20 Harga Kayu Mahoni Terbaru 2020 : Reng, Papan & Balok

Harga Kayu Mahoni – Sepertinya kita semua sudah tahu bahwa kayu adalah salah satu material yang tidak akan pernah turun popularitasnya dalam urusan konstruksi bangunan. Biasanya kayu ini dibutuhkan sebagai penopang, konstruksi, dan juga material dari furniture.

Matrerial yang satu ini juga sangat cocok dengan ragam gaya bangunan. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis kayu yang sangat umum digunakan, dan salah satunya adalah Kayu Mahoni. Kayu Mahoni adalah salah material kayu yang banyak digunakan untuk furniture.

Selain kayu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan utama pembuatan furniture, harga kayu mahoni juga dikenal terjangkau dibandingkan dengan kayu jati yang dikenal memiliki harga yang sangat mahal. Namun semua memang tergantung dari kelebihan yang dimiliki kayu tersebut.

Selain memiliki kelebihan, kayu juga tentu memiliki kekurangan yang harus kita ketahui. Nah baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai harga kayu mahoni terbaru mulai dari papan, reng dan balok yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Kayu Mahoni Terbaru : Reng, Papan & Balok

Harga Kayu Mahoni

Karakteristik Kayu Mahoni

Sebelum kita ke pembahasan utama mengenai harga kayu mahoni, disini kami akan membahas terlebih dahulu mengenai karakteristik yang dimiliki oleh kayu yang satu ini. Pada umumnya kayu mahoni ini memiliki karakteristik warna merah mudah dan pucat.

Akan tetapi ada juga sebagian kayu mahoni lain yang memiliki warna merah tua. Sebenarnya warna tersebut dapat dilihat dari usia kayu mahoni tersebut, jika warnanya merah muda berarti kayu tersebut masih muda, sedangkan warna merah tua menandakan kayu tersebut sudah berusia tua.

Kemudian karakteristik lainnya adalah dimana pada bagian pinggir kayu berwarna putih. Sedangkan untuk seratnya, kayu mahoni memiliki serat lurus dan terpadu. Hal inilah yang membuat kayu mahoni jadi lebih mudah untuk diproses sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Tekstur kayu mahoni juga halus karena memiliki pori-pori yang sangat kecil. Jadi bukan tanpa alasan mengapa jenis kayu ini banyak digunakan untuk bahan utama pembuatan furniture seperti meja, lemari, kusen pintu, kusen jendela, kursi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Mahoni

Seperti yang sudah kita singgung diatas bahwa setiap kayu tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang wajib kita ketahui sebelum membeli kayu tersebut. Nah disini kami telah menyiapkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari kayu mahoni yang satu ini. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak berikut ini:

Kelebihan

Kepopuleran dari kayu mahoni ini juga bukan tanpa alasan, melainkan karena kayu mahoni memiliki banyak sekali kelebihan. Pertama adalah pada bagian serat yang halus sehingga membuat kayu ini sangat menawan ketika dilapisi dengan warna cat natural atau klasik.

Kemudian kayu mahoni juga memiliki kandungan minyak yang cukup rendah, sehingga hal ini dapat membuat kayu mahoni ini dapat dilapisi dengan cat duco tanpa menimbulkan noda kuning seperti pada jenis kayu jati yang kurang cocok jika dicat dengan menggunakan cat duco.

Untuk segi tampilan juga kayu mahoni tetap menawan meskipun tidak dibalut dengan lapisan cat duco, karena warna asli dari kayu ini sudah sangat indah dan menawan. Warna merah tua yang dimiliki kayu mahoni memang terlihat sangat eksotis dan unik.

Keunikan warna tersebut hampir tidak ada kayu lain yang dapat menyamai keunikan warna yang dimilikinya. Lalu pada bagian permukaan kayu mahoni juga sangat stabil sehingga tidak mudah menyusut atau berubah bentuk. Sangat wajar jika kayu mahoni banyak digemari untuk pembuatan alat musik dan kusen jendela.

Kemudian untuk soal harga, harga kayu mahoni sendnri dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga kayu jati. Walaupun demikian, kualitas dari kayu ini tetap terjamin. Stok kayu mahoni ini juga sangat mudah ditemukan di pulau Jawa.

Kekurangan

Sedangkan untuk kekurangan dari kayu mahoni yang pertama adalah sangat mudah diserang hama seperti rayap selama masih menjadi bahan baku. Tidak jarang para petani mahoni mengalami kerugian dikarenakan kayu menjadi berlubang ketika masih menjadi bahan.

Maka dari itu untuk mengatasi hal ini, para petani kerap menyimpan kayu mahoni ditempat yang aman dan juga harus selalu diperhatiakn dan dicek secara berkala agar tidak ada hama serangga yang menyerang kayu ini. Selain itu cara mengatasi lainnya adalah dengan memberikan obat dan proses oven yang sempurna.

Jika sudah dilakukan hal demikian biasanya kayu mahoni akan lebih kuat terhadap serangan hama serangga. Kekurangan berikutnya adalah kurang cocok untuk dijadikan sebagai furniture di luar ruangan. Selain mudah diserang hama, kayu mahoni juga kurang tahan terhadap cuaca yang ekstrim. Karena dapat menyebabkan timbulnya jamur pada permukaan kayu.

Harga Kayu Mahoni

Untuk harga kayu mahoni ini, kami telah menyiapkan tabel daftar harga kayu mahoni yang dapat kalian simak dibawah ini:

Tipe Kayu Mahoni

UkuranPanjang

Harga

Kaso Lepasan Mahoni4 x 62 MeterRp 30.000
Kaso Lepasan Mahoni5 x 72 MeterRp 30.000
Kaso Ikatan Mahoni5 x 72 MeterRp 30.000
Kaso Ikatan Mahoni4 x 62 MeterRp 30.000
Reng Ikatan Mahoni3 x 42 MeterRp 30.000
Reng Ikatan Mahoni2 x 32 MeterRp 30.000
Reng Lepasan Mahoni2 x 32 MeterRp 30.000
Reng Lepasan Mahoni3 x 42 MeterRp 30.000
Papan Kayu Mahoni3 x 202 MeterRp 30.000
Papan Kayu Mahoni2 x 202 MeterRp 30.000
Papan Kayu Mahoni4 x 202 MeterRp 3.000.000
Papan Kayu Mahoni3 x 252 MeterRp 3.250.000
Papan Kayu Mahoni6 x 202 MeterRp 3.150.000
Papan Kayu Mahoni5 x 202 MeterRp 3.150.000
Papan Kayu Mahoni4 x 302 MeterRp 3.350.000
Papan Kayu Mahoni3 x 302 MeterRp 3.350.000
Balok Kayu Mahoni6 x 152 MeterRp 30.000
Balok Kayu Mahoni5 x 102 MeterRp 30.000
Balok Kayu Mahoni6 x 122 MeterRp 30.000
Balok Kayu Mahoni8 x 122 MeterRp 30.000

Pada tabel daftar harga kayu mahoni diatas kalian dapat melihat beberapa jenis kayu mahoni, mulai dari kaso, reng, papan dan balok mahoni yang dibanderol dengan harga yang bervariatif.

Untuk harga papa kayu mahoni biasanya ada yang dibanderol dengan harga per lembar, dan ada juga yang dibanderol dengan harga per kubik. Harga rata-rata kayu mahoni diatas  dibanderol dengan harga Rp 30.000 per batangnya.

Sedangkan untuk harga papan kayu mahoni per kubik dibanderol dengan harga diatas Rp 3 jutaan. Ukuran dari papan tersebut juga berbeda-beda, namun panjang rata-rata kayu mahoni adalah 2 meter.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai daftar harga kayu mahoni yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga memberikan informasi mengenai pengetahuan kayu mahoni mulai dari karakteristik, kelebihan kayu mahoni dan juga kekurangan kayu mahoni.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain yang telah bursabajaringan.com sampaikan mengenai harga kayu jati dipostingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua