara perawatan yang tepat untuk bata expose, alangkah baiknya jika kalian mengetahui kelebihan bata expose berikut ini.

  • Pembuatan dinding dengan menggunakan bata expose akan lebih menghemat biaya karena kita tidak perlu lagi melapisinya dengan plester atau acian, sehingga biaya pembelian semen dan pasir akan lebih terpangkas.
  • Mampu memberikan tampilan nuansa alam, tradisional, rustik dan modern.
  • Mampu memberikan kesan hangat di dalam ruangan.
  • Cocok dipadukan dengan akesesoris furniture kayu atau furniture dengan gaya Eropa dan Amerika.
  • Struktur bata expose dinilai lebih kuat dibandingkan dengan bata biasa ataupun hebel.
  • Proses pemasangan lebih mudah karena memiliki ukuran yang presisi.

Kekurangan Batu Bata Expose

Setelah mengetahui apa saja kelebihannya, maka kalian dapat mengetahui juga apa saja kekurangan yang dimiliki oleh batu bata expose yang satu ini.

  • Ketika pemasangan, usahakan untuk menggunakan tukang yang sudah ahli dalam hal ini agar hasilnya sempurna.
  • Proses pemasangan sangat membutuhkan ketelitian.
  • Permukaan mudah ditumbuhi dengan jamur dan lumut.
  • Interior ruangan menjadi lembab karena uap air tidak dapat melewati pori-pori dinding.
  • Harga relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan bata biasa.
  • Memerlukan perawatan yang sangat ekstra.

Cara Merawat Dinding Batu Bata Expose

Perawatan dinding batu bata expose memang harus rutin kita lakukan agar lebih bersih dan juga bebas dari jamur. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan, untuk lebih jelasnya mari kita simak di bawah ini:

Gunakan Cairan Pelapis Berbahan Coating

Penggunaan lapisan coating ini alangkah baiknya dilakukan setiap 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali agar tampilannya lebih terjaga. Pelapis jenis ini dapat berfungsi sebagai anti air dan kotoran serta memberikan nuansa berkilau pada dinding.

Bersihkan Permukaan Dinding Menggunakan Kuas

Cara yang kedua adalah dengan melakukan pembersihan bagian dinding dengan menggunakan kuas. Dinding jenis ini memang tidak dilapisi dengan plester dan acian sehingga permukaannya akan sangat kasar serta mudah kotor. Maka kalian dapat membersihkannya dengan kuas agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel.

Bersihkan permukaan Menggunakan Cairan Lemon

Cairan lemon atau perasan jeruk nipis juga dapat kalian gunakan untuk membersihkan dinding bata expose. Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu mencelupkan kuas ke cairan lemon lalu kemudian usapkan kuas ke permukaan dinding expose. Setelah itu keringkan dengan menggunakan kain yang bersih.

Jaga Kelembaban Dinding

Selau jaga kelembaban permukaan dinding. Dalam hal ini kalian dapat memasang beberapa ventilasi pada saat pembangunan awal atau menyalakan kipas angin agar ruangan tetap kering dan tidak lembab serta sirkulasi udara juga terjaga.

Bersihkan Jamur dan Lumut dengan Segera

Apabila permukaan dinding lembab, dapat di pastikan juga permukaan akan ditumbuhi dengan lumut dan jamur. Hal ini tentu tidak kalian inginkan bukan? Maka dari itu segera bersihkan lumut dan jamur agar bersih dan lapisi kembali dengan cairan coating seperti yang kami sebutkan diatas.

Hindari Pemasangan Aksesoris dengan Menggunakan Paku

Dan cara yang terakhir adalah hindari pemasangan aksesoris pada dinding bata expose yang menggunakan paku. Jika harus menggunakan paku, alangkah baiknya untuk tidak memaku pada bagian bata expose tersebut, pilih bagian adonan semen agar tampilan bata expose tidak rusak ketika aksesoris dilepas atau dipindah.

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara merawat dinding bata expose yang dapat kalian simak diatas. Perawatan setiap ruangan rumah memang harus dilakukan secara rutin agar tampilan ruangan lebih indah.

Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara merawat wallpaper dinding yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua