3 Cara Pasang Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

Cara Pasang Instalasi Listrik – Berbicara mengenai listrik, listrik merupakan bagian penting untuk sebuah rumah. Pemasangan listrik yang tidak benar tentunya akan mengakibatkan korsleting listrik, baik kecil atau besar. Korsleting listrik yang kecil ini biasanya akan menyebabkan biaya tagihan listrik akan membengkak, dan sedangkan korsleting listrik besar dapat menjadikan kebakaran rumah. Maka disini kalian harus benar-benar waspada dan lebih teliti ketika memasang instalasi listrik dirumah kalian jika ingin terhindar dari suatu hal yang tidak diinginkan.

Jika orang awam mempelajari cara instalasai listrik rumah yang baik dan benar, maka kasus korsleting listrik akan dapat dihindari. Banyak sekali kasus kebakaran dikarenakan arus pendek listrik yang sering terjadi di kawasan komplek perkotaan, khususnya di area penduduk dengan konsumen pada golongan R1 antara 450VA hingga 1300VA. Nah hal tersebut biasanya dikarenakan ada kesalahan ketika pemasangan instalasi listrik rumah yang kurang teliti.

Dan kebanyakan dimulai dari spesifikasi kabel yang tidak tepat, kemudian cara penyambungan dan lainnya. Selain itu juga penanaman kabel di dinding juga harus benar dan teliti agar tidak terjadi korsleting pada listrik. Penanaman kabel, instalasi stop kontak dan pemasangan saklar lampu benar-benar harus teliti. Dan disini kami akan memberikan informasi penting mengenai bagaimana cara pasang instalasi listrik rumah yang baik dan benar.

Banyak sekali langkah yang dapat kalian pelajari pada pembahasan kali ini, agar nantinya kita dapat terhindar dari bahaya yang terjadi dikarenakan adanya korsleting listrik arus pendek. Jika kalian menggunakan jasa instalasi listrik, alangkah baiknya jika memilih jasa yang benar-benar sudah ahli atau tidak langsung dari petugas PLN saja. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara pasang instalasi listrik rumah yang baik dan benar yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Baca  Tips Mudah Menghitung Biaya Pasang Baja Ringan

Cara Pasang Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

Cara Pasang Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

Cara Pasang Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

1. Pertama kalian dapat membeli kabel dengan jenis NYM dengan ukuran 3×2,5 mm² atau yang lebih besar lagi agar lebih kuat. Kabel ini nantinyua dipasang pada titik stop kontak. Kalian juga dapat menggunakan kabel berukuran 2×1,5 mm² untuk pemasangan pada titik lampu. Untuk masalah budget, menggunakan kabel besar ini memang membutuhkan biaya yang cukup besar, namun untuk keamanannya sangatlah baik.

2. Kami juga menyarankan untuk mempelajari isi boc MCM dan ketahui juga mengenai susunan serta jalur pada tiap kawat dari kabel yang akan disambungkan kepada kotak MCB. Penyambungan disini harus teliti karena jika salah satu kabel salah terpasang, maka akan menimbulkan masalah. Ini tips cara instalasi listrik rumah yang penting dipelajari oleh kalian. Cara pemasangan box MCB ini yakni dengan mencopot skrup yang ada pada bagian kiri dan kanan, jangan lupa juga untuk mematikan MCB di meteran listrik agar tidak ada arus listrik.

3. Dalam pemasangan kabel dirumah kalian harus memperkirakan berapa panjang kabel untuk semua ruangan, perhitungkan juga kebutuhan kabel, lampu serta stop kontak di setiap ruangan yang ada. Kami juga menyarankan anda untuk melakukan contoh sederhana instalasi listrik rumah dengan bertahab dan teliti. Pertam kupas kabel pada bagian ujung yang akan disambung pada saklar lampu, titik stip kontak dan titik lampu. Perlu diingat, ketika menyambung kabel harus kuat agar tidak mudah putus.

Setelah sudah selesai disambung, kabel harus ditutup dengan menggunakan isolasi khusus kabel agar terhindar dari arus pendek atau korsleting listrik. Kalian juga butuh kerja keras untuk mengerjakan jalur stop kontak dan juga saklar lampu yang dipasang pada pipa listrik PVC didalam dinding.

Baca  7 Cara Mengatasi Pipa Mampet Paling Ampuh dan Cepat Tanpa Ribet

Nah itulah beberapa cara instalasi listrik rumah yang baik dan benar. Pemasangan setiap kabel dan penyambungan harus benar-benar teliti agar terhindar dari arus pendek listrik yang menyebabkan korsleting listrik. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.