10 Cara Pasang Lantai Keramik Diagonal Paling Mudah & Cepat

Cara Pasang Lantai Keramik Diagonal – Lantai keramik memang memiliki motif yang sangat beragam. Selain itu harga di setiap motifnya juga berbeda-beda. Penggunaan lantai keramik juga biasanya akan disesuaikan dengan konsep rumah yang akan dibangun, hal ini agar tampilannya dapat menyatu dan selaras.

Berbicara mengenai lantai keramik, masih ada beberapa tukang yang kesulitan dalam memasang keramik dengan model diagonal. Pemasangan keramik diagonal ini memang membutuhkan ketelitian yang baik agar hasilnya maksimal. Terkadang kesalahan sedikit saja akan membuat pemasangan kurang maksimal dan kemungkinan harus dibongkar kembali.

Dalam hal konstruksi bangunan memang harus benar-benar kita perhitungkan dengan sangat matang, seperti halnya dengan memperhatikan cara pemasangan lantai keramik diagonal ini. Pada pembasahan kali ini kami akan membas mengenai tutorial pasang lantai keramik secara diagonal yang dapat kalian simak pada pertemuan kali ini.

Pola pemasangan keramik dengan arah diagonal ini sangat berguna untuk memberikan kesan luas, khususnya di ruangan yang berukuran sempit. Ruangan yang bentuknya tidak siku juga bisa tersamarkan kekurangannya dengan memasang keramik diagonal pada bagian lantai.

Cara Pasang Lantai Keramik Diagonal Paling Mudah & Cepat

Cara Pasang Lantai Keramik Diagonal

Akan tetapi perlu kalian ketahui juga bahwa pemasangan keramik diagonal ini memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah kebutuhan keramik menjadi semakin bertambah karena nantinya akan banyak ubin-ubin keramik yang harus dipotong. Kalian dapat memotong keramik tersebut menggunakan gerinda tangan atau alat khusus.

Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak tutorial cara pasang lantai keramik diagonal yang telah kami siapkan berikut ini.

Langkah-langkah Pemasangan Lantai Keramik Pola Diagonal

Ada beberapa langkah-langkah yang perlu kalian pahami dan simak pada pembahasan kali ini. Hal ini tentu bertujuan agar nantinya pada saat pemasangan dapat berjalan lancar dan hasilnya memuaskan. Langsung saja kita simak berikut ini tata caranya:

Langkah Pertama : Cari Tembok yang Siku

Hal yang paling utama dalam pemasangan keramik pola diagonal agar hasilnya rapih dan lurus adalah sudut siku-siku. Maka dari itu kalian harus mencari titik acuan awal untuk menarik benang dari salah satu sudut ruangan yang benar-benar siku. Caranya cukup mudah, kalian dapat menggunakan penggaris siku atau ubin keramik yang ditempelkan ke sudur ruangan.

Jika bisa menempel rapat maka artinya sudut tersebut siku-siku. Jika masih ada celah diantaranya maka tidaklah siku. Lalu bagaiman jika tidak ada sudut ruangan yang benar-benar siku? Biasanya kasus seperti ini kerap terjadi karena kesalah dalam pembangunan. Tenang saja, kalian tidak perlu khawatir dalam hal ini. Kalian dapat membagi sisa jaraknya menjadi 2 bagian antara kanan dan kiri, atau bisa juga membuang sisi jaraknya pada sudut ruangan yang nantinya akan ditutupi perabotan.

Langkah Kedua : Tarik benar sebagai Patokan

Langkah selanjutnya kalian dapat menggunakan benang sebagai acuan dalam pemasangan keramik agar tersusun rapi dan lurus. Khusus untuk pemasangan diagonal, kalian dapat menggunakan garis tengah keramik sebagai patokan. Mulai dengan mengukur garis tengah keramik terlebih dahulu dan kemudian tarik benar dari sudut ruangan yang siku berdasarkan ukuran keramik yang tadi.

Disini kalian harus memasang 3 jenis benang aucan, yakni benar yang benar-benar lurus, benang menyamping dan melintang. Disamping memperhatikan jaraknya, kalian juga harus memperhatikan tingkat kerataan dari ketinggian benang-benang tersebut.

Langkah Ketiga : Buatlah Adukan Semen

Selanjutnya kalian dapat menempelkan keramik pada lantai dengan menggunakan adukan semen. Adukan semen ini terbuat dari komposisi pasir, semen dan air dengan perbandingan tertentu. Kalian juga dapat mengikuti prosedur pembuatan adukan semen yang sesuai dengan informasi pada kemasan semen agar hasilnya maksimal. Agar hasil ikatannya kuat, kami sarankan untuk menaburkan semen kering secukupnya diatas adukan sebelum ditutup keramik.

Langkah Keempat : Pasang Keramik yang Utuh

Pasang keramik yang utuh terlebih dahulu kemudian ratakan permukaan dengan menaburkan pasir ayak secukupnya. Lalu tuangkan adonan semen di atas lapisan pasir tadi. Atur adonan semen agar rata, rapi dan tidak luber serta tidak mengandung gelembung udara di dalamnya. Taburkan semen kering sedikit diatas permukaan untuk meningkatkan daya rekat adonan. Setelah itu pasang keramik dengan posisi diagonal, ketok menggunakan palu karet pada bagian permukaan keramik agar menempel sempurna.

Langkah Kelima : Pasang Keramik yang Dipotong

Setelah kalian memasang keramik utuh sebanyak 2 sampai 3 buah, barulah kalian pasang keramik yang sudah dipotong. Jadi jika ada kesalahan pemasangan maka kalian dapat memperbaikinya dengan mudah. Potong keramik yang menempel langsung ke dinding menjadi dua bagian dengan membagi garis tengahnya.

Kemudian pasang potongan tersebut pada tempatnya. Apabila posisi keramik miring, kurang sejajar atau memiliki celah cukup lebar maka bisa dikatakan ada kesalahan dalam pemasang. Kalian dapat memperbaikinya lagi dan membongkar semua keramik yang sudah terpasang.

Akan tetapi jika sisi keramik yang dipotong bertem tepat dengan keramik yang utuh, maka kalian sudah benar dalam melakukan pemasangan pola diagonal ini. Kalian tinggal melanjutkan saja proses pemasangan hingga seluruh lantai tertutup oleh keramik. Jangan terburu-buru dalam memasang agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan keinginan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara pasang lantai keramik diagonal yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca artikel lain mengenai cara memperbaiki lantai keramik yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua