18 Harga Veneer Kayu 2020 : Fungsi, Kelebihan & Cara Pemasangan

Harga Veneer Kayu – Salah satu jenis bahan bangunan yang kerap digunakan dan wajib digunakan adalah kayu. Dimana kayu sendiri memang memiliki andil yang cukup penting, mulai dari penggunaan papan cor, reng, usuk dan juga tiang penyangga rumah yang biasa digunakan oleh rumah-rumah model jawa.

Berbicara mengenai kayu, apakah kalian penah mendengar veneer kayu? Mungkin dari kalian sudah ada beberapa yang mengetahui material yang satu ini, namun bagi yang belum, disini kami akan membahas mengenain veneer kayu mulai dari harga veneer kayu, fungsi, kelebihan dan juga cara pemasangannya.

Veneer kayu sendiri merupakan lembaran kayu dengan ketebalan 0,24 mm hingga 3 mm yang didapat melalui proses pengupasan jenis kayu tertentu seperti jati, sungkai, mindi dan juga kayu oak. Veneer kayu saat ini kerap menjadi pilihan sebagai material finishing baik untuk perabot ataupun material mentah seperti papan kayu lapis atau papan kayu blockboard.

Hal ini tentu akan sangat membantu untuk meratakan permukaan menjadi lebih rata. Selain itu veneer kayu juga memiliki beberapa jenis. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai harga veneer kayu yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Veneer Kayu : Fungsi, Kelebihan & Cara Pemasangan

Harga Veneer Kayu

Jenis Veneer Kayu

Pertama kita akan membahas mengenai jenis dari veneer kayu. Walaupun merupakan material mentah yang alami, veneer kayu mengalami beberapa pemrosesan dan hasil akhirnya menciptakan berbagai jenis yang tentunya memiliki sifat berbeda. Material yang satu ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sesuai dengan jenisnya. Berikut ini adalah beberap jenis veneer kayu yang dapat kalian simak.

RAW Veneer

Untuk jenis yang satu ini merupakan material yang masih mentah dan belum diolah hingga sulit dibedakan mana permukaan depan dan juga permukaan belakangnya. Walaupun demikian, veneer ini tak hanya dapat digunakan untuk membuat bahan lainnya, akan tetapi bisa saja digunakan sebagai finishing untuk menghadirkan kesan rustik pada rumah yang kalian tempati.

Paper Backed Veneer

Kemudian jenis yang satu ini telah mengalami proses pengolahan, dimana pada salah satunya sudah diaplikasikan sejenis kertas yang menjadikan veneer jenis ini lebih kuat dan juga fleksibel. Jenis ini lebih mudah untuk diaplikasikan dan termasuk yang paling sering digunakan sebagai finishing interior.

Phenolic Backed Veneer

Walaupun bisa dikatakan termasuk jarang, jenis ini memiliki daya tahan yang lebih baik serta segi tampilan yang lebih natural, sehingga tak jarang jika jenis ini menjadi salah satu pilihan terbaik.

Laid Up Veneer

Lalu ada Laid Up Veneer. Lain halnya dengan material veneer mentah yang pertama, jenis ini sangat mentah sehingga perlu disatukan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Reconstituted Veneer

Dan yang terakhir adalah Reconstituted Veneer. Jenis ini merupakan material veneer yang dibuat dari vegetasi hutan tropis yang pertumbuhannya cukup cepat. Diolah langsung dari bahan kayu gelondongan, potongan ini kemudian disatukan dan direkatkan untuk menjadi material yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Kegunaan Veneer Kayu

Untuk soal kegunaan, veneer kayu ini paling banyak digunakan sebagai material pelapis interior. Sebagai contoh, sebagai pelapis furniture, pelapis lantai parket, atau juga pelapis dinding (wallpaper). Permukaan rata dan halus serta memiliki warna menarik memang membuat material ini banyak dimanfaatkan untuk bahan finishing.

Finishing ini juga biasa disebut dengan finishing tempel. Pemakaian finishing tempel pada produk particle board sanggup memberikan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan penggunaan finishing cat. Lalu mengapa produk-produk berbahan dasar particle board sebaiknya memakai finishing tempel?

  • Particle board memiliki pori-pori yang berukuran besar hingga sulit untuk dicat.
  • Beberapa lem perekat pada particle board justru akan rusak dan mengelupas apabila terkena cat.
  • Sifat particle board umumnya rentan ditumbuhi jamur sehingga butuh material pelapis.
  • Particle board memiliki tampilan luar yang kurang menarik. maka dari itu kita harus menutupinya.
  • Pemakaian finishing tempel jauh lebih praktis dibandingkan dengan penggunaan finishing cat.

Harga Veneer Kayu

Tipe Kayu Veneer

Harga Per m2

White Oak PABRp 82.500
White Oak FARp 47.500
Walnut PABRp 85.000
Walnut FARp 50.000 – Rp 65.000
Maple PABRp 65.000 – Rp 82.500
NyatohRp 28.000
MahoniRp 50.000
JatiRp 85.000
EboniRp 365.000
SungkaiRp 50.000
SonokelingRp 60.000 – Rp 85.000
AmaraRp 165.000
Cherry ImporRp 75.000
Mangga SuperRp 45.000
MindiRp 50.000
Teak Jati ReconRp 70.000
Zebrano ReconRp 150.000

Kelebihan dan Kekurangan Veneer Kayu

Kelebihan

Dan untuk kelebihannya, banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh veneer kayu yang satu ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tampilan yang natural alias alami
  • Sifatnya lebih stabil dan tidak mudah berubah
  • Mempunyai daya tahan yang tangguh
  • Harganya relatif cukup terjangkau
  • Mudah dipasang menggunakan lem/adhesive
  • Lem mampu merekat sangat kuat di bahan ini
  • Perawatannya tidak berbeda dengan kayu biasa
  • Memiliki daya tahan lebih baik dari kelembaban
  • Kerusakannya cukup mudah diperbaiki
  • Dapat diolah lagi seperti diampelas atau didempul

Kekurangan

  • Memerlukan perawatan seperti kayu solid. Aplikasikan vernis tambahan dan pelapis anti rayap untuk menghindari rusaknya material veneer kayu.
  • Kurang tahan terhadap lembab, dan tidak tahan rayap.

Cara Pemasangan Veneer Kayu

Cara pemasangan veneer kayu ini juga tidak ubahnya seperti memasang material finishing tempel lainnya. Dimana kita membutuhkan lem atau bahan adhesice lain untuk menempelkan veneer tersebut ke permukaan furniture yang akan diberi finishing. Dibawah ini ada langkah-langkah pemasangan veneer kayu yang dapat kalian pelajari berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah dengan memulai memotong veneer kayu sesuai ukuran bidang furniture yang akan dilapisinya. Sebaiknya berikan kelebihan sedikit untuk mengantisipasi kesalahan pengukuran. Kalian dapat memotong veneer kayu menggunakan gergaji kecil.
  2. Kemudian oleskan lem atau adhesive ke permukaan bidang yang akan ditempeli veneer kayu. Beberapa jenis adhesive biasanya mengharuskan kita untuk mengoleskannya ke kedua sisi permukaan bidang yang akan saling ditempelkan. Silakan sesuaikan dengan rekomendasi lem.
  3. Tempelkan veneer kayu secara perlahan-lahan pada bidang yang sudah dilapisi lem/adhesive. Segera atur posisi peletakannya sampai benar. Kemudian diamkan hingga lapisan lem tersebut mengering dengan sempurna.
  4. Dan langkah terakhir, kalian perlu merapikan hasil penempelan veneer kayu tersebut. Kalian bisa menghaluskan bagian-bagian pinggirannya memakai ampelas. Jika perlu, kalian juga dapat mengaplikasikan dempul kayu pada bidang tersebut, lalu haluskan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai veneer kayu mulai dari harga veneer kayu, fungsi, jenis, kegunaan dan kelebihan serta kekurangan yang dapat kalian simak. Kemudian cara pemasangan juga kami informasikan kepada kalian agar dapat mempelajari bagaimana cara pemasangan veneer kayu yang baik dan benar.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga hpl per lembar yang telah bursabajaringan.com sampaikan di postingan sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: indra

Motto Dalam Hidup Selalu Rajin Dan Banggakan Kedua Orang Tua