Harga Pipa Galvanis Semua Ukuran Terbaru Oktober 2019

Harga Pipa Galvanis – Saat melengkapi proses pembangunan Anda dengan memasang segala instalasi yang dibutuhkan, salah satu bahan yang sering digunakan dalam instalasi ini adalah pipa. Memilih pipa juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Diantara banyaknya jenis pipa yang ada saat ini, jenis yang sedang banyak diminati adalah pipa galvanis. Memiliki spesifikasi yang berkualitas, harga pipa galvanis yang cukup terjangkau adalah beberapa alasan banyaknya penggunaan jenis pipa ini. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan material ini, ada baiknya jika Anda mengenal lebih dalam terlebih dahulu tentang pipa galvanis.

Jika berbicara tentang pipa, jenis yang lebih umum dikenal di masyarakat adalah jenis pipa PVC. Namun, masih ada berbagai jenis pipa lainnya yang juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan konstruksi, sebut saja pipa galvanis. Jenis pipa ini adalah pipa yang terbuat dari besi namun masih dilapisi lagi dengan bahan seng yang berfungsi untuk mencegah timbulnya korosi. Jika dibandingkan, harga pipa galvanis memang lebih mahal daripada pipa PVC. Hal tersebut karena pipa ini memiliki fungsi yang lebih penting. Seperti beberapa kegunaan atau fungsi berikut.

Fungsi dan Kegunaan Pipa Galvanis

Fungsi dan Kegunaan Pipa Galvanis

Fungsi dan Kegunaan Pipa Galvanis

1. Pelindung Kabel

Ketika melakukan instalasi listrik di rumah, kabel-kabel yang digunakan untuk instalasi itu pasti berserakan dan tidak teratur. Terutama untuk kabel yang letaknya di luar rumah. Jika dibiarkan, kabel-kabel itu bisa cepat putus dan tentu saja membahayakan penghuninya. Untuk menghindarinya, ketika proses instalasi tak jarang pipa Galvanis ini digunakan untuk melindungi kabel-kabel tersebut. Adanya lapisan pelindung yang membuatnya anti korosi memang membuat Anda harus mengeluarkan budget ekstra untuk mendapatkan pipa karena harga pipa galvanis ini sedikit lebih tinggi. Namun, Anda akan bisa merasakan sendiri manfaatnya.

2. Bahan Konstruksi Bangunan

Pipa jenis Galvanis ini juga banyak dimanfaatkan dalam pembuatan konstruksi bangunan. Salah satu pemanfaatan yang populer adalah digunakan untuk pagar rumah. Lapisan anti karat yang melindungi permukaan pipa ini memang membuat harga pipa galvanis melambung semakin tinggi. Namun, harga itu akan sebanding dengan kualitas yang akan Anda dapatkan. Banyak pemilik rumah memilih menggunakan jenis pipa ini karena lebih awet. Ada juga yang mamanfaatkannya untuk membuat pegangan pada tangga. Dengan begitu tampilan rumah Anda jadi lebih mewah.

Baca  Harga Semen Gresik Per Sak dan Per Kg Terbaru Oktober 2019

3. Untuk Sistem Saluran Air

Pipa Galvanis ini juga banyak digunakan untuk pemasangan saluran air. Lapisan anti karatnya sangat cocok untuk digunakan dalam pemasangan sistem saluran air. Namun yang perlu diperhatikan, pipa ini tidak disarankan untuk saluran air panas ataupun saluran gas.

Daftar Harga Pipa Galvanis Semua Ukuran

Daftar Harga Pipa Galvanis Semua Ukuran

Daftar Harga Pipa Galvanis Semua Ukuran

Tipe Pipa Besi Galvanis

Ukuran

Harga

Galvanis Medium1/2  inchi x 2,45mm x 6mRp. 112.000
Galvanis Medium3/4  inchi x 2,45mm x 6mRp. 144.000
Galvanis Medium1 inchi x 3mm x 6mRp. 221.000
Galvanis Medium1- 1/4 inchi x 3,10mm x 6mRp. 292.000
Galvanis Medium1- 1/2 inchi x 3,10mm x 6mRp. 335.000
Galvanis Medium2 inchi x 3,40mm x 6mRp. 457.000
Galvanis Medium2- 1/2 inchi x 3,40mm x 6mRp. 583.000
Galvanis Medium3 inchi x 3, 75mm x 6mRp. 752.000
Galvanis Medium4 inchi x 4,20mm x 6mRp. 1.089.000
Galvanis Medium5 inchi x 4, 60mm x 6mRp. 1.466.000
Galvanis Medium6 inchi x 4, 60mm x 6mRp. 1.745.000
Galvanis Medium8 inchi x 6, 10mm x 6mRp. 3.092.000

Karena diproduksi mengikuti kebutuhannya, maka jenis atau tipe-tipe pipa ini juga tidaklah sama. Ada pipa Galvanis yang berbentuk seperti pipa biasa. Ada juga yang berbentuk lembaran, berbentuk seperti huruf U, kotak huruf C dan masih banyak bentuk lainnya. Karena itulah Anda harus melakukan survei secara mendalam terlebih dahulu sebelum membeli pipa ini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika membeli pipa jenis harus disesuaikan dengan kebutuhan. Ada beberapa ukuran pipa galvanis yang banyak digunakan. Namun, tipe yang lebih banyak digunakan dan sudah memiliki standar adalah galvanis tipe standar dan galvanis tipe sch 4. Keduanya dibedakan oleh ketebalan, yang mana untuk tipe sch 40 berukuran lebih tebal.

Baca  Harga Lem Kaca Murah : Meja Makan, Kayu & Aquarium Oktober 2019

Spesifikasi dari pipa galvanis juga ditentukan dari banyak hal, mulai dari jenis atau tipe lalu ketebalan dindingnya. Dinding pipa atau schedule pada pipa besi ini masih dibagi lagi ke dalam beberapa kelompok tergantung kualitasnya, yakni kelas Medium B, Kelas Medium A dan kelas Nonmedium. Nah, untuk ketebalan schedule atau bagian dalam pipanya, kelompok-kelompok ini masing-masing juga memiliki ketebalan schedule yang bervariasi, yaitu antara 1mm hingga seterusnya.

Keunggulan Pipa Galvanis

Keunggulan Pipa Galvanis

Keunggulan Pipa Galvanis

Sudah dijelaskan sebelumnya jika pipa jenis galvanis ini adalah pipa yang saat ini banyak dan digemari untuk dimanfaatkan dalam konstruksi rumah. Tidak hanya digunakan sebagai saluran air, pelindung kabel dan bahan pembuat pagar rumah saja, bahkan jenis pipa besi galvanis ini juga banyak ditemukan pada bagian pegangan tangga. Tentu bukan tanpa alasan jika banyak orang yang memilih menggunakan pipa besi Galvanis dibandingkan dengan jenis pipa lainya. Seperti beberapa keunggulan dari pipa galvanis berikut.

1. Anti Karat

Sudah dijelaskan di atas, jika pipa galvanis merupakan sebuah jenis pipa yang terbuat dari besi baja. Karena terbuat dari bahan besi, pipa jenis ini juga tak lepas dari ancaman karat. Namun tak perlu khawatir jika Anda menggunakan pipa galvanis. Hal tersebut karena pipa galvanis sendiri sudah dibuat dengan lapisan anti karat sehingga Anda tidak perlu khawatir karena pipa ini menggunakan bahan dasar besi.

2. Tahan Banting

Banyak orang yang ragu saat menggunakan pipa PVC sebagai bahan untuk konstruksinya. Hal tersebut karena pipa PVC terbuat dari bahan yang membuatnya rapuh atau mudah pecah. Namun berbeda dengan pipa satu ini. Karena terbuat dari bahan besi, sudah pasti pipa ini memiliki sifat tahan banting. Mau dijatuhkan berapa kali pun pipa galvanis ini akan tetap bertahan.

Baca  Daftar Harga Pipa PVC Kelebihan dan Ukuran Oktober 2019

3. Tahan Lama

Berdasarkan dua spesifikasi di atas saja sudah memberikan jaminan kalau pipa besi yang Anda gunakan akan bertahan lama. Apalagi jika bahan pipa galvanis ini ditempatkan di bagian luar rumah.

4. Harga Ekonomis dan Hemat

Keunggulan terakhir yang membuat banyak orang memilih menggunakan pipa besi galvanis adalah harganya yang cukup terjangku. Harganya memang tidak seterjangkau jenis pipa lain seperti pipa PVC. Namun Anda tidak akan kecewa dengan hasil dan kualitasnya.

Berbicara tentang harga pipa Galvanis di pasaran, harga yang dibandrol sangat beragam tergantung bentuk dan ukurannya. Untuk jenis sendiri, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis pipa besi yang saat ini banyak digunakan adalah jenis standar dan jenis sch 4.0.  Keduanya tentu saja dibandrol dengan harga yang berbeda pula. Untuk besi jenis svh 4.0 bisa diabanderol dengan harga 600-700 ribuan per batangnya. Harga ini juga bisa berubah lagi tergantung pada berat pipa galbanis tersebut.

Nah, berdasarkan penjelasan sebelumnya tentang ukuran schedule atau tebal bagian dalam pipa, ukuran schedule ini jugalah yang akan mempengaruhi berat dari pipa besi tersebut. Sebagai contoh sederhana misalnya, ada 2 jenis pipa besi dengan diameter yang sama. Namun, setelah ditimbang ternyata beratnya berbeda. hal tersebut menunjukkan jika keduanya memiliki nomor medium yang berbeda.

Sebagai contoh lainnya adalah pipa galvanis berukuran 2inchi. Pipa ini memiliki ukuran panjang hingga 6 meter dan ketebalan hingga 1.5 mm. Untuk harga pipa Galvanis 2 inch ini dibanderol dengan harga antara 200-250 ribuan per batangnya. Nah, demikian tadi adalah penjelasan lengkap dan jelas tentang pipa galvanis mulai dari spesifikasi, kegunaan dan keunggulan menggunakan pipa jenis ini.