15 Harga Kayu Reng Per Batang 2020 : Ukuran & Fungsi

Harga Kayu Reng – Konstruksi atap rumah memang memiliki beragam jenis komponen yang dapat menjaga atap rumah menjadi kuat dan tahan lama. Dan yang paling kerap digunakan oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia adalah Atap Kayu. Kayu memang masih menjadi salah satu material yang mungkin tak pernah tergantikan.

Walaupun masih ada beberapa pilihan untuk kontruksi atap seperti beton dan juga baja ringan, namun kayu lebih diutamakan karena memiliki harga yang cukup murah dan juga untuk soal kualitas dan kekuatannya sangatlah baik. Sebenarnya kuat atau tidak tergantung dengan jenis kayu yang digunakan.

Jika bahan kayu tersebut memiliki kekerasan yang baik maka kekuatannya juga semakin baik, namun sebaliknya jika kayu tersebut memiliki kekerasan yang kurang baik, maka kekuatannya juga kurang. Hal ini juga dapat diimbangi dengan struktur rangka atap yang baik dan juga presisi ketika pemasangan.

Rangka atap kayu ini memiliki beberapa bagian mulai dari kuda-kuda, kaso, gording dan juga reng. Setiap bagian tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai reng yang merupakan salah satub bagian terpenting dalam konstruksi atap.

Harga Kayu Reng Per Batang : Ukuran & Fungsi

Harga Kayu Reng

Fungsi Kayu Reng

Pembahasan pertama yang akan kita bahas adalah mengenai fungsi daripada kayu reng sendiri. Reng bukan hanya digunakan pada atap konstruksi saja, melainkan dapat digunakan juga untuk konstruksi atap baja ringan.

Dimana fungsi reng sendiri adalah sebagai tumpuan genteng atau penutup atap lainnya seperti seng, asbes dan lain sebagainya. Tanpa adanya kayu reng ini tentu genteng tidak akan bisa dipasang karena akan langsung menimpa usuk atau taso.

Posisi pemasangan reng ini berada diatas usuk dan dipasang pada arah tegak lurus dengan jarak menyesuaikan panjang genteng atau penutup atap yang digunakan. Dengan tidak adanya reng, maka sudah dipastikan genteng tidak akan pernah dapat dipasang.

Posisi pemasangan juga harus benar-benar tepat dan diukur sesuai dengan genteng yang akan digunakan. Karena reng ini memiliki fungsi yang sangat penting, maka kami menyarankan untuk menggunakan kayu yang memiliki kekuatan yang baik agar konstruksi atap dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Reng kayu bengkirai atau kayu meranti juga dapat menjadi salah satu pilihan kalian. Namun perlu kalian ketahui juga bahwa reng kayu tersebut memiliki harga yang sangat mahal dibandingkan dengan reng kayu sengon yang umumnya cukup murah.

Ukuran Kayu Reng

Kemudian untuk soal ukuran, kayu reng memiliki 2 ukuran yang umumnya digunakan, yakni 2 x 3 cm dan 3 x4 cm dengan panjang berkisar 3-4 meter. Ukuran kayu reng memang lebih kecil dibandingkan dengan kayu usuk, jadi sangat pantas jika harga kayu reng lebih murah dibandingkan dengan kayu usuk. Walaupun dimensinya cukup kecil akan tetapi dari segi fungsi sangatlah penting.

Harga Kayu Reng

Informasi mengenai ukuran dan fungsi telah kami sampaikan diatas, nah selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai daftar harga kayu reng yang dapat kalian simak berikut ini.

Jenis dan Ukuran Kayu Reng

Panjang Kayu Reng

Harga

Reng Kayu Meranti 2 x 3 cm4 meterRp 12.000
Reng Kayu Meranti 3 x 4 cm4 meterRp 15.000
Reng Kayu Borneo 2 x 3 cm4 meterRp 17.000
Reng Kayu Borneo 3 x 4 cm4 meterRp 20.500
Reng Kayu Kamper 2 x 3 cm4 meterRp 20.500
Reng Kayu Kamper 3 x 4 cm4 meterRp 22.000

Harga Reng Kayu Jati dan Akasia Per Meter

Jenis Reng Kayu

Ukuran & Kelas

Harga/meter

Reng Kayu Jati2 x 3 cm Kelas 1Rp 3.500
Reng Kayu Jati2 x 3 cm Kelas 2Rp 2.500
Reng Kayu Jati3 x 4 cm Kelas 1Rp 6.000
Reng Kayu Jati3 x 4 cm Kelas 2Rp 5.000
Reng Kayu Akasia2 x 3 cm Kelas 1Rp 3.000
Reng Kayu Akasia2 x 3 cm Kelas 2Rp 2.000
Reng Kayu Akasia3 x 4 cm Kelas 1Rp 5.000
Reng Kayu Akasia3 x 4 cm Kelas 2Rp 4.000

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga kayu reng, mulai dari reng kayu jati, akasia, meranti, borneo dan juga kamper. Setiap harga diatas tentu berbeda-beda di setiap wilayah. Maka dari itu untuk tahu pasti harga dan ukuran serta stoknya kalian dapat datang langsung ke toko bangunan terdekat.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga kayu usuk yang telah bursabajaringan sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua