7 Harga Buis Beton Semua Ukuran Terlengkap 2020

Harga Buis Beton – Buis beton atau lebih dikenal dengan nama gorong-gorong beton ini merupakan salah satu jenis beton pracetak yang berfungsi untuk menahan laju air, baik air yang mengalir masuk ataupun air yang keluar.

Melihat fungsi tersebut, beton buis ini memiliki bentuk layaknya pipa dengan lingkaran penuh ataupun lingkaran setengah. Buis beton juga tersedia dalam bentuk siap pakai yang digunakan untuk pembangunan saluran air.

Kita tentu sudah sering melihat proyek pengerjaan gorong-gorong di kota-kota besar seperti Jakarta yang notabene menjadi salah satu kota yang rawan akan banjir. Maka tak heran jika penggunaan buis beton ini sangat diperlukan sekali.

Seperti sudah kita singgung diatas bahwasannya buis beton ini masuk dalam kategori beton pracetak. Dimana dalam proses pembuatannya, rangkaian besi dibuat berbentuk bulat sebagai tulangannya, biasanya juga menggunakan besi wiremesh dengan ukuran tertentu.

Harga Buis Beton Semua Ukuran Terlengkap

Harga Buis Beton

Berbicara mengenai beton pracetak yang satu ini, kami akan membahas mengenai harga buis beton, jenis, fungsi serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

Jenis Buis Beton

Perlu kalian ketahui bahwa ada beberap jenis buis beton yang memiliki perbedaan satu sama lain. Lebih jelasnya mari kita simak dibawah ini:

Berdasar Bentuk

Pabrikan buis beton pracetak membuat 2 bentuk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni bentuk lingkaran penuh dan bentuk setengah lingkaran. Kedua bentuk ini juga memiliki fungsi yang berbeda.

Untuk buis lingkaran penuh digunakan untuk pembangunan sumur resapan, sedangkan setengah lingkaran biasanya digunakan untuk drainase. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan buis lingkaran penuh dapat digunakan untuk proyek drainase dalam skala besar.

Berdasar Bahan yang Digunakkan

Bahan pembuatan buis beton adalah semen dan juga pasir pilihan. Buis beton yang pembuatannya tanpa tambahan pasir dianggap lebih kuat karena air tidak akan mudah masuk ke dalam buis.

Hal ini menjadikan buis beton jenis ini banyak digunakan untuk pengairan ataupun gorong-gorong. Nah sedangkan fungsi buis beton yang digunakan sebagai sumur resapa menggunakan jenis beton pracetak dengan tambahan pasir.

Berdasar Penggunaan Rangka atau Tulangan

Dan yang terakhir adalah berdasar penggunaan rangka atau tulangan. Buis beton dengan penggunaan rangka baja atau bertulang dikenal memiliki daya yahan yang lebih kuat.

Fungsi Buis Beton

Dan berbicara mengenai fungsi dan kegunaannya, buis beton ini banyak digunakan untuk sumur resapan, drainase dan juga gorong-gorong. Lebih jelasnya mari kira simak pembahasan fungsi beton buis berikut ini.

Sumur Resapan

Buis beton memiliki fungsi yang beragam, salah satunya adalah sebagai sumur resapan. Dalam fungsi ini buis beton digunakan untuk melapisi dinding tanah ketika membuay sumur resapan. Selain itu fungsi lainnya tentu untuk mempermudah pengerjaan sumur tanah dan menjadikan lebih hemat biaya juga.

Sumur resapan menggunakan buis beton juga dipercaya memiliki keunggulan seperti daya tahan yang lebih baik. Jenis buis beton untuk sumur resapan ini juga dikenal sebagai model pipe concrete.

Gorong-gorong

Selain digunakan untuk sumur resapan, buis beton juga banyak digunakan sebagai gorong-gorong. Sebenarnya buis beton ini memang dikhususkan untuk gorong-gorong, namun akhirnya difungsikan juga untuk kebutuhan lain.

Buis beton untuk gorong-gorong juga memiliki bentuk dan tipe yang sama dengan sumur resapan. Hanya saja untuk gorong-gorong kerap menggunakkan buis beton setengah lingkaran.

Pengairan/Drainase

Dan untuk fungsi buis beton yang terakhir adalah sebagai pengairan atau drainase. Penggunaan buis beton ini menggunakan jenis lingkaran penuh. Penggunaan beton buis ini dipercaya jauh lebih cepat dan murah dibandingkan dengan material saluran lainnya.

Harga Buis Beton

Material Buis Beton

Satuan

Harga

Buis Beton Diameter 25 x 75BhRp 89.600
Buis Beton Diameter 30 x 75BhRp 113.900
Buis Beton Diameter 50 x 75BhRp 201.000
Buis Beton Diameter 80 cmBjRp 156.500
Buis Beton Diameter 25 cmBjRp 85.000
Buis Beton Diameter 50 cmBjRp 95.000
Buis Beton Diameter 100 cmBjRp 250.000

Kelebihan dan Kekurangan Buis Beton

Setiap bahan konstruksi bangunan tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan, sama halnya dengan buis beton yang satu ini. Lalu apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliikinya, mari kita simak berikut ini:

Kelebihan

  • Pengerjaan menggunakan buis beton dinilai jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan material saluran lainnya.
  • Kemudian penggunaan buis beton sebagai material untuk pembangunan drainase juga dipercaya lebih unggul daripada menggunakan batu kali. Hal ini karena buis beton memiliki kemampuan melindungi aliran air yang lebih baik dari pada menggunakan bahan lain.
  • Harga buis beton lebih terjangkau dibandingkan dengan concrete pipe. Dan buis beton jauh lebih hemat dari pada menggunakan batu kali.

Kekurangan

Sedangkan untuk kekurangannya, buis beton ini mudah hancur dibandingkan dengan U-Ditch yang memiliki kualitas lebih baik dan unggul serta harga yang lebih mahal.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga buis beton yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga beton pracetak yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua