8 Cara Merawat Furniture Kayu Agar Selalu Awet & Tahan Lama

Cara Merawat Furniture Kayu – Setiap rumah tentu memiliki beragam furniture berbahan dasar kayu. Furniture tersebut antara lain, meja, kursi, lemari, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan biasanya furniture tersebut juga hampir ada di setiap ruangan rumah.

Seperti kita ketahui bahwa furniture kayu memang dikenal dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih klasik dan natural. Hal ini dikarenakan oleh warna cokelat yang dimiliki setiap kayu. Disamping itu juga kebanyakan orang memilih furniture dari kayu karena keawetannya.

Namun walaupun awet, kuat dan tahan lama, furniture kayu juga tentu harus selalu kita jaga dan rawat. Ada banyak cara merawat furniture kayu yang dapat kalian lakukan agar selalu awet dan bersih. Terlebih jika kayu tersebut sudah dilapisi dengan plitur kayu.

Agar selalu terlihat kinclong tentu kalian harus rajin mengelap furniture tersebut. Nah baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara merawat furniture kayu agar awet yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Selalu Awet & Tahan Lama

Cara Merawat Funriture Kayu

Simpan di Tempat dengan Suhu Kering atau Normal

Perlu kalian ketahui bahwa kayu ini memiliki sifat menyusut jika terus terpapar oleh suhu yang panas. Hal ini tentu akan menyebabkan retakan pada lapisan kayu tersebut. Maka dari itu kalian dapat jauhkan furniture tersebut dari matahari langsung atau peralatan yang dapat memancarkan panas.

Disamping itu, jauhkan juga dari udara lembab karena dapat menyebabkan kayu tersebut terserang oleh jamur dan serangga yang dapat merusak kayu.

Usahakan untuk Selalu Menggunakan Alas

Kebanyakan furniture memiliki bebabn yang berat karena terbuat dari kayu yang keras, seperti kayu jati, mahoni, dan sejenisnya. Nah untuk menekan berat, kalian dapat menggunakan kain keset pada setiap kaki furniture agar setiap pergeseran tidak menimbulkan bekas di lantai. Hal ini sangat disarankan jika rumah kalian menggunakan lantai kayu yang rentan terhadap goresan.

Jauhkan dari Cairan dan juga Cat

Mungkin hampir semua jenis furniture memiliki noda lingkaran diatas permukaan meja kayu. Hal ini dikarenakan kita sering lupa meletakkan gelas berisi air panas diatasnya. Noda ini memang mudah dibersihkan ketika belum terlalu lama, namun jika telat membersihkan maka bisa jadi akan merusak tekstur kayu tersebut.

Jika hal ini terjadi kalian dapat segera mengusapkan campuran minyak goreng dan abu atau pasta gigi dengan kain yang lembut.

Bersihkan Secara Rutin/Berkala

Bersihkan furniture secara berkala dengan lap atau kemoceng agar selalu bersih dan terhindar dari debu serta kotoran. Untuk sudut-sudut yang sulit dicapai, kalian dapat menggunakan kuas kecil. Disamping itu kalian juga dapat menggunakan cairan khusus pembersih kayu dengan cara menyemprotkan seperlunya saja.

Pastikan juga permukaan dibersihkan hingga kering. Hindari penggunaan pembersih dengan kandungan solvent, metanol, toluene dan aseton yang dapat merusakan top coating pada furniture.

Pindahkan Furniture dengan Hati-hati

Bisanya kita suka memindahkan furniture ketika ingin menata ruangan agar terlihat menarik kembali. Namun kadang kita kurang hati-hati dalam memindahkan furniture yang akhirnya menyebabkan furniture tersebut lecet atau patah. Jika sudah seperti ini tentu sangat disayangkan bukan? Maka dari itu usahakan untuk memindahkannya dengan hati-hati dan jangan memindahkan seorang diri, ajak satu orang atau orang untuk membantu memindahkannya.

Gunakan Obat Anti Rayap dan Anti Jamur

Bahn jenis kayu memang sangat rentan sekali terkena jamur dan juga rayap. Maka dari itu kalian dapat menggunakan obat anti rayap dan anti jamur agar terhindar dari itu semua.

Manfaatkan Sisa Teh untuk Membersihkan Furniture Kayu

Cara merawat furniture kayu yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sisa teh. Caranya juga cukup mudah, kalian dapat menggunakan kain dan kemudian celupkan ke sisa teh tersebut dan usap ke furniture yang akan dibersihkan dan biarkan hingga mengering.

Gunakan Kapur Ajaib untuk Mengusir Serangga

Bukan hanya rayap saja yang menjadi hama bagi furniture, semut dan jenis serangga lainnya juga patut kita waspadai. Maka kalian dapat menggunakan kapur ajaib di sekitar furniture agar tidak ada serangga yang menyerang.

Nah itulah beberapa tips ampuh untuk membersihkan dan menjaga furniture tetap awet dan tahan lama. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua