Harga Asbes Terbaru April 2019 Beserta Jenis dan Kelebihannya

Harga Asbes – Membuat sebuah bangunan tentunya tidak sekedar asal jadi saja tapi juga perlu mempertimbangkan kenyamanan. Terlebih lagi jika yang bangunan yang akan dibuat adalah rumah yang akan digunakan untuk tempat tinggal. Sebelum membangun, diperlukan penyesuaian mulai dari material bangunan yang digunakan serta perkiraan harga yang akan dikeluarkan. Material yang harus diperhitungkan harus menyeluruh mulai dari harga bahan bangunan seperti pasir, semen, batu-bata, hingga bahan untuk atap.

Mengenai material untuk atap rumah tentunya sangat bermacam-macam, ada yang dari genteng bahan bata merah, asbes, ataupun jenis lainnya. Setiap material atap yang berbeda tentunya memiliki harga yang berbeda pula. Harga asbes tentu akan berbeda dengan harga atap genteng merah. Maka dari itu sebelum membelinya pertimbangkan terlebih dahulu material apa yang kira-kira akan cocok dengan tipe rumah yang akan Kamu bangun.

Jenis atap yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah genteng, namun saat ini jenis atap lain yang tak kalah populernya adalah asbes. Asbes sering dijadikan sebagai alternatif genteng yang mudah dipasang dan memiliki fungsi yang baik.

Asbes memiliki kesamaan bentuk dengan atap seng namun atap asbes memiliki daya serap yang lebih baik dan tidak menimbulkan hawa panas jika terkena terik matahari di siang hari. Asbes memiliki berbagai jenis. Jenis dan harga asbes akan menentukan kualitasnya. Berikut adalah beberapa jenis asbes yang perlu Kamu ketahui:

Jenis-jenis Asbes

Jenis-jenis Asbes

Jenis-jenis Asbes

1. Asbes plastik solartuff

Jenis asbes yang pertama adalah asbes plastik solartuff. Bentuk asbes ini bergelombang seperti asbes yang lainnya. Hanya saja jenis asbes ini memiliki banyak pilihan warna menarik dan transparan seperti kaca. Jenis asbes ini cukup banyak diminati konsumen karena memiliki berbagai kelebihan. Diantaranya adalah nyaman digunakan dan teduh. Selain itu material asbes jenis ini terbuat dari polycarbonate yang membuatnya menjadi sangat kuat, bening, dan elegan. Sehingga selain bagus dari sisi kualitas, asbes jenis ini juga unggul dari segi desain. Untuk itu tak heran jika banyak digunakan pada rumah-rumah, kolam renang, gazebo, garasi, kanopi, dan lain sebagainya. Selain kokoh dan kuat, keunggulan lainnya adalah dilapisi dengan lapisan ultraviolet sehingga tidak mudah terbakar dan tahan panas dari sengatan terik matahari. Untuk harga asbes plastik solartuff bermacam-macam, namun harganya bisa dibilang masih terjangkau untuk kelasnya.

Baca  Mengenal Ukuran Asbes Beserta Merk dan Kelebihannya

2. Asbes plafon

Jenis asbes yang kedua adalah asbes plafon. Jenis asbes ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dari asbes lainnya karena asbes jenis ini biasanya digunakan untuk di dalam rumah dan memiliki fungsi untuk mempercantik bagian dalam rumah. Harga asbes plafon berbeda-beda berdasarkan ukuran asbes dan merk, semakin tebal dan besar jenis asbes maka semakin mahal harganya. Untuk itu pilihlah jenis dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Perlu diperhatikan sebelum membelinya, ukur dan pertimbangkan terlebih dahulu model dan jenis yang sesuai dengan interior rumah agar lebih serasi dengan konsep rumah yang diinginkan.  Asbes plafon terbuat dari campuran semen dan material lainnya. Karena terbuat dari material semen, asbes ini dapat dicat dengan berbagai warna dan disesuaikan dengan dekorasi yang Kamu inginkan.

3. Asbes seng gelombang

Jenis asbes lain yang juga banyak digunakan pada bangunan adalah asbes seng. Biasanya jenis asbes ini jarang digunakan untuk atap rumah karena tidak dapat menyerap panas dengan cukup baik. Asbes ini biasanya digunakan untuk atap bagian belakang rumah, gudang, ataupun bangunan lainnya selain rumah. Pemasangan asbes seng ini cukup praktis dan cepat dilakukan. Selain itu harganyapun lebih murah dan irit. Ukuran dan tebal asbes juga dapat menentukan harga.

Daftar Harga Asbes Terbaru dan Terlengkap

Harga Asbes

Harga Asbes

Merk dan Jenis Asbes

Ukuran/Berat

Harga Asbes Terbaru (Rp.)

Jabesmen gelombang150×105 mm45.000
Jabesmen gelombang180×105 mm51.000
Jabesmen gelombang210×105 mm57.000
Jabesmen gelombang240×105 mm65.000
Jabesmen gelombang270×105 mm73.000
Jabesmen gelombang300×105 mm81.000
Nok Asbespasang42.000
150 x 80 x 0.358.3 kg28.500
180 x 80 x 0.3510.2 kg33.500
210 x 80 x 0.3511.9 kg37.500
240 x 80 x 0.3513.3 kg42.500
270 x 80 x 0.3515 kg49.500
300 x 80 x 0.3516.6 kg55.500
150 x 105 x 0.412.6 kg44.500
180 x 105 x 0.414.9kg49.000
210 x 105 x 0.418 kg56.500
240 x 105 x 0.420.4 kg68.500
270 x 105x 0.423.1 kg74.000
300 x 105 x 0.425.7 kg82.000
Nok Stel Gelombang 80cm3.4 kg29.000
Nok Stel Gelombang 105cm5.2 kg38.000
Asbes Genteng 85cm x 115cm x 0.4cm7.4 kg30.000
Nok Asbes Genteng 105cm3.5 kg31.500

Kelebihan dari Penggunaan Asbes

Kelebihan Penggunaan Asbes

Kelebihan Penggunaan Asbes

Pengertian asbes adalah bahan penutup atap yang terbuat dari bahan serat yang dapat menyerap sinar matahari. Namun seiring perkembangan zaman, bahan baku asbes tidak hanya dari bahan serat saja tapi juga ada yang dari seng, dan plastic. Penggunaannya yang mudah membuat jenis atap ini cukup banyak digunakan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari menggunakan asbes:

1. Mudah dipasang

Asbes adalah salah satu alternatif pengganti atap yang praktis dan mudah dipasang. Proses pemasangan asbes ini tidak memerlukan waktu yang lama sehingga pengerjaan atap bangunan bisa lebih cepat selesai. Selain itu asbes ini tersedia dalam bentuk lembaran sehingga lebih mudah saat pemasangan dan menyusunnya. Berbeda dengan atap genteng merah yang harus dipasang satu-persatu.

2. Harga lebih terjangkau

Selain mudah dipasang kelebihan lainnya adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Harga yang paling murah adalah jenis  asbes seng dengan ketebalan tipis. Harga asbes yang lainnya juga bisa terbilang murah dan masih terjangkau dibandingkan harga atap jenis lainnya.

3. Dapat menyerap panas lebih baik

Ruangan yang atapnya menggunakan asbes biasanya terasa lebih teduh dan sejuk. Hal ini dikarenakan asbes memiliki kemampuan untuk menyerap panas dengan baik. Namun, jenis asbes yang teduh hanyalah asbes dengan bahan serat bukan asbes dari seng. Selain asbes jenis atap lain yang bisa digunakan untuk pengganti asbes adalah atap gogreen. Atap jenis ini terbuat dari material plastik baja dengan kekuatan tingkat tinggi serta aman, dan tidak mudah berkarat. Atap ini juga cocok dijadikan untuk atap rumah karena dapat memberikan 100% perlindungan terhadap sinar ultraviolet.

Cara Menggunakan Asbes yang untuk Atap yang Aman

Cara Menggunakan Asbes yang untuk Atap yang Aman

Cara Menggunakan Asbes yang untuk Atap yang Aman

Asbes terbuat dari berbagai fiber mineral alami yang memiliki serat yang cukup berbahaya jika partikel-partikel kecilnya terhirup langsung oleh hidung kita. Dalam jangka waktu lama jika pemasangan asbes tidak dilakukan dengan benar maka dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, salah satunya adalah membahayakan kesehatan. Untuk jenis asbes yang dilarang digunakan adalah asbes biru. Untuk mengurangi dampak dari penggunaan asbes, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Beberapa diantaranya adalah meninggikan tembok. Usahakan jarak asbes dan tembok cukup jauh sehingga partikel-partikel asbes tidak terhirup saat terhembus oleh angin.

Hal yang kedua adalah kamu bisa menutup bagian bawah asbes dengan menggunakan triplek atau plafon. Hal ini dikarenakan baik triplek atau plafon dapat menjadi penahan yang efektif agar partikel asbes yang berbahaya tidak turun kebawah. Tak hanya itu penutup asbes ini juga dapat membuat ruangan menjadi terlihat lebih rapi.

Memang banyak yang mengira bahwa menggunakan asbes untuk atap rumah cukup berbahaya karena dapat memberikan dampak negatif. Namun dampak negatif yang ditakutkan tersebut tidak akan terjadi jika Kamu sudah mengetahui cara menggunakannya dengan tepat dan benar. Untuk itu sebelum memutuskan untuk menggunakan asbes, kamu harus mengetahui teknik pemasangan dan penggunaannya yang benar agar aman. Demikian beberapa informasi mengenai jenis-jenis asbes, kelebihan, serta info harga asbes berdasarkan jenisnya. Semoga bermanfaat.