Harga Pipa Conduit Semua Ukuran dan Jenis Terbaru Agustus 2019

Harga Pipa Conduit – Sebuah bangunan gedung tentu memerlukan berbagai infrastruktur yang sangat baik dan berkualitas agar semua kegiatan operasional di gedung tersebut bisa berjalan dengan tanpa hambatan. Salah satu infrastruktur yang sangat diperlukan adalah pipa pengaman instalasi kabel yaitu pipa conduit. Kabel-kabel dalam sebuah gedung tentu memerlukan pengaman agar terhindar dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Seperti benda-benda jatuh, terkena panas dan hujan, digigit tikus dan lain sebagainya. Kerusakan yang disebabkan oleh hal-hal tersebut tentunya dapat merusak kabel dan mengganggu ke berbagai fasilitas bangunan yang memerlukan aliran listrik. Maka dari itu menggunakan pipa pelindung kabel adalah hal yang sangat penting. Pipa jenis ini memiliki berbagai jenis. Harga pipa conduit sangat beragam berdasarkan jenis dan ukuran panjangnya.

Pipa penghantar listrik memiliki beragam jenis, setiap jenis yang berbeda memiliki material yang berbeda. Material yang digunakan pada pipa tentu akan berpengaruh pada  kualitas dan harga pipa conduit. Terdapat pipa dengan harga termurah hingga harga yang cukup tinggi. Berikut adalah beberapa jenis pipa pelindung penghantar listrik yang biasa digunakan:

Jenis-Jenis Pipa Conduit

Jenis-Jenis Pipa Conduit

Jenis-Jenis Pipa Conduit

1. Pipa Conduit Clipsal

Jenis pipa pelindung penghantar listrik yang pertama adalah pipa conduit Clipsal. Pipa jenis ini dapat melindungi instalasi kabel dengan sangat baik karena terbuat dari bahan PVC yang sangat lentur dan fleksibel sehingga tidak mudah rusak atau patah saat dibengkokan. Jenis pipa yang digunakan biasanya pipa Clipsal diameter 20mm warna putih. Penggunaan pipa ini bisa dipasang di dalam tembok (inbow) ataupun dipasang di luar tembok atau plafon (outbow).

Pemasangannya pun cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama jika dikerjakan oleh ahlinya. Kelebihan dari menggunakan pipa ini adalah kabel listrik dapat sangat terlindungi dan terhindar dari berbagai kerusakan seperti korosi ataupun akibat binatang. Harga pipa conduit Clipsal 20mm ini dibandrol sekitar 13ribu per 3 meter. Jenis pipa ini cocok digunakan di gedung-gedung, tempat industry, ataupun di rumah-rumah.

Baca  Harga Hollow Aluminium Semua Ukuran Terbaru Agustus 2019

2. Pipa Conduit Ega

Selain pipa Clipsal, jenis pipa pelindung penghantar listrik lainnya adalah pipa conduit ega. Jenis pipa ini tersedia dalam ukuran 20mm dan 25mm warna putih dan hitam. Pipa ini dapat dibengkokkan (dibending) dan tidak mudah pecah atau rusak. Selain itu saat ini tersedia pipa conduit Ega baru yaitu Ega Easy yang memiliki ketebalan pipa yang lebih tipis tapi memiliki kualitas dan fungsi yang sama. Harga pipa conduit Ega dibandrol lebih murah dari pipa Clipsal. Pipa Ega dibandrol dengan harga sekitar 9ribu per 3 meter.

3. Pipa Conduit Galvanis

Jenis pipa conduit yang lainnya adalah pipa conduit Galvanis. Jenis pipa ini biasa digunakan untuk melindungi kabel dan dipasang di luar ruangan dengan cara ditanam di dalam tanah. Material yang digunakan adalah besi Galvanis dengan ketebalan 1mm dan panjang 3.8mm. Harga yang ditawarkan untuk pipa jenis ini memang lebih mahal dibandingkan dengan yang sebelumnya, namun dari segi kualitasnya tentu lebih baik. Pipa Galvanis ini biasa juga disebut pipa ledeng dan digunakan untuk keperluan tiang lampu taman, dan dak standar.

Daftar Harga Pipa Conduit Terbaru dan Terlengkap

Harga Pipa Conduit

Harga Pipa Conduit

Jenis Pipa Conduit

Harga Pipa Conduit

Pipa Conduit Clipsal 20mmRp. 11.000/3 Meter
Pipa Conduit Clipsal 25mmRp. 19.500/3 Meter
T-Dos Clipsal 20mm 3 LubangRp. 6.500
T-Dos Clipsal 25mm 3 LubangRp. 12.500
Cross-Dos Clipsal 20mm 4 LubangRp. 7.000
Cross-Dos Clipsal 25mm 4 LubangRp. 13.500
Sok Pipa Clipsal 20mmRp. 75.000/pak isi 100 pcs
Sok Pipa Clipsal 25mmRp. 110.000/pak isi 50 pcs
Klem Pipa Clipsal 20mmRp. 76.000/pak isi 100 pcs
Klem Pipa Clipsal 25mmRp. 111.000/pak isi 50 pcs
ElBow Clipsal 20mmRp. 8.000
Elbow Clipsal 25mmRp. 10.500
Flexible Clipsal 20mmRp. 239.000/50 Meter
Flexible Clipsal 25mmRp. 469.000/50 Meter
Baca  20 Harga Lemari Arsip Besi Termurah dan Terbaru Agustus 2019

Pipa pelindung kabel ini memiliki banyak manfaat dan keuntungan sehingga banyak digunakan untuk keperluan bangunan-bangunan. Berikut adalah beberapa keuntungan pipa conduit yang perlu diketahui:

Keuntungan Menggunakan Pipa Conduit

Keuntungan Menggunakan Pipa Conduit

Keuntungan Menggunakan Pipa Conduit

1. Sangat fleksibel dan mudah dibending

Pipa conduit Clipsal ataupun jenis Ega memiliki kelebihan cukup lentur sehingga dapat dibengkokkan dengan mudah. Karena keelastisitasannya, pipa ini bisa menarik konduktor ataupun kawat dengan mudah bahkan dalam tikungan 90 derajat. Pipa ini dapat ditekuk menjadi seperti huruf U, namun untuk menekuknya diperlukan alat khusus. Selain itu karena bahannya yang elastis membuat pipa ini tidak mudah rusak dan tahan lama.

2. Terbuat dari bahan berkualitas

Pipa conduit yang berwarna putih memiliki kualitas yang lebih baik sehingga lebih banyak digunakan. tak hanya itu conduit ini diproduksi menggunakan double srew machine yang membuatnya menjadi sangat berkualitas dan aman digunakan sebagai pelindung penghantar listrik.

3. Ringan dan mudah dipotong

Pipa pelindung ini juga cukup ringan dan mudah dipotong untuk menyesuaikan dengan keperluan. Jika panjang pipa conduit terlalu panjang, maka Anda bisa memotongnya dengan mudah karena materialnya yang terbuat dari PVC. Selain itu, setelah dipotong hasil pipa potongannya juga akan tetap terlihat rapi.

4. Tidak mudah terbakar

Pipa pelindung kabel ini juga memiliki sifat yang tidak mudah terbakar dan tahan api sehingga aman digunakan di tempat-tempat industry ataupun bangunan lainnya. Karena keamanannya tak heran jika pipa ini banyak digunakan oleh konsumen.

5. Tidak mudah rusak karena cuaca

Faktor cuaca seperti panas dan hujan dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa infrastruktur. Namun, tidak pada pipa conduit. Pipa pelindung kabel ini terbuat dari bahan berkualitas sehinga dapat tahan terhadap cuaca dan suhu. Untuk itu Anda tidak perlu lagi khawatir akan ada kerusakan akibat suhu dan cuaca. Selain tahan terhadap cuaca pipa ini juga bisa bertahan dari binatang kecil dan gigitan tikus.

Baca  Harga Polycarbonate Meteran Semua Ukuran Terbaru Agustus 2019

6. Memiliki tampilan yang menarik

Pipa pelindung kabel ini bisa dipasang di dalam ataupun di luar tembok. Jika dipasang di luar tembok pipa ini dapat divariasikan sedemikian rupa hingga menampilkan keindahan. Warna pipa yang putih bersih bisa sekaligus dijadikan sebagai dekorasi yang menarik. Bahkan Anda juga dapat menghiasnya dengan cat yang warna-warni jika ingin.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemasangan Pipa Conduit

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemasangan Pipa Conduit

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemasangan Pipa Conduit

Agar pemasangan pipa tidak salah dan berjalan sesuai dengan fungsinya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan pipa:

1. Bagi Anda yang ingin memasang pipa conduit di dalam dinding, usahakan untuk melakukan pemasangan sebelum tahap plesteran. Hal ini ditujukan agar tidak membuat dinding menjadi begelombang.

2. Untuk pemasangan pipa di atas plafon, perhatikan terlebih dahulu mengenai jalur-jalur instalasi yang akan digunakan. Hal ini ditujukan agar pipa tidak berbenturan dan tertumpuk dengan kabel lain dan bisa membuatnya terlihat tidak rapih. Untuk itu Anda perlu mengkoordinasikannya dengan tepat.

3. Pertemuan pipa conduit pada plafon dengan pipa sparing perlu menggunakan doos penyambungan dan harus dipasang dengan cara klem.

4. Siapkan kawat pancing untuk mempermudah saat penarikan kabel di dalam pipa conduit.

Menggunakan pipa conduit adalah hal yang sangat penting untuk menjaga dan melindungi kabel-kabel listrik untuk di luar gedung ataupun di dalam gedung agar tak mudah rusak. Kerusakan kabel bisa disebabkan oleh berbagai hal. Untuk itu sebelum kerusakan terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan meggunakan pipa pelindung kabel yang memiliki kualitas yang tinggi. Kualitas, jenis dan harga pipa conduit bermacam-macam, sehingga Anda dapat menggunakan pipa yang sesuai dengan kebutuhan pada bangunan.