14 Cara Merawat Lantai Kayu Biasa dan Parket Agar Awet

Cara Merawat Lantai Kayu – Kayu sendiri merupakan salah satu material atau bahan yang kerap digunakan dalam konstruksi bangunan seperti rumah dan lainnya. Mulai dari jenis kayu usuk, kayu reng, kayu kaso dan lainnya.

Namun untuk bagian interior seperti lantai, saat ini kita dapat menggunakan lantai jenis kayu yang satu ini. Jenis lantai kayu biasan dan juga parket saat ini juga dapat kita dapatkan dengan sangat mudah karena sudah dijual dibeberapa toko-toko bangunan.

Dalam hal pemasangan, kalian dapat menggunakan jasa pemasangan lantai kayu agar hasilnya maksimal. Selain itu kalian juga dapat mengetahui terlebih dahulu mengenai cara perawatan dan juga cara membersihkan lantai jenis kayu yang satu ini.

Cara merawat lantai kayu sebenarnya cukup mudah, hanya saja perlu dilakukan secara rutin agar lantai kayu lebih awet dan tahan lama. Baiklah daripada penasaran langsung saja kita simak ulasan cara merawat lantai kayu yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Merawat Lantai Kayu Biasa dan Parket Agar Awet

Cara Merawat Lantai Kayu

Cara Membersihkan Lantai Kayu

Sapu dengan Rutin

Dikarenakan memiliki sifat yang mudah menyerap air dan juga kotoran, pastikan untuk menyapu lantai kayu secara rutin agar debut dan kotoran tidak menempel terlalu lama. Gunakan sapu bulu yang lembut atau kalian juga dapat menggunakan vacum cleaner.

Pel Lantai

Setelah itu kalian juga dapat mengepel lantai. Namun disini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, bahwa setiap lantai kayu ini memiliki lapisan, yakni lapisan lilin atau pernis. Jika lantai memiliki lapisan anti air, maka kalian dapat mencampurkan pembersih lantai kayu dengan air hangat.

Pilih juga pembersih yang berkualitas, kemudian lakukan pengepelan dengan sisa air yang sedikit pada kain pel. Lalu usahakan langsung keringkan dengan kain lembut yang kering. Apabilan lantai tidak memiliki lapisan anti air, campurkan sedikit pembersih lantai kayu dengan air sedikit.

Oleskan pada lantai kayu dan kemudian keringkan segera sampai benar-benar kering agar lantai tidak mudah rusak dan awet.

Gunakan Kain Pel dengan Bahan yang Benar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kalian harus menggunakan kain pel yang memiliki bahan berkualitas dan baik. Ketika mengepel usakan juga untuk memerasnya agar kain tidak terlalu basah ketika digunakan untuk mengepel.

Usahakan Pel 2 Kali

Selanjutnya adalah dengan mengepel lantai 2 kali agar lantai benar-benar bersih. Jadi setelah kalian mengepel dan kemudian mengeringkannya, kalian dapat lakukan sekali lagi agar hasilnya benar-benar bersih.

Cara Merawat Lantai Kayu Parket

Gunakan Sapu atau Vacum Cleaner

Sama halnya dengan membersihkan lantai kayu biasa, disini kalian juga dapat menggunakan sapu dan juga vacum cleaner untuk menyedot debu kotoran yang menempel.

Jangan Pel Lantai Kayu Parket

Disini kalian usahakan jangan sampai mengepel lantai parket, karena jika dilakukan nantinya air dapat meningkatkan tinggi kelembapan parket sehingga menyebabkan perbedaan secara drastis. Hal ini juga dapat menyebabkan sendir parket lepas dan menimbulkan bunyi ketika diinjak.

Bersihkan Segera Serpihan Makanan atau Kotoran Lainnya

Apabila ada serpihan makanan atau kotoran lainnya kalian dapat langsung segera membersihkannya karena jika tidak, kotoran tersebut akan membuat kerak pada lantai dan tentu akan susah dibersihkan. Disini kalian dapat menggunakan lap kering kemudian gunakan cairan pembersih khusus parket untuk membersihkan lantai yang terkena noda.

Gunakan Lapisan Karet diatas Furniture

Agar furniture tidak menimbulkan goresan pada permukaan lantai ketika furniture tersebut dipindah, kalian dapat memasang karet pada bagian kaki-kaki furniture tersebut. Usahakan juga jangan mendorong furniture yang ada diatas lantai parket.

Gunakan Karpet untuk Menutupi Lantai Parket

Kalian juga dapat memasang atau meletakkan karpet pada bagian yang sering dilalui. Pilih juga karpet yang tidak licin agar tidak mudah bergeser dan menyebabkan goresan.

Jangan Menggunakan Alas Kaki yang Tajam

Jangan menggunakan alas kaki yang tajam ketika berjalan diatas lantai parket yang satu ini karena dapat menimbulkan goresan yang nantinya mengurangi keindahan lantai tersebut.

Lakukan Penyemiran atau Waxing

Apabila lantai tersebut menggunakkan atau terbuat dari kayu solid, kalian dapat melakukan proses waxing atau penyemiran ulang setiap bulannya serta lakukan coating setiap dua tahun sekali agar lantai tetap indah dan bersih.

Gunakan Perasan Lemon dan Cuka

Agar lantai terlihat bersih dan mengkilap kalian juga dapat menggunakan perasan lemon dan cuka untuk membersihkan noda lama. Bersihkan dengan menggunakan kain lap yang halus dan bersih.

Pilih Kayu Parket yang Anti Rayap

Untuk menghindari kelembapan, gunakan juga lapisan atau bahan kimia anti rayap. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyuntikkan pada kepingan kayu parket tersebut.

Lakukan Steaming setiap 6 Bulan Sekali

Dan yang terakhir adalah dengan menghindari pemasangan kayu parket ditempat yang sering terkena sinar matahari. Hal ini dapat berpengaruh pada keawetan kayu parket tersebut. Kalian dapat melakukan proses steaming setiap 6 bulan sekali agar warna dan kebersihan parket selalu terjaga.

Nah itulah beberapa cara merawat lantai kayu dan juga cara membersihkannya. Setiap jenis lantai kayu juga memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Jangan lupa baca juga artikel lain mengenai cara merawat lantai Vinyl dipostingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua