12 Cara Pasang Keramik Dinding dan Lantai yang Benar

Cara Pasang Keramik – Menghias lantai rumah dengan menggunakan keramik sekarang ini banyak di lakukan orang untuk membuat hunian mereka terlihat lebih menarik. Bahkan saja hanya keramik lantai, saat ini juga banyak sekali orang yang membuat dinding rumah mereka terlihat lebih berbeda dari rumah atau bangunan lain dengan memasang keramik dinding yang mempunyai motif menarik.

Penggunaan keramik memang bukan lagi hal yang asing, karena hampir rata-rata bangunan-bangunan baru sekarang ini sudah menggunakannya sebagai penghias ruangan baik lantai ataupun dinding rumah. Pemasangan keramik yang baik dan benar tentu akan membuat kesan rapi dan elegan untuk hasil akhirnya nanti.

Adapun cara pasang keramik merupakan hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar hasil akhir yang terlihat sempurna. Meski begitu bukan tidak mungkin ketika kita ingin melakukan pemasangan keramik lantai ataupun dinding dapat kita kerjakan sendiri.

Bagi anda yang memang sudah terbiasa memasang keramik tentu bukanlah hal yang slit untuk dilakukan. Namun bagi anda yang baru pertama kali melakukan pemasangan keramik, mungkin disini anda akan bisa mendapatkan informasi tambahan tentang bagaimana cara pasang keramik lantai dan dinding agar mendapati hasil akhir yang memuaskan.

Tips Panduan Cara Pasang Keramik Lantai & Dinding

Cara Pasang Keramik Lantai dan Dinding

Resiko terparah ketika anda melakukan kesalahan dalam pemasangan keramik adalah terdapat ruang kosong dibawah keramik yang tidak terisi adukan semen dan pasir yang membuat nantinya keramik bisa saja mudah pecah. Selain itu, pemilihan motif keramik yang tepat juga akan memberikan kemudahan pada saat proses pemasangan. Dan berikut ini adalah tips cara pasang keramik lantai dan dinding yang bisa anda pelajari.

Sebelum melangkukan pemasangan keramik, tentunya anda juga harus memperispkan terlebih dahulu beberapa macam bahan dan peralatan agar nantinya anda tidak mengalami kesulitan pada saat proses pemasangan. Yang dimana untuk mengikuti cara pasang keramik disini, ada beberapa bahan dan juga peralatan utama yang harus anda seiapkan terlebih dahulu.

Bahan yang Dibituhkan

Bahan Pemasangan Keramik

  • Menghitung jumlah keramik yang di butukan atau di perlukan dengan cara menkukur luar keramik yang akan di gunakan dan mengukur luar ruangan yang akan di pasangi keramik. Hitung dengan teliti agar tidak ada kekurangan atau kelebihan yang menyebabkan terhambatnya pemasangan keramik nantinya.
  • Dengan adanya begitu banyak motif dan ukuran keramik, pastikan saat membeli anda sudah mengetahui ukuran, motif, dan juga warna keramik yang harus anda beli
  • Adukan spesi yang merupakan campuran bahan semen dan pasir
  • Nat keramik, berapa banyaknya silahkan anda sesuaikan dengan luar keramik yang akan anda pasang

Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan Pemasangan Keramik

  • Alat pemotong keramik boleh manual ataupun yang otomatis
  • Pisau keramik
  • Waterpass atau pengukur posisi rata baik untuk pemasangan keramik dinding ataupun lantai
  • Papan atau bakok sebagai tatakan saat proses pemotongan
  • Penjepit keramik
  • Cetok centong pasir semen
  • Alat ukur atau meteran
  • Palu karet
  • Meteran siku
  • Tang
  • Sarung tangan

Setelah anda menyiapkan semua bahan dan juga peralatan yang di butuhkan ketika mengikuti cara pasang keramik lantai dan dinding ini. Maka saatnya anda mengetahui tips cara memasang keramik yang baik dan benar. Dan berikut kami rangkunmkan langkah demi langkah yang bisa anda ikuti saat pemasangan keramik.

Panduan Cara Pasang Keramik Lantai & Dinding

Pemasangan Keramik

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan anda memilah dan memilih keramik yang akan di pasang. Usahakan kumpulkan di suatu tempat dan pisahkan dari kondisi keramik yang cacat dan yang bagus.
  2. Pasanglah benang sebagai media pengukuran keramik agar pemasangan lebih tertata dan hasil yang lebih bagus.
  3. Sebelum dipasang disarankan untuk anda merendam keramik terlebih dahulu di dalam air dengan tujuan untuk lebih mudah menempel saat pemasangan berlangsung.
  4. Perhatikan juga kualitas keramik. Karena memilih keramik dengan kualitas yang kurang bagus akan sulit memasangnya secara presisi. Untuk itu nat keramik harus di pasang longgar di masing-masing keramik dengan minimal memiliki selisih 0.2-0.5 mm.
  5. Sebelum dipasang, ada baiknya anda mengoleskan terlebih dahulu air semen pada bagian bawah keramik yang akan dipasang untuk membuat daya rekat keramik jauh lebih kuat.
  6. Tuangkan adonan pasir halus dan semen di lantai yang akan di pasangi keramik.
  7. Tempelkan keramik sesuai yang sudah di olesi air semen ke atas permukaan adukan semen dengan memperhatikan nat dan juga benang.
  8. Pukul secara merata menggunakan palu keramik secara perlahan untuk membuat posisi keramik rata dengan yang lain.
  9. Untuk memastikan sudah rata atau belum keramik tersebut, anda dapat menggunakan Waterpass untuk mengukur kemiringannya.
  10. Lakukan hal serupa untuk semua keramik yang akan dipasang. Pastikan anda memasang keramik dengan ukuran nat yang sama sehingga terlihat lebih rapi
  11. Jangan di injak atau di tekan sebelum adonan pasir dan semen dibawah keramik benar-benar sudah keras. Hal ini dilakukan agar posisi keramik yang dipasang pada lantai atau dinding tidak bergeser.
  12. Setelah dipastikan posisi keramik sudah benar dan keras anda dapat mengisi nat keramik dengan menggunakan semen oker yang biasanya berwarna putih atau hitam. Lakukan dengan perlahan dan teliti agar tidak membuat semen menempel pada bagian lain di keramik selain pada sela-sela nat tersebut.

Dengan mengikuti panduan cara pasang keramik lantai dan dinding diatas maka anda dapat melakukan proses pemasangan keramik sendiri. Namun pastikan anda benar-benar mengikuti panduan dan langkah yang kami tulis diatas agar anda mendati hasil yang sempurna.

You May Also Like

About the Author: Amelia Zaimah

Seorang wanita yang hobi dan menyukai dunia arsitek