9 Cara Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet & Bersih

Cara Merawat Wallpaper Dinding – Keindahan tampilan interior sebuah rumah memang terletak pada tata letak ruangan dan juga dinding ruangan. Dimana kita dapat menempatkan beberapa perabotan atau furniture sesuai dengan konsep yang akan kita adopsi pada interior rumah kita.

Penempatan furniture juga harus kita letakkan pada posisi-posisi yang benar dan tepat agar hasilnya terlihat indah dan enak dipandang. Sedangkan untuk bagian dinding selain kita dapat menempatkan beberapa aksesoris hiasan dinding, kita juga dapat mengaplikasikan wallpaper dinding dengan motif tertentu.

Wallpaper dinding saat ini tersedia dalam berbagai macam atau jenis motif yang dapat kita pilih sesuai dengan selera. Kemudian untuk pemasangan juga dapat kita lakukan sendiri, namun kami lebih menyarankan untuk menggunakan jasa pemasangan wallpaper dinding agar hasilnya lebih maksimal.

Agar wallpaper dinding selalu terlihat bersih dan awet, kita tentu harus rajin untuk melakukan perawatan pada wallpaper dinding tersebut. Ada beberapa tips dan cara merawat wallpaper dinding yang akan kami bahas pada pertemuan kali ini. Lebih jelasnya langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini.

Cara Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet & Bersih

Cara Merawat Wallpaper Dinding

Jenis Wallpaper Dinding

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada setidaknya 4 jenis wallpaper dinding yang saat ini dapat kalian beli dengan mudah di beberapa toko bangunan. Apabila ditinjau berdasar bahan baku pembuatnya, wallpaper tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Wallpaper Vynil

Wallpaper yang satu ini merupakan jenis yang paling banyak tersedia di toko-toko bangunan. Bahan Vinyl membuat wallpaper dinding ini juga dikenal lebih awet, mudah dirawat dan tidak cepat rusak.

Wallpaper Kertas

Untuk wallpaper jenis yang satu ini bisa dikatakan cukup susah dalam hal perawatan, namun kenyataanya wallpaper ini banyak diminati oleh masyarakat. Selain mudah dipasang, harga yang ditawarkan juga cukup terjangakau.

Wallpaper Kain

Dalam segi perawatan, wallpaper kain ini mudah dalam hal tersebut. Dan dari segi pemasangan memang cukup sulit, akan tetapi hasilnya akan sangat anggun dan menawan sehingga menambah kesan menarik di dalam rumah.

Wallpaper Foil

Dan yang terakhir adalah wallpaper foil. Wallpaper ini memiliki ukuran yang lebih tipis dan cenderung mudah rusak jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Harga dari wallpaper cukup murah sehingga tak sedikit yang meminatinya.

Cara Merawat Wallpaper Dinding

Setelah kita mengetahui beberapa jenis wallpaper dinding menurut bahan baku pembuatannya, selanjutnya kami akan membahas mengenai cara perawatan wallpaper dinding agar awet dan bersi. Lebih jelasnya mari kita simak berikut ini:

1. Pastikan Terlebih Dahulu Bahwa Dinding Tidak Lembab

Dalam hal perawatan wallpaper dinding, hendaknya kalian menyesuaikan antara jenis wallpaper apa yang kalian gunakan dan kemudian perawatan apa yang akan diberikan. Namun secara umum perawatan wallpaper ini juga sama dengan jenis-jenis wallpaper lainnya.

Hindari memasang wallpaper pada dinding yang lembab karena akan lebih mudah beresiko mengalami kerusakan yang cepat, terlepas dari dinding dan lebih mudah ditumbuhi jamur. Pastika  juga bagian atas dinding yang dipasangi wallpaper tidak bocor. Jika permukaan dinding rembes kalian dapat mengatasinya dengan mengaplikasikan waterproof secukupnya.

2. Usahakan untuk Tidak Mengotori Dinding

Noda pada permukaan wallpaper memang cukup sulit untuk dibersihkan, jadi sebelum wallpaper bernoda, kalian dapat memberitahu kepada penghuni rumah untuk lebih berhati-hari ketika berada di dekat wallpaper. Khususnya untuk anak-anak yang terkadang mereka melakukan tindakan seperti mencorat-coret tembok/wallpaper.

Noda bekas coretan pensi, pulpen, crayon dan spidol ini hampir mustahil untuk dibersihkan. Ada baiknya kalian menyediakan bidang tersendiri bagi si kecil untuk berkreativitas. Berikan juga pengertian kepada si kecil untuk tidak mencorat-coret tembok agar wallaper tetap dalam keadaan bersih.

3. Jika Ada Kerusakan Segera Perbaiki

Kerusakan pada wallpaper dinding kemungkinan dapat kita alami, salah satunya adalah robek. Jika masalah ini terjadi kalian dapat langsung memperbaikinya dengan segera dengan cara mengelem wallpaper yang robek. Oleskan lem secukupnya di balik wallpaper, lalu tempelkan menggunakan roller agar hasilnya rapih.

4. Bersihkan Wallpaper Secara Rutin

Jangan lupa untuk selalu membersihkan wallpaper secara rutin agar bersih dan bebas dari debu-debu. Wallpaper yang tertutup debu tentu akan terlihat kusam dan kurang menarik untuk dipandang. Lakukan perawatan harian terhadap wallpaper tersebut dengan membersihkan permukaan menggunakkan kemoceng. Usapkan kemoceng secara merata di seluruh permukaan wallpaper sampai kotoran benar-benar hilang.

5. Hapus Noda Membandel yang Menempel pada Wallpaper Dinding

Terkadang ada noda membandel yang terlihat di beberapa permukaan wallpaper. Kalian dapat menggunakan lap basah yang sebelumnya di celupkan ke air hangat dan barulah diusapkan ke permukaan yang bernoda dengan lembut dan perlahan. Jika belum berhasil, kalian dapat menggunakan cairan pembersih khusus wallpaper.

Untuk alternatif bahan lain kalian dapat menggunakkan air perasan buah lemon atau jeruk nipis. Sebisa mungkin hindari penggunaan deterjen atau cairan pemutih pakaian karena akan beresiko memudarkan gambar wallpaper tersebut.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara merawat wallpaper dinding agar awet dan bersih yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara memasang wallpaper dinding yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua