15 Harga Kayu Trembesi Semua Ukuran Terbaru & Terlengkap 2020

Harga Kayu Trembesi – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu kayu berkualitas yang satu ini, Kayu Trembesi. Kayu yang satu ini banyak digemari oleh orang-orang karena memiliki karakteristik yang bagus dan berkualitas.

Kayu Trembesi adalah kayu dari pohon bergenus Albizia yang saat ini cukup mudah ditemui di Indonesia, tepatnya di kawasan Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Pohon Trembesi ini dapat tumbuh dalam waktu yang cukup cepat.

Lain halnya dengan pohon Jati yang tumbuh sangat lama hingga puluhan tahun untuk mendapatkan jenis kayu yang berkualitas tinggi. Untuk kayu Trembesi ini yang memiliki masa tumbuh cepat, kayu ini banyak diproduksi sebagai papan kayu ataupun balok kayu.

Selain itu kegunaan dari kayu Trembesi adalah sebagai bahan utama pembuatan furniture. Lalu untuk harganya juga bisa dikatakan cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kayu Jati. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasi harga kayu Trembesi semua ukuran berikut ini.

Harga Kayu Trembesi Semua Ukuran Terbaru & Terlengkap

Harga Kayu Trembesi

Fungsi Kayu Trembesi

Seperti sudah kami singgung diatas bahwa kayu Trembesi ini banyak dijadikan sebagai produk papan kayu dan juga balok. Nah selain itu banyak juga para pengrajin kayu yang menggunakan kayu Trembesi sebagai bahan utama pembuatan furniture.

Furniture tersebut juga beragam, mulai dari meja maka, meja bar, meja dapur, meja santai dan masih banyak lagi jenis-jenis furniture lainnya. Digunakan sebagai bahan utama pembuatan furniture juga bukan tanpa alasan, karena serat dan tampilan kayu Trembesi dikenal cukup unik dan indah.

Karakteristik Kayu Trembesi

Dari segi tampilan, kayu ini memiliki bagian tenga yang berwarna gelap cokelat tua dengan sedikit garis-garis hitam. Disamping itu warna putih gading terletak pada bagian pinggir kayu. perbedaan yang sangat mencolok inilah yang malah menjadikan kayu ini memiliki tampilan yang unik.

Untuk beratnya, kayu ini memiliki berat yang setara dengan kayu jati dan akasia. Rata-rata beratnya mencapai 0,6 kg per meter kubik, sehingga kayu Trembesi ini masuk dalam golongan kayu berat. Kemudian dari tingkat keawetannya berada di kelas IV, sedangkan kekuatannya berada di kelas III.

Secara umum tingkat kepadatan Trembesi ini ada dikelas menengah dan di bawah kayu jati tentunya. Walaupun demikian kayu ini tetap layak dilirik sebagai pengganti kayu jati.

Harga Kayu Trembesi Semua Ukuran

Untuk soal harga, kayu Trembesi ini rata-rata dijual dengan ukuran yang bervariasi, dimana harga log Kayu Trembesi ukuran diameter 50 cm adalah Rp 1,5 juta hingga Rp 1,9 juta tergantung dari kualitasnya. Nah lebih jelasnya mari kita simak daftar harganya berikut ini.

Harga Log Kayu Trembesi

Ukuran Log Kayu Trembesi

Harga

Log 40 cmRp 1.500.000 – Rp 1.900.000
Log 50 cmRp 2.300.000
Log 60 cmRp 3.000.000
Log 70 cmRp 3.800.000

Harga Produk kayu Trembesi

Produk Barang Kayu Trembesi

Harga Kisaran

Meja Makan 180 x 180 cmRp 2.700.000
Meja Makan Trembesi 300 x 90 cmRp 5.500.000
Meja Bar Tride TrembesiRp 6.500.000
Meja Makan L686 TrembesiRp 6.500.000
Meja Makan Trembesi K6Rp 7.500.000
Meja Makan Trembesi 400 x 90 cmRp 7.500.000
Meja Dapur TrembesiRp 8.375.000
Set Meja Makan TrembesiRp 10.000.000 – Rp 14.000.000
Meja Santai TrembesiRp 11.750.000
Lemari Kayu TrembesiRp 12.000.000
Meja Makan Trembesi 550 x 100 cmRp 20.000.000

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Trembesi

Kalian juga harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kayu Trembesi ini, lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Kelebihan

Pohon Trembesi ini dapat tumbuh dengan diameter mencapai 1,5 meter. Dimana dengan ukuran tersebut kalian dapat membuat furniture yang berukuran besar, contohnya meja makan tanpa harus menyambung 2 papan terlebih dulu.

Penggunaan kayu ini juga dapat menekankan kesan yang tangguh dan kokoh. Tidak ada komponen kayu yang memiliki ketebalan di bawah 3 cm. Rata-rata ketebalan untuk meja dan lemari hanya sekitar 4 cm hingga 15 cm. Ketebalan ini tidak akan kaliantemua pada furniture kayu jati.

Kekurangan

Sedangkan untuk kekurangannya, kayu ini memiliki tingkat keawetan dan kekuatan  yang cukup rendah dibandingkan kayu jati. Hal ini menjadikan kayu Trembesi sangat rentan terhadap serangan rayap, jamur dan juga kutu bubuk.

Disamping itu kayu Trembesi juga kurang kuat untuk menopang benda yang terlalu berat, jadi banyak digunakan sebagai bahan pembuat meja atau daun pintu lemari, bukannya rangka atap atau material bangunan.

Hanya itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca artikel lain mengenai harga kayu sengon yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua